Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Kuliner · 19 Apr 2023 12:00 WIB ·

3 Makanan Lebaran Khas Malaysia Yang Paling Populer


Img: foodrepublic.com Perbesar

Img: foodrepublic.com

3 Makanan Lebaran Khas Malaysia Yang Paling Populer –Secara geografis, Malaysia bisa kita sebut sebagai tetangga kita. Selain itu, penduduk Malaysia juga memiliki populasi umat muslim yang besar layaknya di Indonesia. Tentu mereka juga ikut menyambut bulan Ramadhan dengan berpuasa juga merayakan hari raya idul fitri dengan suka cita. Karena masyarakatnya mayoritas beragama islam, momen Lebaran menjadi salah satu yang istimewa bagi masyarakat Malaysia. Seperti Indonesia, negara tetangga ini juga memiliki sajian kuliner istimewa khusus lebaran. Mulai dari yang manis, gurih, olahan daging, hingga ketupat yang sangat menggugah selera. Hampir mirip di Indonesia, berikut 3 makanan lebaran khas Malaysia yang paling populer:

3 Makanan Lebaran Khas Malaysia Yang Paling Populer

Bubur Lambuk

Bubur Lambuk merupakan makanan khas Ramadhan dan Lebaran di Malaysia. Makanan tersebut terbuat dari bahan utama sagu dan ikan teri. Menurut sejarah, sagu termasuk hasil bumi utama pada masa kerajaan Melayu. Namun sagu yang mereka gunakan bukan sagu biasa, melainkan sagu khusus yaitu sagu lenggang. Proses pembuatan sagu ini adalah digoreng tanpa minyak dan bentuknya bulatan kecil. Bahan-bahan dari bubur lambuk terdiri dari beras, daging sapi, udang, dan sayuran yang berfungsi sebagai rempah.

Kuih Bahulu

Kuih Bahulu atau kue bolu kering adalah salah satu kue manis kesukaan masyarakat Melayu seperti Malaysia, Singapura, Brunei, hingga Indonesia. Meski luarnya kering, namun tekstur dalamnya sangat lembut dan manis. Kue ini sering menjadi sajian untuk acara penting seperti pernikahan. Selain itu, juga sering menjadi sajian untuk merayakan hari raya Imlek. Bahan utama dari kuih bahulu ini yaitu tepung terigu. Bisa juga ditambah pewarna makanan agar tampak semakin menarik. Biasanya resep kue ini diturunkan dari keluarga, sehingga terkadang rasanya berbeda di setiap tempat.

Nasi Lemak

Bagi kamu pecinta serial Upin Ipin, pasti tidak asing dengan makanan satu ini. Yaps, nasi lemak sering muncul sebagai makanan favorit tokoh-tokoh dalam serial tersebut. Jika di Indonesia populer dengan nama nasi uduk, di Malaysia biasa disebut nasi lemak. Mirip seperti nasi uduk, pembuatan nasi lemak juga memakai santan sebagai bahan pelengkapnya. Alasan ada kata “lemak”, karena santan yang membuat nasi jadi lebih gurih dan berminyak. Sebagian orang menambahkan daun pandan sehingga aromanya semakin khas. Nasi lemak biasanya tersaji bersama ikan bilis, telur, ayam goreng, serta sambal.

Yuk, kunjungi laman Instagram dan Facebook Media Edukasi Indonesia untuk mendapatkan informasi dan fakta-fakta unik lainnya ya!

 

Komentar
Artikel ini telah dibaca 39 kali

Baca Lainnya

Makanan Yang Laris Saat Bulan Puasa, Bisa Jadi Ide Bisnis!

22 Februari 2024 - 22:28 WIB

Rekomendasi Makanan Khas Semarang Yang Layak Anda Coba

16 Februari 2024 - 21:16 WIB

Rekomendasi Makanan Khas Semarang

Makanan Ini Menjadi Incaran Anak Kuliahan, Sudah Coba?

12 Oktober 2023 - 21:15 WIB

Makanan Incaran Mahasiswa

Makanan dan Minuman Ini Cocok Bagi Yang Sedang Flu

28 Agustus 2023 - 09:31 WIB

Makanan dan Minuma pereda flu

3 Makanan Olahan Tahu Yang Bisa Anda Coba di Rumah

26 Agustus 2023 - 09:23 WIB

3 makanan olahan tahu

Fakta Unik dan Asal Mula Bubur Sumsum yang Harus di pahami.

23 Agustus 2023 - 14:22 WIB

Fakta unik bubur sumsum
Trending di Kuliner