Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Kuliner · 6 Jan 2023 12:00 WIB ·

4 Jenis Kopi Terunik Sepanjang Masa, Ada yang dari Indonesia!


Img: Pexels/Jessica-Lewis-Creative- Perbesar

Img: Pexels/Jessica-Lewis-Creative-

4 Jenis Kopi Terunik Sepanjang Masa, Ada yang dari Indonesia! — Kopi merupakan bahan minuman kesukaan masyarakat hampir seluruh dunia yang bisa juga menjadi rasa untuk beberapa makanan ringan.

Tidak hanya rasanya yang segar, tetapi setiap biji kopi rasanya berbeda. Dari tempat ia tumbuh hingga ke tempat di mana aromanya dapat terdeteksi dari jarak 15 meter.

Lingkungan tumbuh, pepohonan di sekitarnya, dan berbagai faktor lainnya semuanya berdampak pada kualitas biji kopi yang segar. Kopi dari berbagai negara dengan ciri khasnya masing-masing populer sebagai kopi terunik di dunia.

Karakteristik biji kopi ini terbilang unik dan tidak ditemukan pada biji kopi lain dari seluruh dunia. Bahkan ada dua jenis biji kopi asal Indonesia yang tergolong kopi terunik di dunia, lho!

4 Jenis Kopi Terunik Sepanjang Masa, Ada yang dari Indonesia!

Tanzania Peaberry

Buah kopi yang biasa terdapat biasanya memiliki dua biji kopi yang berasal dari pecahan buah kopi tersebut. Namun, tidak seperti biji kopi lainnya, buah kopi peaberry yang tumbuh subur di Tanzania berbentuk utuh dan bulat.

Tanaman kopi tumbuh di tempat yang tidak terduga di Tanzania, yaitu di Afrika Timur, seperti di dekat gunung berapi. Kopi Tanzania Peaberry tertanam terutama di sekitar Gunung Meru dan Gunung Kilimanjaro, memberikan rasa yang kuat dan tingkat keasaman yang tinggi.

Nicaraguan

Setelah beberapa dekade, kopi Nicaraguan tidak lagi terkenal sebagai salah satu jenis biji kopi. Varietas arabika dengan rasa yang berbeda seperti vanila, pir, dan cokelat mendominasi biji kopi Nicaraguan.

Kopi Nicaragua ditanam oleh petani bersertifikat menggunakan teknik penanaman yang unik. Karena sebagian hasil penjualan disumbangkan untuk konservasi hutan, biji kopi ini dijuluki sebagai kopi karbon negatif pertama.

Kopi Sumatera

Biji kopi dari Sumatera populer sebagai kopi terbaik di Indonesia, dan menjadi favorit kafe-kafe besar di seluruh dunia. Biji kopi Sumatera memiliki karakteristik pedas dan sedikit aroma jamur sehingga memberikan cita rasa earthy yang khas.

Bahkan lokasi Starbucks di seluruh dunia menyediakan biji kopi Sumatera sebagai pilihan biji kopi spesial untuk campuran minuman pelanggannya. Namun karena kandungan asamnya yang tinggi, biji kopi ini tidak direkomendasikan untuk mereka yang tidak suka asam atau memiliki gerd.

Sulawesi Toraja

Biji kopi Toraja Sulawesi terkenal dengan aromanya yang harum serta cita rasanya. Rasanya mirip dengan buah segar dan coklat hitam asli.

Aroma biji kopi Toraja Sulawesi konon bisa terdeteksi dari jarak 15 meter. Selain itu, biji kopi ini terdaftar di Rainforest Alliance, yang membantu perlindungan petani kopi, satwa liar, dan lingkungan.

 

 

Yuk, kunjungi laman Instagram dan Facebook Media Edukasi Indonesia untuk mendapatkan informasi dan fakta-fakta unik lainnya ya!

Komentar
Artikel ini telah dibaca 15 kali

Baca Lainnya

Makanan Yang Laris Saat Bulan Puasa, Bisa Jadi Ide Bisnis!

22 Februari 2024 - 22:28 WIB

Rekomendasi Makanan Khas Semarang Yang Layak Anda Coba

16 Februari 2024 - 21:16 WIB

Rekomendasi Makanan Khas Semarang

Makanan Ini Menjadi Incaran Anak Kuliahan, Sudah Coba?

12 Oktober 2023 - 21:15 WIB

Makanan Incaran Mahasiswa

Makanan dan Minuman Ini Cocok Bagi Yang Sedang Flu

28 Agustus 2023 - 09:31 WIB

Makanan dan Minuma pereda flu

3 Makanan Olahan Tahu Yang Bisa Anda Coba di Rumah

26 Agustus 2023 - 09:23 WIB

3 makanan olahan tahu

Fakta Unik dan Asal Mula Bubur Sumsum yang Harus di pahami.

23 Agustus 2023 - 14:22 WIB

Fakta unik bubur sumsum
Trending di Kuliner