Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Edukasi · 30 Mei 2023 18:00 WIB ·

5 Culture Shock Saat Kuliah di Jepang


Img: pexels-willian-justen-de-vasconcellos Perbesar

Img: pexels-willian-justen-de-vasconcellos

5 Culture Shock Saat Kuliah di Jepang –Belajar di luar negeri bukanlah suatu hal yang mudah. Tempat baru pasti memiliki tantangan tersendiri, apalagi di Jepang. Mulai dari cuaca, budaya, makanan, hingga sistem belajar haruslah dipersiapkan dengan baik agar tidak mengganggu aktivitasmu. Untuk kamu yang berencana menuntut ilmu di negeri sakura, sebaiknya ketahui 4 culture shock yang ada di sana. Yuk, simak artikel ini sampai habis!

5 Culture Shock Saat Kuliah di Jepang

Tidak ada orientasi

Berbeda dengan aktivitas pendidikan di Indonesia, Jepang sudah tidak memberlakukan masa orientasi pada mahasiswa baru. Jika di Indonesia masih mengadakan orientasi untuk mengenalkan lingkungan kampus serta kakak kelas. Pada hari pertama kuliah, kamu akan langsung melakukan pembelajaran di ruang kelas. Maka dari itu, persiapkan dirimu sejak awal ya, agar tidak bingung karena culture kuliah di Jepang.

Sangat disiplin

Salah satu hal penting yang membuat Jepang sangat berbeda dengan negara lain adalah tingkat kedisiplinan yang sangat tinggi. Orang Jepang umumnya akan datang beberapa menit sebelum acara mulai. Para pengajar di Jepang juga sangat ketat sehingga kamu tidak bisa menyepelekan waktu dan aturan-aturan yang ada di kelas.

Tidak bisa “titip absen”

Karena Jepang memiliki tingkat disiplin yang tinggi, tentu kamu tidak bisa “titip absen” seperti di Indonesia. Sistem absensi di sana sudah modern dengan menggunakan barcode dan kehadiran menjadi salah satu faktor penting penentu kelulusan.

Tanda tangan dengan Hanko

Banyak orang tidak mengetahui bahwa sistem tanda tangan di Jepang berbeda dengan di Indonesia. Sebagai mahasiswa Jepang, kamu harus memperhatikan hal ini untuk keperluan mengisi dokumen selama menjadi mahasiswa. Biasanya, Jepang menggunakan hanko atau cap khusus untuk menandai dokumen penting, resume, bank, hingga dokumen visa.

Tidak ada pengering di asrama

Bagi kita orang Indonesia, mesin pengering baju tidak terlalu penting untuk mengeringkan baju. Tapi mungkin akan berbeda saat di Jepang, yang memiliki musim dingin. Meski termasuk negara maju, namun Jepang masih menyukai menjemur pakaian dengan panas matahari lebih baik. Uniknya, jemuran di Jepang dapat dibuka dan ditutup.

 

Yuk, kunjungi laman Instagram dan Facebook Media Edukasi Indonesia untuk mendapatkan informasi dan fakta-fakta unik lainnya ya!

 

Komentar
Artikel ini telah dibaca 30 kali

Baca Lainnya

Kunci Sukses Membangun Karir di Industri Kesenian

25 Mei 2024 - 22:33 WIB

Mengenal Akuaponik: Pengertian, Komponen, dan Manfaatnya

23 Mei 2024 - 22:10 WIB

UKT Naik, Ini Strategi Mahasiswa Dalam Menyikapinya

21 Mei 2024 - 20:42 WIB

Ukt naik

Perbedaan Les Privat dan Bimbel Yang Perlu Dipahami

20 Mei 2024 - 21:44 WIB

Perbedaan Les Privat

Peran dan Fungsi Bimbingan Konseling dalam Pendidikan

19 Mei 2024 - 20:21 WIB

Tertarik Menjadi Script Writer? Pahami Seluk-beluknya!

19 Mei 2024 - 06:50 WIB

Tertarik Menjadi Script Writer
Trending di Edukasi