Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Edukasi · 11 Okt 2022 09:00 WIB ·

3 Pemicu Kuliah Terasa Tak Menyenangkan, Yuk Perbaiki!


img: pixabay.com/silviarita Perbesar

img: pixabay.com/silviarita

Menjalani proses perkuliahan memang bukan hal yang mudah. Seringkali beberapa penyebab terjadi hingga membuat kuliah terasa tidak menyenangkan. Di antaranya 3 hal berikut ini.

1. Beban kuliah yang terlalu berat

Berat atau tidaknnya beban perkuliahan memang terkadang berbeda-beda bagi setiap mahasiswa. Ada yang merasa matkul tertentu sangat berat, ada juga yang justru sangat menyukainya, ada yang mungkin menikmati proses perkuliahan, namun ada juga yang justru kesulitan dalam beradaptasi.

Beban kuliah yang berat tersebut merupakan salah satu pemicu proses perkuliahan terasa tidak menyenangkan. Hal ini tentu juga akan membuat semangat belajar pun jadi ikut menurun.

2. Kurang membagi waktu untuk kegiatan lain

Tidak dapat dipungkiri, bosan juga merupakan salah satu penyebab kuliah terasa tidak menyenangkan.

Memang setiap mahasiswa memiliki jadwalnya sendiri, ada yang menghabiskan waktunya untuk berorganisasi, belajar, atau memang untuk melakukan hal menyenangkan lainnya. Bagi beberapa orang yang gemar berorganisasi, mereka akan menghabiskan waktu untuk berorganisasi.

Selain untuk menambah relasi dan pengalaman, hal ini juga dapat menghibur agar tidak kesepian dan bosan karena kegiatan itu-itu saja. Sayangnya, terkadang ada beberapa mahasiswa yang justru tidak mau bergabung ke berbagai kegiatan.

Inilah yang menjadi salah satu penyebab mengapa proses perkuliahanmu terasa tidak menyenangkan.

Nah, jika kamu merasa kegiatan kuliahmu membosankan, kamu tidak hanya bisa ikutan organisasi internal kampus,  tapi juga organisasi external kampus, volunteer, dan lain sebagainya. Jika tidak ingin mengikuti kegiatan tersebut, kamu bisa memakai waktu luangmu untuk hal-hal menyenangkan lain agar kamu tidak merasa bosan, seperti bermain bersama teman dan lain sebagainya.

3. Proses pembelajaran yang membosankan

Setiap dosen dan perguruan tinggi biasanya memiliki cara pembelajaran yang berbeda-beda. Terkadang, sistem pembelajaran yang membosankan bisa membuatmu kehilangan semangat dalam belajar juga, lho. Inilah mengapa perkuliahan yang menyenangkan ternyata berperan sangat penting untuk meningkatkan motivasi dalam belajar.

Menjalani proses perkuliahan yang tak menyenangkan memang sangat tidak mudah. Untuk itu, kamu perlu memiliki perencanaan lebih lanjut mengenai hal ini. Kemudian, jangan sampai hal ini mengganggu produktivitasmu dalam belajar, ya!

Jangan lupa kunjungi laman Instagram dan Facebook Media Edukasi Indonesia untuk mendapatkan informasi dan fakta-fakta menarik lainnya!

Komentar
Artikel ini telah dibaca 3 kali

Baca Lainnya

Apa itu Bootcamp? Kenali Manfaat dan Bedanya dengan Kuliah

19 Februari 2024 - 21:24 WIB

Apa itu Bootcamp

Jenis Makanan Yang Bisa Menambah Daya Ingat

19 Februari 2024 - 16:05 WIB

Jenis Makanan

Atasi Rasa Malas Belajar Dengan Mengikuti 3 Tips Ini, Yuk Simak!

17 Februari 2024 - 21:33 WIB

Atasi rasa mala

Menjadi Moderator Presentasi, Berikut Tips Yang Perlu Diperhatikan

17 Februari 2024 - 20:59 WIB

Apa itu Bootcamp

Apa Itu Kurikulum? Kenali Pengertian, Fungsi dan Konsepnya

13 Februari 2024 - 19:59 WIB

Apa itu Kurikulum

Hal Yang Di Larang Selama Wawancara Beasiswa Apa Saja? Ini Dia

12 Februari 2024 - 20:17 WIB

Hal Yang Di Larang
Trending di Edukasi