Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Kuliner · 26 Jan 2023 22:39 WIB ·

4 Kuliner Populer Khas Aceh yang Murah dan Lezat


Img: acehprov.go.id Perbesar

Img: acehprov.go.id

4 Kuliner Populer Khas Aceh yang Murah dan Lezat –Kuliner Tanah Rencong memiliki cita rasa yang khas dan otentik. Ciri kuliner kota dengan julukan “Serambi Mekkah” ini sangat kaya akan rempah-rempah dengan cita rasa yang tajam.

Kamu mungkin sudah tidak asing lagi dengan Mie Aceh, Teh Tarik, Roti Canai, dan Ayam Tangkap. Namun, ada banyak kuliner khas Aceh yang tidak boleh kamu lewatkan!

4 Kuliner Populer Khas Aceh yang Murah dan Lezat

Mie aceh

Kuliner yang satu ini banyak terdapat di berbagai daerah. Mie Aceh biasa terdapat di warung makan Aceh bersama Teh Tarik dan martabak. Saat hujan, mie aceh paling enak karena berbagai bumbu yang terkandung dalam seporsi mie aceh bisa menghangatkan tubuh. Mie Aceh memiliki tekstur yang kenyal dan bumbu yang gurih dan kaya. Ada variasi mie goreng atau mie kuah dengan telur, daging, kepiting, seafood, dan sebagainya.

Kuah sie itek

Makanan khas Aceh yang paling populer adalah Sie Itek. Sajian ini berbahan dasar bebek namun tidak memiliki bau amis bebek yang khas. Untuk mengeluarkan aroma harum, makanan ini secara alami menggunakan banyak rempah dan bumbu yang harum.

Wangi daun kari dan pandan yang berguna untuk mengikat setiap potongan bebek yang menjadi aroma yang paling menonjol pada sie itek. Selanjutnya, menambahkan ketumbar dan jintan untuk menghilangkan bau amis.

Martabak aceh

Siapa yang tidak tergiur dengan martabak aceh yang tak pernah gagal memikat iman? Sekilas martabak ini tampak mirip dengan martabak telur lainnya, namun bumbunya lebih tajam dan kulitnya lebih enak karena menggunakan roti gulung sebagai bahan dasarnya.

Acar yang terbuat dari irisan bawang merah dan cabai rawit yang menyegarkan menemani martabak Aceh.

Kopi Aceh

Aceh terkenal di dunia internasional sebagai sentra produksi kopi arabika. Kopi dengan nama umum “Gayo” memiliki profil aroma dan cita rasa yang khas. Maka tidak heran jika kopi Gayo menjadi produk premium di dataran tinggi Gayo Aceh Tengah.

Jika Kamu berkunjung ke Aceh, ia harus mampir ke kedai kopi untuk melihat langsung bagaimana uniknya kopi tarik. Kopi tersaji seperti biasa untuk dibuat teh, kemudian ditiriskan hingga berbuih. Kopi tarik ini terasa paling enak saat disajikan dingin, namun beberapa orang lebih menyukai teh tariknya yang hangat.

 

Yuk, kunjungi laman Instagram dan Facebook Media Edukasi Indonesia untuk mendapatkan informasi dan fakta-fakta unik lainnya ya!

 

 

Komentar
Artikel ini telah dibaca 68 kali

Baca Lainnya

Makanan Yang Laris Saat Bulan Puasa, Bisa Jadi Ide Bisnis!

22 Februari 2024 - 22:28 WIB

Rekomendasi Makanan Khas Semarang Yang Layak Anda Coba

16 Februari 2024 - 21:16 WIB

Rekomendasi Makanan Khas Semarang

Makanan Ini Menjadi Incaran Anak Kuliahan, Sudah Coba?

12 Oktober 2023 - 21:15 WIB

Makanan Incaran Mahasiswa

Makanan dan Minuman Ini Cocok Bagi Yang Sedang Flu

28 Agustus 2023 - 09:31 WIB

Makanan dan Minuma pereda flu

3 Makanan Olahan Tahu Yang Bisa Anda Coba di Rumah

26 Agustus 2023 - 09:23 WIB

3 makanan olahan tahu

Fakta Unik dan Asal Mula Bubur Sumsum yang Harus di pahami.

23 Agustus 2023 - 14:22 WIB

Fakta unik bubur sumsum
Trending di Kuliner