Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Edukasi · 20 Mei 2023 12:00 WIB ·

4 Jurusan yang Terancam Punah Seiring Kemajuan Teknologi


Img: pexels-donald-tong- Perbesar

Img: pexels-donald-tong-

4 Jurusan yang Terancam Punah Seiring Kemajuan Teknologi –Dengan kemajuan teknologi yang semakin pesat membuat banyak pekerjaan manusia terasa semakin mudah dan efesien. Semakin banyak pekerjaan yang terdigitalisasi, maka semakin banyak pula pekerja yang akan tergantikan oleh robot. Beberapa ahli memprediksi pekerjaan apa saja yang akan punah seiring waktu.

Jurusan-jurusan kuliah berikut termasuk prediksi yang akan punah sejak beberapa tahun lalu. Pesatnya perkembangan teknologi malah membahayakan eksistensi manusia itu sendiri. Belum lagi era revolusi industri 4.0 mendorong semua hal terhubung dengan internet dan meringankan pekerjaan.

4 Jurusan yang Terancam Punah Seiring Kemajuan Teknologi

Jurusan Perhotelan dan Pariwisata

Sesuai namanya, jurusan ini menciptakan lulusan yang ahli dalam bidang pariwisata. Mayoritas pekerjaan lulusannya yautu perhotelan, pemandu wisata, agen pariwisata, tour and travel, dan lain sebagainya. Kita telah merasakan sendiri bahwa berwisata kini sudah semakin mudah. Hal ini karena kehadiran teknologi yang mengemas paket wisata atau traveling secara mudah, cepat, dan terpercaya hanya dengan satu kali klik. Kini bahkan kita sudah jarang menggunakan jasa pemandu wisata dan beralih ke aplikasi di ponsel. Bahkan di media sosial sudah banyak tersedia informasi detail dari pengalaman traveler lain yang dapat menjadi acuan.

Akuntansi

Jurusan kuliah kedua yang diperkirakan akan punah adalah akutansi. Saat ini aplikasi akutansi telah merajalela dengan berbagai macam fitur yang mudah diakses baik ponsel maupun komputer. Oleh karena itu, akutansi yang sempat menjadi jurusan primadona akan terancam punah di masa depan.

Farmasi

Sejumlah ahli memperkirakan robot akan mengambil alih peran apoteker. Bahkan teknologi tersebut sudah diterapkan di luar negeri yang menggunakan sistem drive thru dengan cara scan resep dokter saja. Kemudian obat akan disediakan oleh robot kepada pasien.

Broadcasting

Broadcasting adalah mata kuliah penyiaran yang mempelajari tentang manajemen suatu stasiun Televisi dalam mambuat acara dan menyiarkannya. Selain itu juga belajar teknik mengambil gambar, membaca berita, atau pembawa acara lainnya. Menjadi tantangan di masa depan bagi tim penyiaran untuk berusaha untuk tetap bertahan di era gempuran kemajuan teknologi digital.

Nah, demikian 4 Jurusan yang Terancam Punah Seiring Kemajuan Teknologi yang harus kita perhatikan. Tujuan artikel ini bukan untuk menjatuhkan pihak manapun apalagi membuat kamu pesimis, namun dapat menjadi pemicu semangat belajar kamu untuk bisa survive di masa depan. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kamu, ya!

Yuk, kunjungi laman Instagram dan Facebook Media Edukasi Indonesia untuk mendapatkan informasi dan fakta-fakta unik lainnya ya!

 

Komentar
Artikel ini telah dibaca 257 kali

Baca Lainnya

Kunci Sukses Membangun Karir di Industri Kesenian

25 Mei 2024 - 22:33 WIB

Mengenal Akuaponik: Pengertian, Komponen, dan Manfaatnya

23 Mei 2024 - 22:10 WIB

UKT Naik, Ini Strategi Mahasiswa Dalam Menyikapinya

21 Mei 2024 - 20:42 WIB

Ukt naik

Perbedaan Les Privat dan Bimbel Yang Perlu Dipahami

20 Mei 2024 - 21:44 WIB

Perbedaan Les Privat

Peran dan Fungsi Bimbingan Konseling dalam Pendidikan

19 Mei 2024 - 20:21 WIB

Tertarik Menjadi Script Writer? Pahami Seluk-beluknya!

19 Mei 2024 - 06:50 WIB

Tertarik Menjadi Script Writer
Trending di Edukasi