Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Kuliner · 17 Agu 2022 09:00 WIB ·

3 Kuliner Khas Banten, Pecinta Kuliner Wajib Coba!


img: Instagram @liring_bethari Perbesar

img: Instagram @liring_bethari

Siapa nih yang mau ke Banten? Provinsi di paling barat Pulau Jawa ini juga memiliki hidangan khas, lho! Jadi, kalau berkunjung ke Banten, jangan sampai lupa untuk mencicipi kuliner khas Banten yang beragam ini, ya!

Penasaran apa aja kuliner khas Banten ini? Yuk, simak artikel ini sampai selesai!

Nasi Bakar Sumsum

kuliner khas banten

img: Instagram @liring_bethari

Rekomendasi kuliner khas Banten yang pertama, yaitu nasi bakar sumsum.

Hidangan ini terbilang unik karena mencampurkan sumsum ke dalam nasi bakar. Nah, untuk membuat menu ini membutuhkan beberapa bahan, seperti nasi, sumsum sapi, minyak sayur, serai, dan bumbu-bumbu lainnya pada nasi bakar. Cara membuatnya pun tidak berbeda dengan nasi bakar pada umumnya, yaitu mencampurkan nasi dengan sumsum, kemudian membungkusnya dengan daun pisang dan membakarnya.

Tekstur sumsum yang lumer apabila, gurihnya sumsum yang meresap ke nasi, berpadu dengan berbagai rempah, menjadikan nasi bakar sumsum memiliki cita rasa yang gurih dan nikmat.

Cara mendapatkannya pun tidak susah karena makanan ini banyak dijual di warung tepi jalan.

Sate Bandeng

kuliner khas Banten

img: Instagram @jajanbanten

Makanan khas banten selanjutnya ini terbilang cukup unik. Pasalnya,  warga Banten menyajikan hidangan sate yang biasanya menggunakan daging ayam atau daging kambing dengan cara berbeda, yaitu dengan ikan bandeng.

Iya, unik banget, kan? Mereka menjadikan ikan bandeng sebagai sate yang ditusuk. Hal ini karena banyak sekali terdapat ikan bandeng di wilayah Serang, sehingga warga sekitar mengolahnya dengan cara yang berbeda dengan menjadi sate.

Berkat konsep hidangannya yang unik, Sate Bandeng ini mampu menarik banyak perhatian dari pengunjung agar bisa mencicipinya, lho!

Pasung Merah

img: Instagram @pawoon.ummi

Jajanan ini merupakan makanan khas Banten yang terbuat dari kombinasi olahan tepung beras, tepung sagu, santan kelapa, dan gula merah. Adonan bahan tersebut kemudian dimasukkan ke dalam daun pisang yang sebelumnya sudah berbentuk seperti kerucut topi ulang tahun atau corong.

Keunikan dari kudapan ini terlihat dari cara penyajiannya. Kue yang berbentuk kerucut ini akan disusun pada sebuah alas hingga bentuknya menyerupai lingkaran.

Kue ini juga sering menjadi sajian pada acara upacara adat atau tasyakuran, lho!

Nah, itu dia 3 rekomendasi kuliner khas Banten yang wajib kamu cicipi! Jadi, kamu tertarik mencicipi yang mana dulu, nih?

Jangan lupa kunjungi laman Instagram dan Facebook Media Edukasi Indonesia untuk mendapatkan informasi dan fakta-fakta menarik lainnya, serta cek rekomendasi kuliner lainnya dari kita, ya!

Komentar
Artikel ini telah dibaca 69 kali

Baca Lainnya

Ide Hidangan Lezat untuk Dinikmati Saat Idul Adha

17 Juni 2024 - 20:56 WIB

Ide hidangan lezat

Makanan Yang Laris Saat Bulan Puasa, Bisa Jadi Ide Bisnis!

22 Februari 2024 - 22:28 WIB

Rekomendasi Makanan Khas Semarang Yang Layak Anda Coba

16 Februari 2024 - 21:16 WIB

Rekomendasi Makanan Khas Semarang

Makanan Ini Menjadi Incaran Anak Kuliahan, Sudah Coba?

12 Oktober 2023 - 21:15 WIB

Makanan Incaran Mahasiswa

Makanan dan Minuman Ini Cocok Bagi Yang Sedang Flu

28 Agustus 2023 - 09:31 WIB

Makanan dan Minuma pereda flu

3 Makanan Olahan Tahu Yang Bisa Anda Coba di Rumah

26 Agustus 2023 - 09:23 WIB

3 makanan olahan tahu
Trending di Kuliner