Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Inspirasi · 28 Sep 2022 20:05 WIB ·

3 Manfaat Menulis Buku Harian, Bebas Berekspresi!


img: pexels.com/George Milton Perbesar

img: pexels.com/George Milton

Siapa nih yang suka menulis buku harian? Tahukah kamu bahwa menulis buku harian memiliki banyak manfaat, lho! Mau tahu apa saja manfaat menulis buku harian? Simak artikel ini sampai akhir, ya!

1. Dapat Mengekspresikan Perasaan dengan Bebas

Salah satu penyebab seseorang mudah meluapkan emosi pada orang lain adalah karena dia tidak memiliki media yang tepat untuk menyalurkan perasaan negatif tersebut. Akibatnya, siapa saja bisa jadi sasaran pelampiasan kekesalan.

Nah, seluruh emosi negatif yang menguasai diri tersebut sebaiknya kamu salurkan ke lembaran buku harian. Jangan ragu, tulis saja apapun yang sedang kamu rasakan secara jujur. Percayalah, aktivitas sederhana ini akan membantu meredam emosi, sehingga kamu bisa menjadi lebih sabar.

Ketika mencurahkan keluh kesah kepada seseorang, mungkin kamu masih mencoba untuk menahan diri. Bisa saja kamu memilih untuk tidak menceritakan beberapa hal karena merasa terlalu sensitif atau takut akan mendapatkan reaksi yang kurang baik.

Namun, hal seperti ini tidak perlu terjadi bila kamu “bercerita” kepada lembaran kertas buku harian. Kamu bebas untuk menuliskan apa saja yang kamu rasakan. Ini bisa menjadi sebuah aktivitas yang melegakan, sehingga perasaanmu berangsur-angsur membaik.

Dengan demikian, kamu pun bisa lebih mengekspresikan perasaanmu dengan bebas.

2. Tidak Perlu Khawatir Rahasia Terbongkar

Menceritakan sesuatu yang bersifat sensitif kepada orang lain, sekalipun orang yang kamu percaya, terkadang masih menyisakan kekhawatiran bahwa kisah itu akan tersebar. Memang potensi itu ada mengingat manusia adalah makhluk yang tak luput dari kesalahan.

Namun, hal seperti itu bisa dicegah apabila kamu memilih untuk menuliskan perasaanmu di dalam buku harian. Selama kamu menyimpannya dengan baik, maka rahasiamu juga akan terjamin. Jadi, lebih tenang, kan?

3. Meningkatkan Kemampuan Menulis

Mencatat sesuatu di buku harian secara tidak langsung juga dapat membantu meningkatkan kemampuan menulis yang kamu miliki. Setiap hari berkutat dengan cerita bisa membuatmu jadi lebih pandai dalam merangkai kata sebagai wujud ekspresi jiwa, lho!

Nah, itu dia 3 manfaat buku harian. Jadi, jangan ragu untuk mencatat cerita kehidupanmu di buku harian, ya!

Jangan lupa kunjungi laman Instagram dan Facebook Media Edukasi Indonesia untuk mendapatkan informasi dan fakta-fakta menarik lainnya!

Komentar
Artikel ini telah dibaca 13 kali

Baca Lainnya

Dari Komedian Jadi Sutradara Gemilang, Inilah Kisah Sukses Jordan Peele

10 Agustus 2023 - 18:00 WIB

Jordan Peele

Habis Gajian? 4 Buku Keuangan yang Membantu Pengeluaranmu!

9 Agustus 2023 - 18:00 WIB

Buku Keuangan

Menembus Atmosfer, Kisah Inspiratif di Balik Penemu Roket

7 Agustus 2023 - 18:00 WIB

Penemu Roket

Sukseskan Perayaan 17 Agustus dengan 5 Lomba Kreatif!

3 Agustus 2023 - 15:00 WIB

Lomba Kemerdekaan Indonesia

Meneladani Semangat 4 Tokoh Inspiratif yang Tak Kenal Menyerah

1 Agustus 2023 - 18:00 WIB

Tokoh Inspiratif Tak Kenal Menyerah

Intip 4 Karir Cemerlang untuk Lulusan Sastra Inggris

9 Juni 2023 - 18:00 WIB

Intip 4 Karir Cemerlang untuk Lulusan Sastra Inggris
Trending di Inspirasi