Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Tips dan Trik · 14 Mei 2023 12:00 WIB ·

4 Tips Tingkatkan Hormon Bahagia Dalam Tubuh


Img: pexels-andrea-piacquadio- Perbesar

Img: pexels-andrea-piacquadio-

4 Tips Tingkatkan Hormon Bahagia Dalam Tubuh –Hormon merupakan senyawa kimia dalam tubuh yang berasal dari beberapa kalenjar tubuh. Mereka mengalir melalui aliran darah dan bertindak sebagai sinyal atau pembawa pesan dan memiliki peran banyak dalam proses tubuh. Salah satu peran penting hormon adalah mengatur mood atau suasana hati. Beberapa jenis hormon dapat menimbulkan perasaan positif seperti kebahagiaan dan ketenangan. Oleh sebab itu, untuk menjaga kesehatan mental, maka kamu harus tahu jenis hormon bahagia berikut ini:

Jenis-Jenis hormon bahagia

Dopamin

Dopamin juga terkenal dengan sebutan hormon ‘perasaan baik’. Hormon dopamin adalah hormon yang menjadi bagian penting dalam sistem kinerja otak. Domain berpengaruh pada munculnya sensasi menyenangkan.

Serotonin

Hormon ini dapat membantu mengatur perasaan hati termasuk dalam aktivitas sehari-hari seperti tidur, nafsu makan, pencernaan, dan memori.

Oksitosin

Oksitosin atau hormon cinta berperan sangat penting dalam persalinan, menyusui, dan hubungan kekeluargaan yang kuat. Hormon ini dapat meningkatkan empati, kepercayaan, dan ikatan dalam suatu hubungan.

Endorfin

Endorfin merupakan pereda nyeri alami yang diproduksi tubuh sebagai respon dari stres atau ketidaknyamanan.

4 Tips Tingkatkan Hormon Bahagia Dalam Tubuh

Keluar dari rumah

Salah satu cara meningkatkan kadar endorfin dan serotonin adalah dengan melihat dunia luar yang terpapar sinar matahari. Paparan sinar matahari dapat menambah produksi hormon serotonin dan endorfin. Caranya sangat mudah seperti berjemur selama 10 hingga 15 menit setiap hari.

Olahraga

Olahraga mempunyai manfaat bagi kesehatan fisik dan berdampak baik pada kesehatan emosional. Aktivitas ini juga menjadi cara gepat untuk melepaskan endorfin dan meningkatkan dopamin dan serotonin. Jadi, pastikan rutin berolahraga untuk mental yang sehat.

Tertawa dengan orang terdekat

Tertawa dengan orang terdekat seperti teman atau keluarga memang tidak bisa mengatasi masalah yang kamu alami. Namun, ini adalah cara alami yang dapat meredakan cemas dan stres. Sebab, saat tertawa endorfin dan dopamin meningkat sehingga suasana hati membaik.

Musik

Mendengarkan musik atau bermain alat musik dapat meningkatkan produksi hormon bahagia. Saat mendengar musik yang kamu suka akan meningkatkan dopamin di otak. Musik memang dapat membantu meningkatkan suasana hati menjadi lebih baik. Perubahan positif ini dapat meningkatkan produksi serotonin.

Yuk, kunjungi laman Instagram dan Facebook Media Edukasi Indonesia untuk mendapatkan informasi dan fakta-fakta unik lainnya ya!

 

Komentar
Artikel ini telah dibaca 9 kali

Baca Lainnya

Cara Mengenali Bakat dalam Diri Pribadi, Wajib Tahu!

25 Mei 2024 - 23:08 WIB

Tips Sukses Kuliah di Jurusan Teknik, Tertarik?

25 Mei 2024 - 21:29 WIB

Tips Memilih Kegiatan Ekstrakurikuler untuk Anak

20 Mei 2024 - 22:28 WIB

Tips Memilih kegiatan ekstrakurikuler

Tips Menjalani Masa Probation yang Perlu Anda Ketahui

9 Mei 2024 - 22:25 WIB

Tips Menjalani Masa Probation

Tips Menjadi Content Creator untuk Pemula, Di Jamin Cuan!

7 Mei 2024 - 22:14 WIB

Tips Menjadi Content Creator

Tips Hemat Budget Kuliah versi TelUtizen

7 Mei 2024 - 21:09 WIB

Sistem Ekonomi Campuran
Trending di Tips dan Trik