Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Kuliner · 29 Nov 2022 12:00 WIB ·

Sering Digunakan! 4 Bumbu Dapur yang Lezat dan Baik Bagi Kesehatan


Img: Pexels/Dapur-Melodi Perbesar

Img: Pexels/Dapur-Melodi

4 Bumbu Dapur yang Lezat dan Baik Bagi Kesehatan –Rempah-rempah memang menjadi hal wajib pada masakan, yang mana bisa meningkatkan cita rasa makanan. Aroma yang dikeluarkan juga dapat merangsang nafsu makan kita sehingga membuat kita makan semakin lahap.

Uniknya, bumbunya juga memiliki banyak manfaat kesehatan. Ini karena mengandung berbagai senyawa aktif. Jika kamu perlu persediaan di rumah, berikut adalah sederet bahan dapur yang akan membuat makanan kamu lebih lezat dan sehat.

4 Bumbu Dapur yang Lezat dan Baik Bagi Kesehatan

Bawang merah

Bawang merah mengandung senyawa flavonoid yang memiliki sifat anti radang dan antioksidan. Dengan kata lain, makan bawang merah bisa membantu mengurangi peradangan, yang merupakan “aktor” penyakit kronis seperti diabetes dan kanker.

Sebuah studi tahun 2015 yang terbit dalam British Journal of Nutrition menjelaskan bahwa kandungan seperti Quercetin, flavonoid yang terdapat dalam bawang merah dapat menurunkan tekanan darah.

Jahe

Dalam dunia kesehatan, nama jahe sudah tidak asing lagi terdengar. Bumbu dapur yang satu ini terkenal dapat menghangatkan tubuh sekaligus membantu penyembuhan luka. Jahe, seperti bawang putih dan bawang merah, mengandung antioksidan tingkat tinggi yang dapat melawan radikal bebas.

Jahe memiliki sifat hipoalgesik, menurut sebuah studi tahun 2015 yang terbit dalam Nutrition Journal. Dengan kata lain, jahe dapat meredakan nyeri kronis pada tubuh. Tak hanya itu, jahe juga berpotensi menurunkan kadar kolesterol darah.

Bawang putih

Bawang putih dapat kita temukan di hampir setiap hidangan. Ini bagus untuk bumbu perendam, tumis, dan sup. Bawang putih juga banyak berguna tidak hanya di Indonesia, tetapi di seluruh dunia.

Bawang putih terkenal sebagai bahan makanan yang dapat melawan infeksi selain penambah rasa. Hal ini karena adanya antioksidan dan senyawa aktif dalam bawang putih, seperti allicin.

Kunyit

Perlu kamu ketahui bahwa khasiat bumbu yang satu ini tidak sedikit. Kunyit, selain menghasilkan warna kuning yang khas, juga mengandung kurkumin yang membantu mengurangi kerusakan otot setelah berolahraga. Dengan kata lain, mengkonsumsi kunyit atau makanan yang mengandung kunyit dapat membantu mengurangi nyeri pasca olahraga.

Kunyit telah lama digunakan untuk mengobati osteoarthritis dan rheumatoid arthritis, keduanya merupakan penyakit radang sendi kronis. Menurut Healthline, hal ini disebabkan sifat anti-inflamasi kurkumin yang dapat menekan peradangan.

Yuk, kunjungi laman Instagram dan Facebook Media Edukasi Indonesia untuk mendapatkan informasi dan fakta-fakta unik lainnya ya!

Komentar
Artikel ini telah dibaca 12 kali

Baca Lainnya

Makanan Yang Laris Saat Bulan Puasa, Bisa Jadi Ide Bisnis!

22 Februari 2024 - 22:28 WIB

Rekomendasi Makanan Khas Semarang Yang Layak Anda Coba

16 Februari 2024 - 21:16 WIB

Rekomendasi Makanan Khas Semarang

Makanan Ini Menjadi Incaran Anak Kuliahan, Sudah Coba?

12 Oktober 2023 - 21:15 WIB

Makanan Incaran Mahasiswa

Makanan dan Minuman Ini Cocok Bagi Yang Sedang Flu

28 Agustus 2023 - 09:31 WIB

Makanan dan Minuma pereda flu

3 Makanan Olahan Tahu Yang Bisa Anda Coba di Rumah

26 Agustus 2023 - 09:23 WIB

3 makanan olahan tahu

Fakta Unik dan Asal Mula Bubur Sumsum yang Harus di pahami.

23 Agustus 2023 - 14:22 WIB

Fakta unik bubur sumsum
Trending di Kuliner