Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Uncategorized · 10 Agu 2022 17:17 WIB ·

3 Dampak Buruk Menahan Amarah


img: pixabay.com-2514031 Perbesar

img: pixabay.com-2514031

Apakah kamu pernah mengalami hal yang buruk, tetapi memilih diam dan tetap memperlihatkan raut bahagia ke orang lain? Tahukah kamu, ternyata ada beberapa dampak buruk menahan amarah, lho!

Bagi sebagian orang, menahan amarah seringkali mereka lakukan agar mereka terlihat kuat di mata orang lain. Padahal, segala emosi negatif justru akan berdampak buruk lho kalau terus-menerus kamu tahan.

Memangnya apa aja sih dampak buruk menahan amarah? Yuk, simak artikel ini sampai selesai!

Menjadi Lebih Mudah Sensitif

Nah, kalau terus-menerus menahan amarah, pasti bawaannya kamu akan bad mood terus. Hal ini tentu akan berdampak buruk bagi dirimu sendiri maupun orang-orang di sekitarmu. Terkadang, seseorang yang tidak bersalah pun akan terkena dampak dari dirimu yang bad mood akibat sering menahan rasa marah.

Kebayang kan kalau kamu terus-menerus memendam amarah? Emosi-emosi negatif tersebut juga dapat membuat kondisi psikis menjadi lebih sensitif. Dampaknya pun akan memicu konflik semisal kamu nggak kuat untuk menahannya.

Sulit Berkonsentrasi

Apabila rasa marah tidak kamu tidak kamu kelola dengan baik, maka dampaknya bisa melebar terhadap kondisi fisik dan mentalmu, lho!

Terlalu sering memendam emosi, dapat membuatmu sulit fokus dalam kehidupan sehari-hari.

Hal ini karena menahan emosi dapat membuatmu sulit merasakan hal positif dalam kehidupan. Oleh karenanya, pikiran pun sulit untuk menghasilkan ide positif ketika ingin berkonsentrasi.

Berpotensi Menyebabkan Depresi

Emosi negatif akan menjadi berbahaya jika menumpuk dalam diri karena kamu terus-menerus menahannya. Apalagi ketika rasa marah ini membuat seseorang menjadi sering memikirkan hal-hal negatif dalam dirinya.

Ketika seseorang menahan rasa marah, maka hormon adrenalin dan kortisol akan bertambah secara konstan. Hormon ini berperan untuk meningkatkan perubahan detak jantung, pernapasan, dan tekanan darah, serta perubahan metabolisme yang berpotensi merusak sistem tubuh, seperti gangguan depresi dan kecemasan.

Seseorang yang mengalami depresi sangat rentan terhadap tertekan, dan akhirnya seakan kehilangan daya dan upaya untuk melakukan aktivitas. Jika kamu sendiri masih menahan rasa marah tersebut, maka hal itu hanya bisa memperpanjang rasa depresi.

Nah, itu dia beberapa dampak buruk dari menahan amarah.

Perlu diketahui bahwa emosi negatif seperti munculnya rasa marah tidak selalu menimbulkan masalah. Kamu hanya perlu memahami cara mengendalikannya agar tidak meledak-ledak. 

Banyak cara yang bisa kamu pakai untuk mengendalikan amarah negatif tersebut. Salah satunya dengan cara mengekspresikan kemarahan kamu.

Jangan lupa kunjungi laman Instagram dan Facebook Media Edukasi Indonesia untuk mendapatkan informasi dan fakta-fakta menarik lainnya!

Komentar
Artikel ini telah dibaca 17 kali

Baca Lainnya

Manfaat Study Tour yang Bisa Didapatkan Siswa

15 Mei 2024 - 22:47 WIB

Manfaat Study Tour

Kesalahan yang Sering Di Lakukan dalam Content Marketing

5 Mei 2024 - 22:46 WIB

Tips Penting Menjaga Kesehatan Saat Idul Fitri 2024

6 April 2024 - 21:09 WIB

Malam Lailatul Qadar

Time Value of Money: Kenali Pengertian dan Manfaatnya

2 April 2024 - 22:09 WIB

Tips Memilih Kegiatan Ekstrakurikuler

Manfaat Mengikuti Volunteer Untuk Mahasiswa

26 Februari 2024 - 21:53 WIB

Manfaat Lidah Buaya Untuk Rambut, Termasuk Cegah Ketombe

12 Februari 2024 - 22:24 WIB

Manfaat Lidah Buaya
Trending di Uncategorized