Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Tips dan Trik · 26 Jan 2023 12:00 WIB ·

4 Tips Jadi Mahasiswa Aktif di Kelas


Img: Pexels/Andrea-Piacquadio Perbesar

Img: Pexels/Andrea-Piacquadio

4 Tips Jadi Mahasiswa Aktif di Kelas —Setiap dosen menghargai keterlibatan mahasiswa di kelas, baik saat diskusi maupun saat pembekalan. Namun, beberapa siswa masih ragu-ragu untuk berpartisipasi dalam kelas. Ingatlah bahwa menjadi siswa yang aktif tidak berarti cuma bersenang-senang (mencari perhatian). Kamu harus bisa membedakan keduanya.

4 Tips Jadi Mahasiswa Aktif di Kelas

Ketika kita melihat teman yang aktif, kita merasa rendah diri dan takut mengatakan sesuatu yang tidak pantas ketika kita secara sukarela angkat bicara. Sebenarnya sukses di sisi lain, adalah hasil dari kesalahan yang diperbaiki. Kamu tidak akan pernah cukup berani untuk berpartisipasi di kelas jika kamu tidak mencobanya. Selain itu, menjadi mahasiswa yang terlibat hampir pasti akan memberikan nilai tambah dari dosen.

Berikut tips untuk menjadi mahasiswa aktif di kelas:

Perbanyak membaca, memahami materi, dan berpikir kritis

Setelah perkuliahan, biasanya dosen akan memberikan materi hari itu kepada mahasiswa untuk dipelajari. Untuk mendalami materi lebih dalam, kamu bisa meningkatkan literasi melalui berbagai cara. Setelah itu, kamu dapat mengajukan pertanyaan atau mengajak dosen kamu untuk mendiskusikan apa yang kamu pelajari sebelumnya pada pertemuan berikutnya. Kemudian tuliskan pertanyaan atau ide yang ingin kamu sampaikan.

Jika kamu pemalu dan takut lupa saat gugup, kamu bisa menuliskan pertanyaan atau ide yang ingin kamu sampaikan di akhir presentasi. Ini juga untuk membantu kamu berbicara lebih lancar dan lebih berhati-hati dalam menyampaikan pendapat. Kamu juga bisa membicarakannya dengan teman terlebih dahulu.

Mulai membangun kepercayaan diri

Kamu harus percaya diri untuk berani melakukannya, dan kamu tidak boleh takut salah. Saat presentasi misalnya, kamu harus menguasai materi dan berani menjawab pertanyaan dari teman yang mendengarkan, meski tampil secara berkelompok.

Dengarkan baik-baik saat dosen atau mahasiswa lain berbicara

Jangan teralihkan atau memperhatikan ponsel kamu saat dosen sedang menjelaskan materi atau teman kamu sedang memberikan presentasi. Kamu harus mendengarkan dengan cermat dan kritis terhadap apa yang dikatakan. Akibatnya, setelah materi dijelaskan, kamu akan memiliki pertanyaan.

Ambil sisi positif dan buang pikiran negatif

Anggap diri kamu beruntung karena kamu berusaha menjadi siswa yang aktif. Kamu akan lebih percaya diri, tampil berani, menerima manfaat tambahan, dan keterampilan berbicara di depan umum akan meningkat. Hilangkan pikiran negatif seperti takut salah atau pikiran negatif lain yang bisa menghambat kemajuan.

Yuk, kunjungi laman Instagram dan Facebook Media Edukasi Indonesia untuk mendapatkan informasi dan fakta-fakta unik lainnya ya!

 

Komentar
Artikel ini telah dibaca 19 kali

Baca Lainnya

Tips Mengosongkan Memori IPhone Tanpa Hapus Gallery

21 April 2024 - 21:21 WIB

Tips Menggunakan Google Maps Dengan Benar, Anti Nyasar!

20 April 2024 - 22:06 WIB

Tips Memilih Smartphone dengan Kamera Bagus Harga Terjangkau

19 April 2024 - 21:12 WIB

Tips Menghilangkan Iklan Pada HP Infinix, Mudah Sekali!

19 April 2024 - 19:59 WIB

Tips Mendapatkan IPK Tinggi Universitas Terbuka

17 April 2024 - 12:59 WIB

Fakta Unik Seputar Universitas

Tips Mengoptimalkan TikTok untuk UMKM Anda

16 April 2024 - 20:46 WIB

Tips Mengoptimalkan Tiktok
Trending di Tips dan Trik