Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Travel · 27 Agu 2022 09:00 WIB ·

5 Desa Wisata Indonesia dengan Konsep Sustainable Tourism


img: instagram.com/the1o1malangoj Perbesar

img: instagram.com/the1o1malangoj

Saat ini banyak sekali destinasi wisata yang menerapkan konsep sustainable tourism, salah satunya berupa desa wisata Indonesia dengan konsep sustainable tourism. Selain melibatkan masyarakat lokal dalam hal pengelolaannya, destinasi berupa desa wisata juga memiliki aktivitas yang kebanyakan menyatu dengan alam dan ramah lingkungan.

Berikut rekomendasi lima desa wisata Indonesia dengan konsep sustainable tourism. Ada di mana saja ya?

Desa Panglipura, Bali

img: instagram.com/desa_adqt_penglipuran

Destinasi yang pertama, yaitu Desa Wisata Panglipura yang tepatnya berada di Kabupaten Bangli, Provinsi Bali. Hebatnya, desa wisata ini juga sempat mendapat penghargaan sebagai desa terbesersih di dunia, lho! Tak heran jika banyak pengunjung memadati kawasan wisata ini karena ingin menikmati keunikannya.

Lebih istimewanya lagi, masyarakat setempat masih menganut kebiasaan adat tradisional hingga saat ini. Hal inilah yang menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan untuk mengunjunginya.

Desa Ponggok, Klaten

img: instagram.com/klatenkita

Desa wisata selanjutnya adalah Desa Ponggok, Klaten. Data tarik utama desa wisata ini yakni memiliki lima sumber mata air yang bermanfaat untuk aktivitas wisata sekaligus sebagai sumber mata pencaharian masyarakat setempat.

Kelima sumber mata air tersebut terkenal dengan nama umbul, yakni masing-masing bernama Umbul Ponggok, Umbul Besuki, Umbul Sigedang, Umbul Kapiler, dan Umbul Cokro.

Kelima sumber mata air tersebut masyarakat manfaatkan sebagai aktivitas wisata bagi wisatawan berupa tempat pemandian, snorkeling, hingga sebagai irigasi sawah bagi masyarakat lokal.

Desa Kete Kesu, Toraja

img: instagram.com/ibrhmrsyd

Desa wisata yang satu ini sangat kental akan budaya Toraja yang masih masyarakat anut hingga saat ini.

Sepanjang perjalanan, pengunjung akan menikmati pemandangan rumah khas bernama Tongkonan. Rumah ini memiliki bentuk yang unik dengan bentuk atapnya seperti perahu.

Kegiatan upacara adat masyarakat Toraja juga masih dilakukan di desa wisata ini. Dengan demikian, pengunjung dapat berinteraksi secara langsung dengan penduduk lokal serta dapat mengetahui adat kebiasaan yang dilakukan.

Desa Pujon Kidul, Malang

desa wisata dengan konsep Sustainable Tourism

img: instagram.com/the1o1malangoj

Desa ini terletak di dataran tinggi Kota Batu tepatnya berada di Kecamatan Pujon, Batu, Jawa Timur. Keberadaannya yang ada di dataran tinggi, menjadikan desa wisata yang satu ini berhawa sejuk dan asri.

Potensi wisata yang berkembang di kawasan desa wisata ini berupa pertanian dan perkebunan Wisatawan dapat melakukan aktivitas seperti memerah susu sapi, menanam, dan memetik sayuran di sini.

Desa Pentingsari, Yogyakarta

img: instagram.com/trikanayatour

Selanjutnya yaitu desa wisata di Yogyakarta yang tepatnya berada di Pentingsari, Cangkringan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Desa wisata ini memiliki segudang penghargaan sebagai desa yang berhasil melestarikan lingkungan alam.

Ada juga beragam aktivitas wisata yang menyatu dengan alam yang dapat dilakukan wisatawan seperti menanam padi, membajak sawah, membuat tempe, hingga menangkap ikan.

Dengan adanya pariwisata yang mengusung konsep sustainable tourism seperti di atas, liburan terasa lebih seru bukan? Kamu dapat membaur dengan masyarakat lokal sekaligus mencoba kegiatan wisata yang menyatu dengan alam.

Jadi kapan berkunjung ke salah satu desa wisata yang ada di atas?

Jangan lupa kunjungi Instagram Media Edukasi Indonesia untuk mendapatkan informasi-informasi menarik lainnya, ya!

Komentar
Artikel ini telah dibaca 181 kali

Baca Lainnya

Cocok Buat Ngabuburit, Berikut 5 Wisata Yang Perlu Dikunjungi

29 Februari 2024 - 19:28 WIB

Tips Liburan ke Thailand Hemat Biaya, Pemula Harus Tahu!

28 Februari 2024 - 20:21 WIB

Tips Aman Kunjungi Wisata Air Terjun Ketika Musim Hujan

27 Februari 2024 - 21:55 WIB

Tips Aman Kunjungi Wisata

Wisata Edukasi Bandung Paling Hits, Cocok Dan Tambah Pintar

19 Januari 2024 - 22:55 WIB

Wisata Edukasi Bandung

Wisata Edukasi di Surabaya Ini Wajib Anda Kunjungi

27 November 2023 - 23:01 WIB

Wisata Edukasi di Surabaya

Tempat Wisata di Pontianak Yang Lagi Hits 2024

25 November 2023 - 20:50 WIB

Trending di Travel