Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Tips dan Trik · 1 Agu 2023 15:42 WIB ·

4 Tips Menulis Artikel Berita yang Benar


4 Tips Menulis Artikel Berita yang Benar Perbesar

Menjadi seorang penulis kini banyak di minati oleh sebagian orang. Banyak perusahaan yang memberi lowongan kerja seperti menulis buku hingga menulis berita. Nah, apakah tertarik ingin menulis di media seperti di pikiran rakyat, kompas, dan lain-lain?

Berikut ini ada beberapa tips menulis berita yang dikutip dari kominfo agar dapat menulis artikel berita yang benar:

  • Meriset Secara Mendalam.

Tips Menulis yang pertama ialah meriset informasi secara mendalam. Kesalahan yang seringkali terjadi dalam menulis berita adalah kurangnya riset secara mendalam dari sumber yang di ambil. Oleh karena itu, penting sekali riset yang mendalam agar tidak terjadi misinformasi sehingga menimbulkan kesalahpahaman bagi pembacanya. Misalnya, anda ingin menulis berita tentang polusi udara, maka anda perlu mencari informasi apa yang menyebabkan terjadinya polusi udara dan apa saja upaya penanggulangannya.

  • Menulis dengan Gaya Bahasa yang Menarik.

Tips berikutnya adalah menggunakan bahasa yang menarik. Tujuan menggunakan bahasa yang menarik ini agar mudah di pahami oleh pembacanya. Gaya bahasa tentunya sangat berpengaruh terhadap jumlah pengunjung pada situs berita. Karena bila artikel berita tidak di tulis dengan menarik maka akan membuat orang tidak tertarik membaca artikel berita yang sudah anda buat dan membuat artikel berita tidak muncul di halaman pertama google.

  • Tetap konsisten.

Konsistensi merupakan hal yang sangat di butuhkan dalam menulis. Tidak sedikit orang yang gagal dalam menulis karena kurangnya konsistensi. Mungkin ada beberapa hal yang mempengaruhi kurangnya konsistensi dalam menulis seperti kurangnya riset yang mendalam, kemauan yang kurang, dan hal lainnya. Tetapi, terlepas dari itu semua kita harus tetap bersikap konsisten agar tulisan anda dapat tampil di halaman pertama google. Konsisten mencari kata kunci yang sedang tren, hingga mengikuti perkembangan terkini.

  • Utamakan Kualitas Informasi.

TIps menulis yang terakhir ini mengutamakan kualitas informasi. Hal ini sangatlah penting, apalagi informasi tersebut dapat di pertanggung jawabkan validitasnya. Sehingga mengurangi kesalahan dalam penyampaian informasi. Selain itu, usahakan cari sumber informasi yang terpercaya agar pembaca dapat mempercayai tulisan yang anda buat. Dan buatlah tulisan yang tidak terlalu panjang tetapi mudah di pahami oleh pembacanya. Karena jika tulisan yang terlalu panjang akan membuat pembaca merasa bosan dan tidak tertarik pada tulisan yang anda buat.

Itulah pembahasan mengenai empat tips menulis artikel berita yang sudah di jelaskan di atas. Nah, apabila anda benar-benar tertarik ingin terjun di dunia kepenulisan khususnya menjadi penulis berita maka anda bisa menyimak tips-tips tersebut. Seperti yang sudah di jelaskan bahwa menulis itu perlu usaha dan konsistensi. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda.

Komentar
Artikel ini telah dibaca 19 kali

Baca Lainnya

Tips Memilih Kegiatan Ekstrakurikuler untuk Anak

20 Mei 2024 - 22:28 WIB

Tips Memilih kegiatan ekstrakurikuler

Tips Menjalani Masa Probation yang Perlu Anda Ketahui

9 Mei 2024 - 22:25 WIB

Tips Menjalani Masa Probation

Tips Menjadi Content Creator untuk Pemula, Di Jamin Cuan!

7 Mei 2024 - 22:14 WIB

Tips Menjadi Content Creator

Tips Hemat Budget Kuliah versi TelUtizen

7 Mei 2024 - 21:09 WIB

Sistem Ekonomi Campuran

Tips Membalas Email Panggilan Interview dengan Profesionalisme

3 Mei 2024 - 21:41 WIB

Tips Membalas Email

Cara Mudah Bermain Catur bagi Pemula

1 Mei 2024 - 21:09 WIB

Cara Mudah Bermain Catur
Trending di Tips dan Trik