Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Kuliner · 7 Mei 2023 18:00 WIB ·

4 Daftar Kuliner Khas Karimunjawa yang Menggugah Selera


Img: instagram.com/embunpagi3011/ Perbesar

Img: instagram.com/embunpagi3011/

4 Daftar Kuliner Khas Karimunjawa yang Menggugah Selera –Karimunjawa adalah kepulauan di wilayah Laut Jawa yang berada di Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Kepulauan ini memiliki beragam destinasi wisata alam menarik yang terkenal di seluruh penjuru Nusantara bahkan mancanegara. Wilayah ini mempunyai luas daratan sekitar 1.500 hektare dan luas perairan sekitar 110.000 hektar, Kepulauan Karimunjawa juga kaya akan jenis kulinernya yang memanjakan lidah.

4 Daftar Kuliner Khas Karimunjawa yang Menggugah Selera

 

Nah, jika kamu tertarik berkunjung ke Karimunjawa, jangan sampai melewatkan kuliner khas disana, ya! Yuk, simak apa saja kulinernya yang menggugah selera!

Pindang Serani

Pindang Serani adalah salah satu kuliner khas Jepara yang paling banyak dijumpai di Karimunjawa. Makanan ini berwarna kuning disajikan dengan tomat, daun kemangi, dan belimbing wuluh. Kuahnya memiliki rasa asam, manis, dan gurih dari ikan pindang atau bandeng yang jadi bahan utamanya. Pindang Serani akan semakin nikmat bila disajikan dengan nasi panas.

Lontong Krobyok

Lontong Krobyok adalah makanan kedua khas Karimunjawa yang paling populer. Istilah krobyok berasal dari bahasa Jawa yang berarti melewati genangan air. Sedikit berbeda dengan kuliner lontong lainnya, Lontong Krobyok tersaji dengan kuah bakso khas rempah-rempah yang segar. Secara lengkap menggunakan toping seperti ayam suwir, daun seledri, tauge, dan lontong.

Tongseng Cumi

Tongseng cumi menjadi kuliner selanjutnya yang unik dan lezat. Saat mendengar namanya saja sudah unik, sebab tongseng umumnya menggunakan daging sapi atau kambing sebagai bahan utama, namun di Karimunjawa menggunakan cumi-cumi. Cita rasa dari seporsi tongseng cumi juga menarik, gabungan rasa manis, gurih, dan pedas menjadi satu.

Bakso Ikan Ekor Kuning

Bakso ikan ekor kuning ini menggunakan ikan ekor kuning sebagai bahan utama. Jenis ikan ini banyak hidup di perairan Karimunjawa, tak heran jika jumlahnya melimpah hingga orang-orang mengolahnya menjadi bakso. Selain bahan utama adonan bakso, tidak ada perbedaan antara bakso daging sapi dengan bakso ikan ekor kuning. Keduanya masih menggunakan kuah rempah-rempah dengan tambahan irisan sawi, mie bihun, bawang goreng, dan lain sebagainya. Uniknya, kamu hanya bisa menemukan bakso ini di Karimunjawa saja, karena ikan ekor kuning jarang ada di luar pulau tersebut.

 

Yuk, kunjungi laman Instagram dan Facebook Media Edukasi Indonesia untuk mendapatkan informasi dan fakta-fakta unik lainnya ya!

 

Komentar
Artikel ini telah dibaca 111 kali

Baca Lainnya

Makanan Yang Laris Saat Bulan Puasa, Bisa Jadi Ide Bisnis!

22 Februari 2024 - 22:28 WIB

Rekomendasi Makanan Khas Semarang Yang Layak Anda Coba

16 Februari 2024 - 21:16 WIB

Rekomendasi Makanan Khas Semarang

Makanan Ini Menjadi Incaran Anak Kuliahan, Sudah Coba?

12 Oktober 2023 - 21:15 WIB

Makanan Incaran Mahasiswa

Makanan dan Minuman Ini Cocok Bagi Yang Sedang Flu

28 Agustus 2023 - 09:31 WIB

Makanan dan Minuma pereda flu

3 Makanan Olahan Tahu Yang Bisa Anda Coba di Rumah

26 Agustus 2023 - 09:23 WIB

3 makanan olahan tahu

Fakta Unik dan Asal Mula Bubur Sumsum yang Harus di pahami.

23 Agustus 2023 - 14:22 WIB

Fakta unik bubur sumsum
Trending di Kuliner