Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Teknologi · 29 Des 2022 18:00 WIB ·

4 Teknologi Smart Home Terpopuler di Indonesia


Img: Pexels/Vecislavas-Popa Perbesar

Img: Pexels/Vecislavas-Popa

4 Teknologi Smart Home Terpopuler di Indonesia –Perayaan tahun ini yang dijadwalkan pada tahun 2022 berbeda dengan dua tahun sebelumnya yang terhambat oleh pandemi Covid-19. Menurut Badan Kebijakan Perhubungan (Baketrans) Kementerian Perhubungan, potensi pergerakan orang yang melakukan perjalanan pada hari raya Nataru tahun ini akan melebihi 16% penduduk Indonesia atau sekitar 44,17 juta orang atau meningkat dua kali lipat daripada tahun sebelumnya. Sebuah indikator positif bagi industri pariwisata yang selama ini berjalan lambat, seharusnya menjadi titik balik bagi pertumbuhannya.

Namun, masa liburan yang diperpanjang ini seringkali diwarnai oleh bencana-bencana tertentu yang disebabkan oleh kurangnya kewaspadaan dan kontrol terhadap penghuninya saat kosong. Kebakaran rumah merupakan kejadian yang sering terjadi setiap tahunnya. Tercatat selama tahun 2022, setidaknya telah terdeteksi 1.300 kebakaran rumah tangga di Jakarta, Makassar, dan Bandung, yang sebagian besar karena hubungan arus pendek atau korsleting. Dalam lima tahun terakhir, Dinas Pemadam Kebakaran dan Keselamatan (Gulkarmat) DKI Jakarta menyatakan telah terjadi sekitar 8.004 kebakaran di ibu kota.

4 Teknologi Smart Home Terpopuler di Indonesia

Sensor Pintu dan Kunci Rumah

Salah satu karakteristik utama smart home adalah kemampuannya untuk berkontribusi pada keamanan rumah tangga. Salah satunya adalah penggunaan sensor untuk pintu dan jendela yang dapat beroperasi melalui smartphone. Teknologi ini akan memberi tahu pemilik rumah melalui notifikasi jika pintu atau pintu depan terbuka oleh orang asing.

Sensor Gerak

Karakteristik ini umumnya terpasang pada pintu pagar. Bayangkan betapa nikmatnya tidak perlu keluar dari mobil untuk membuka pintu saat pulang dari beraktivitas, karena bisa kita lakukan dengan smartphone.

Sensor Lampu

Sensor cahaya pada lampu cerdas biasanya terpasang di area dengan lalu lintas tinggi seperti pintu masuk dan koridor. Akan sangat mudah untuk menggunakan sensor cahaya. Tidak perlu lagi menekan saklar saat pergi ke kamar mandi pada malam hari, tinggal berjalan menyusuri koridor maka lampu akan otomatis menyala.

Speaker Pintar

Speaker pintar adalah alat komunikasi untuk pengguna rumah tangga yang cerdas dengan sistem yang terhubung. Setelah sistem terhubung ke Internet, “asisten” yang terpasang di sistem ini akan memberikan semua informasi yang kita butuhkan melalui speaker. Ini memungkinkan semua perangkat smart home yang terhubung beroperasi melalui sistem speaker ini.

 

Yuk, kunjungi laman Instagram dan Facebook Media Edukasi Indonesia untuk mendapatkan informasi dan fakta-fakta unik lainnya ya!

Komentar
Artikel ini telah dibaca 9 kali

Baca Lainnya

Manfaat Perpustakaan Digital Bagi Pendidikan

23 Februari 2024 - 23:14 WIB

Manfaat Perpustakaan Digital

Ini Alasan Mengapa Anda Harus Beralih Ke Perpustakaan Digital

23 Februari 2024 - 21:04 WIB

Manfaat Perpustakaan Digital

Mengenal Istilah Domain & URL serta Pentingnya Untuk Bisnis

21 Februari 2024 - 17:55 WIB

Apa itu Instrumen Utang? Pahami Jenis serta Contohnya

15 Februari 2024 - 21:30 WIB

Manfaat Perpustakaan Digital

Pekerjaan Yang Berpeluang Di ganti dengan Robot, Siap-Siap Ya!

9 Februari 2024 - 22:37 WIB

Pekerjaan Yang Berpeluang Di ganti

Rekomendasi Tools AI Untuk Cek Grammar hingga Mencari Ide

9 Februari 2024 - 10:05 WIB

Rekomendasi Tools AI
Trending di Teknologi