Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Edukasi · 28 Agu 2022 09:00 WIB ·

3 Tips Menghindari Belajar Kebut Semalam, Pelajar Wajib Tahu!


img: pixabay.com/OleksandrPidvalnyi Perbesar

img: pixabay.com/OleksandrPidvalnyi

Siapa nih yang masih sering belajar dengan sistem kebut semalam? Awas, belajar mendadak satu malam menjelang ujian tidak menjadikan kamu paham materi, lho. Bisa jadi kamu sekadar hafal, tapi tidak mengerti konsep yang sebenarnya. Maka dari itu, kebiasaan belajar sistem kebut semalam harus dijauhi. Nah, jika kamu masih sering melakukan kebiasaan tersebut, 3 tips menghindari belajar sistem kebut semalam ini perlu kamu terapkan!

Membuat jadwal belajar rutin

Belajar dengan sistem kebut semalam akan sangat menguras energimu. Menjelang ujian, kamu seharusnya tidur lebih awal, bukan justru tidur larut malam. Belum lagi pikiran yang semakin kacau karena setumpuk materi yang perlu kamu pelajari hanya dalam satu waktu.

Padahal cara belajar kebut semalam bisa kamu hindari, lho. Kamu bisa membuat jadwal yang rutin terkait waktu-waktu kapan harus belajar. Entah seminggu dua kali, tiga kali, atau setiap hari.

Jadwal belajar yang rutin akan membuat aktivitas belajarmu tidak terasa berat. Dengan demikian, saat menjelang ujian, kamu tidak perlu memaksakan diri untuk belajar sampai larut malam.

Mencatat apa saja yang ingin kamu pelajari

Banyaknya materi yang harus kamu pelajari sering membuat kamu pusing tujuh keliling. Ini akan terjadi jika kamu belajar sistem kebut semalam, sehingga kamu hanya akann sibuk menghafal panjangnya materi tanpa tahu apa yang sesungguhnya kamu pelajari.

Tentu saja cara belajar seperti ini harus kamu hindari. Salah satu tips yang bisa kamu terapkan selanjutnya adalah dengan mencatat apa saja yang ingin kamu pelajari.

Buatlah peta konsep terkait poin-poin penting yang harus kamu pahami agar kamu tidak perlu menghafal seluruh isi buku menjelang ujian.

Dengan mencatat materi apa saja yang menurutmu penting, kamu juga bisa belajar dengan cara berkala. Dengan demikian, kamu dapat terhindar dari belajar dengan sistem kebut semalam.

Mengevaluasi pemahaman secara berkala

Belajar sistem kebut semalam tidak menjamin pemahaman. Terlebih lagi, kamu tidak punya cukup waktu untuk mengecek sejauh mana kemampuanmu. Ketika berhadapan dengan soal yang memiliki pola sedikit berbeda, kamu akan kebingungan tanpa bisa menjawab.

Tips yang bisa kamu terapkan untuk menghindari belajar kebut semalam yang ketiga, yaitu dengan mengevaluasi pemahaman secara berkala. Mungkin setiap akhir pekan kamu bisa berlatih soal atau membuka kembali kertas rangkuman. Dengan demikian, kamu tahu mana letak kekurangan yang kamu perbaiki.

Nah, itu dia 3 tips menghindari belajar kebut semalam. Jangan lupa kunjungi laman Instagram dan Facebook Media Edukasi Indonesia untuk mendapatkan informasi dan fakta-fakta menarik lainnya!

Komentar
Artikel ini telah dibaca 7 kali

Baca Lainnya

Manfaat Mengikuti Volunteer Untuk Mahasiswa

26 Februari 2024 - 21:53 WIB

Tinjauan Pustaka: Pengertian, Manfaat, dan Fungsinya

26 Februari 2024 - 20:39 WIB

Tinjauan Pustaka

Tips Maksimalkan Pengalaman Magang, Mahasiswa Harus Tahu!

26 Februari 2024 - 15:22 WIB

Tips Maksimalkan Peluang Magang

Ramadhan 2024: Berikut Tips Menjaga Kesehatan Di Bulan Puasa

21 Februari 2024 - 20:05 WIB

Ramadhan 2024

Apa itu Bootcamp? Kenali Manfaat dan Bedanya dengan Kuliah

19 Februari 2024 - 21:24 WIB

Apa itu Bootcamp

Jenis Makanan Yang Bisa Menambah Daya Ingat

19 Februari 2024 - 16:05 WIB

Jenis Makanan
Trending di Edukasi