Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Inspirasi · 5 Jun 2023 12:00 WIB ·

4 Hal yang Harus Dimiliki Seorang Fisioterapis


Img: pexels-yan-krukau Perbesar

Img: pexels-yan-krukau

4 Hal yang Harus Dimiliki Seorang Fisioterapis –Apakah kamu mengetahui tentang profesi fisioterapis? Ada yang berpendapat jika profesi ini sama dengan tenaga urut atau spa. Melansir Saskphysio, fisioterapis merupakan bagian dari tenaga medis yang berfokus pada pemulihan, memulihkan kekuatan, fungsi motorik, dan kesehatan secara keseluruhan.

Melansir dari National Health Service, tugas utama dari fisioterapis yaitu memulihkan sistem gerak dan fungsi motorik jika seseorang mengalami cidera, luka, atau suatu penyakit tertentu. Jadi salah besar jika fisioterapis disamakan dengan tukang pijat atau tukang urut. Sebelum menjadi fisioterapis, kamu harus menempuh pendidikan di bidang tersebut dan harus melanjutkan program profesi.

4 Hal yang Harus Dimiliki Seorang Fisioterapis

 

Nah, apakah kamu tertarik? Sebelum terjun sebagai fisioterapis, ada beberapa hal penting yang wajib kamu miliki selain pengetahuan. Penasaran? Yuk, simak artikel ini selengkapnya!

Kemampuan berkomunikasi

Sebagai tenaga medis, kamu akan berinteraksi dengan banyak pasien, maka dari itu diperlukan kemampuan komunikasi yang baik agar dapat memahami keluhan pasien dan menjelaskan masalah serta perawatan yang harus pasien lalui. Fisioterapis juga akan selalu berkomunikasi dengan tenaga medis lainnya, seperti perawat san dokter. Maka tidak salah jika seorang fisioterapis harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik untuk menunjang pekerjaannya.

Memiliki empati

Seorang fisioterapis akan selalu mendengar keluhan semua pasiennya. Dalam pekerjaannya, ia tidak hanya menjadi pendengar tetapi juga harus berempati. Melansir National Library of Medicine, empati merupakan kemampuan merasakan keluhan seseorang meskipun tidak memiliki hubungan dekat dengan pencerita. Dengan rasa empati yang tinggi, fisioterapis akan lebih efektif melakukan tugas dan dapat memberikan masukan positif dan semangat pada pasien.

Dapat bekerja sama

Profesi di bidang medis harus mampu bekerja sama dengan tim dalam menangani pasien. Sama halnya dengan fisioterapis, ia harus dapat bekerja sama dengan tim ahli medis lain. Misalnya dokter umum, dokter bedah, perawat, dan lain sebagainya.

Teliti dan sabar

Ketelitian memang hal yang sangat penting untuk semua bidang pekerjaan. Demikian pula dengan fisioterapis, karena ketelitian penting untuk memeriksa, melihat, dan menggunakan teknik terapi apa yang sesuai untuk pasien. Jika salah persepsi, maka akan berakibat fatal pada pasien. Selain itu, kondisi pasien yang berbeda-beda juga sering menguji kesabaran. Maka seorang fisioterapis juga harus memiliki kesabaran dan ketelatenan untuk menghadapi para pasien.

Yuk, kunjungi laman Instagram dan Facebook Media Edukasi Indonesia untuk mendapatkan informasi dan fakta-fakta unik lainnya ya!

Komentar
Artikel ini telah dibaca 46 kali

Baca Lainnya

Dari Komedian Jadi Sutradara Gemilang, Inilah Kisah Sukses Jordan Peele

10 Agustus 2023 - 18:00 WIB

Jordan Peele

Habis Gajian? 4 Buku Keuangan yang Membantu Pengeluaranmu!

9 Agustus 2023 - 18:00 WIB

Buku Keuangan

Menembus Atmosfer, Kisah Inspiratif di Balik Penemu Roket

7 Agustus 2023 - 18:00 WIB

Penemu Roket

Sukseskan Perayaan 17 Agustus dengan 5 Lomba Kreatif!

3 Agustus 2023 - 15:00 WIB

Lomba Kemerdekaan Indonesia

Meneladani Semangat 4 Tokoh Inspiratif yang Tak Kenal Menyerah

1 Agustus 2023 - 18:00 WIB

Tokoh Inspiratif Tak Kenal Menyerah

Intip 4 Karir Cemerlang untuk Lulusan Sastra Inggris

9 Juni 2023 - 18:00 WIB

Intip 4 Karir Cemerlang untuk Lulusan Sastra Inggris
Trending di Inspirasi