Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Kuliner · 20 Des 2022 18:00 WIB ·

4 Kuliner Khas Banjarmasin yang Rekomended


Img: Lutfi Hanafi/Dreamstime.com Perbesar

Img: Lutfi Hanafi/Dreamstime.com

4 Kuliner Khas Banjarmasin yang Rekomended –Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan (Kalsel) memiliki beragam kuliner khas yang lezat. Rasa pedas dan kaya rasa pedas menjadi ciri khas berbagai makanan khas Kota Seribu Sungai ini.

Cita rasa makanan khas Banjarmasin ini pengaruh dari budaya Melayu dan Kerajaan Banjar yang terkenal pada zaman dahulu. Berikut beberapa rekomendasi kuliner khas Banjarmasin yang tidak boleh kamu lewatkan jika berkunjung ke kota ini:

4 Kuliner Khas Banjarmasin yang Rekomended

Soto Banjar

Soto banjar mungkin merupakan makanan khas Banjarmasin yang paling populer dan bisa kita temukan di berbagai daerah. Hidangan tradisional ini terdiri dari ayam goreng, ketupat, telur goreng, perkedel kentang, bihun, seledri, dan taburan daun bawang.

Berbeda dengan soto yang kuahnya bening di Pulau Jawa, soto banjar kuahnya berwarna gelap. Saat kamu menyantap makanan khas ini, aroma anyelir, kayu manis, dan kapulaga akan langsung membangunkan kamu.

Cacapan Asam

Ungkapan “cacapan asam” berarti “cocolan sambal” dalam bahasa Banjar. Hidangan tradisional ini memiliki rasa yang kaya, kombinasi rasa asam asam dan salad pepperoncini, bawang bombay, asam jawa, dan buah asam.

Selanjutnya kuah asamnya mengandung terasi gosong. Hidangan tradisional Banjarmasin ini hanya disajikan sebagai lauk atau pendamping hidangan utama.

Apalagi untuk lauk pauk yang diolah dengan cara dibakar, digoreng atau digarami. Asam salsa asam yang pedas dan asam sangat cocok untuk saus celup untuk dinikmati dengan nasi panas.

Sup Mutiara

Sop Perle adalah masakan tradisional Banjarmasin yang terbuat dari ayam goreng. Daging ayam yang sudah melalui proses giling halus akan mereka bentuk menjadi bentuk bulat mirip bakso kecil.

Bedanya kuah yang mereka gunakan untuk menyajikan soto ini berisi susu, pala, bawang bombay, dan kaldu ayam. Istilah “perdagangan elektronik” mengacu pada penjualan barang elektronik.

Cita rasa masakan tradisional Banjarmasin ini kaya dan creamy. Sup ini sering menjadi favorit wisatawan.

Bubur Baayak

Bubur Baayak adalah makanan khas Banjarmasin yang terbuat dari tepung beras dan air merlan. Nama baayak digunakan karena bubur ini diayak atau disaring dengan cara yang sama seperti cendol.

Biasanya tersaji dengan kopi asin. Jajanan khas Banjarmasin ini manis dan asin sekaligus. Bubur Baayak bisa dengan mudah kita temukan di pinggir jalan di kawasan Banjarmasin. Camilan ini cocok sekali untuk sarapan.

Yuk, kunjungi laman Instagram dan Facebook Media Edukasi Indonesia untuk mendapatkan informasi dan fakta-fakta unik lainnya ya!

 

 

Komentar
Artikel ini telah dibaca 16 kali

Baca Lainnya

Makanan Yang Laris Saat Bulan Puasa, Bisa Jadi Ide Bisnis!

22 Februari 2024 - 22:28 WIB

Rekomendasi Makanan Khas Semarang Yang Layak Anda Coba

16 Februari 2024 - 21:16 WIB

Rekomendasi Makanan Khas Semarang

Makanan Ini Menjadi Incaran Anak Kuliahan, Sudah Coba?

12 Oktober 2023 - 21:15 WIB

Makanan Incaran Mahasiswa

Makanan dan Minuman Ini Cocok Bagi Yang Sedang Flu

28 Agustus 2023 - 09:31 WIB

Makanan dan Minuma pereda flu

3 Makanan Olahan Tahu Yang Bisa Anda Coba di Rumah

26 Agustus 2023 - 09:23 WIB

3 makanan olahan tahu

Fakta Unik dan Asal Mula Bubur Sumsum yang Harus di pahami.

23 Agustus 2023 - 14:22 WIB

Fakta unik bubur sumsum
Trending di Kuliner