Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Life Hack · 4 Nov 2022 15:00 WIB ·

3 Cara Ini Bisa Bikin Kamu Tidur Nyenyak di Malam Hari, lho!


img: pexels/Andrea Piacquadio Perbesar

img: pexels/Andrea Piacquadio

Tidur merupakan aktivitas yang sangat penting bagi kesehatan manusia. Namun nyatanya, masih banyak dari orang yang belum bisa tidur cukup. Bahkan, ada yang menderita berbagai masalah tidur hingga mengganggu pola tidurnya. Jika kamu salah satunya, simak cara agar tidur nyenyak di malam hari berikut ini, yuk!

1. Menyingkirkan ponsel saat jam tidur

Membawa ponsel atau perangkat lain dari dekat tempat tidur bisa membuat kamu memeriksanya sepanjang malam ketika kamu sulit tidur. Alhasil, tidurmu pun menjadi tidak terganggu dan tidak nyenyak.

Untuk itu, sebaiknya cobalah untuk menempatkan ponsel atau perangkat lain yang mengganggu jauh dari tempat tidurmu. Jika itu tidak berhasil, kamu bisa mencoba untuk mengaktifkan mode senyap atau menonaktifkan ponsel kamu di antara jam-jam tertentu. Hal ini berguna agar kamu tidak terganggu oleh notifikasi yang masuk saat jam tidur malam kamu.

2. Menghindari kafein

Seperti yang kita semua tahu, kafein berpotensi membuat kamu tetap terjaga di malam hari. Oleh karena itu, hindarilah asupan kafein agar kamu dapat tertidur nyenyak.

Mengutip dari situs Sleep, kamu tidak boleh mengonsumsi kafein dalam waktu 8-10 jam sebelum tidur karena hal ini bisa membuat kamu kesulitan untuk tidur.

3. Membersihkan dan merapikan tempat tidur

Kamar yang bersih akan menghindarkanmu dari stres akibat tumpukan benda di sekitar tempat tidurmu.

Kamar yang bersih dapat membantumu meningkatkan kualitas tidur. Oleh karena itu, bersihkanlah kamar dan tempat tidurmu agar kamu bisa menikmati tidur malam yang nyenyak dan nyaman.

3. Jangan tidur siang terlalu lama

Tidur siang memang bisa menjadi cara yang bagus untuk memperbaiki suasana hati dan energi yang terkuras akibat lelah setelah beraktivitas setengah hari. Namun, tidur siang terlalu lama justru akan membuatmu kesulitan tidur di malam hari.

Mengutip dari situs Sleep Space, tidur siang dapat mengurangi penumpukan adenosin. Adenosim adalah salah satu neurotransmitter yang meningkat sepanjang hari, sehingga membuat otak kamu lelah dan merasa mengantuk. Dengan kata lain, jika kamu tidur siang, kamu tidak akan merasa lelah sehingga kamu akan kesulitan tidur di malam harinya.

Nah, itu dia beberapa cara agar kamu dapat tidur nyenyak di malam hari. Demi menjaga kualitas tidurmu, cobalah untuk menerapkannya, ya!

Jangan lupa kunjungi laman Instagram dan Facebook Media Edukasi Indonesia untuk mendapatkan informasi dan fakta-fakta menarik lainnya!

Komentar
Artikel ini telah dibaca 15 kali

Baca Lainnya

Cara Mengenali Bakat dalam Diri Pribadi, Wajib Tahu!

25 Mei 2024 - 23:08 WIB

Tips Sukses Kuliah di Jurusan Teknik, Tertarik?

25 Mei 2024 - 21:29 WIB

Tips Memilih Kegiatan Ekstrakurikuler untuk Anak

20 Mei 2024 - 22:28 WIB

Tips Memilih kegiatan ekstrakurikuler

Tips Menjalani Masa Probation yang Perlu Anda Ketahui

9 Mei 2024 - 22:25 WIB

Tips Menjalani Masa Probation

Tips Menjadi Content Creator untuk Pemula, Di Jamin Cuan!

7 Mei 2024 - 22:14 WIB

Tips Menjadi Content Creator

Tips Hemat Budget Kuliah versi TelUtizen

7 Mei 2024 - 21:09 WIB

Sistem Ekonomi Campuran
Trending di Tips dan Trik