Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Kuliner · 5 Des 2022 12:13 WIB ·

5 Kuliner Khas Balikpapan dengan Ragam Cita Rasa Bikin Ketagihan


Img: Travelerien.com/Katerina Perbesar

Img: Travelerien.com/Katerina

5 Kuliner Khas Balikpapan dengan Ragam Cita Rasa Bikin Ketagihan –Salah satu wisata kuliner yang wajib kamu coba adalah makanan khas Balikpapan. Ada berbagai olahan makanan dan cemilan enak yang bisa menggugah selera.

Balikpapan merupakan salah satu kota terpadat di Pulau Kalimantan. Balikpapan dengan luas 843,48 kilometer persegi telah tumbuh menjadi salah satu kota termaju dengan berbagai atraksi.

Menurut situs resmi Pemerintah Kota Balikpapan, jumlah penduduk Kota Balikpapan mencapai 706.414 jiwa pada tahun 2015. Pesatnya arus pendatang di kota “minyak” ini menambah keragamannya.

Untuk kamu yang punya rencana berkunjung ke Balikpapan, jangan sampai melewatkan makanan khas Balikpapan berikut yang sangat menarik untuk kamu coba!

5 Kuliner Khas Balikpapan dengan Ragam Cita Rasa Bikin Ketagihan

Kepiting kenari

Berkunjung ke Balikpapan tidak akan lengkap tanpa mencicipi olahan kepiting. Kepiting kenari adalah salah satu olahan kepiting yang wajib kamu coba.

Kepiting kenari ini adalah kepiting laut yang memakan kelapa segar. Inilah yang dapat mempermanis dan membumbui daging kepiting kenari. Olahan kepiting kenari bisa berupa kepiting rebus, lada hitam, saus padang, saus tiram, dan bahan lainnya. Kepiting ini bisa dimakan di tempat atau dibawa pulang sebagai oleh-oleh untuk anggota keluarga.

Roti mantau

Roti mantau adalah roti tradisional Balikpapan yang bentuknya seperti bakpao. Bedanya, tidak seperti roti pada umumnya, roti ini tidak ada isiannya.

Roti mantau seluruhnya terbuat dari tepung terigu, air, gula, susu, dan ragi. Penyajiannya berbeda dengan roti pada umumnya. Umumnya roti dimasak dengan cara dipanggang. Roti mantau kemudian digoreng dan disajikan. Rasa roti ini gurih dan sedikit manis.

Pisang gapit

Pisang gapit merupakan makanan khas Balikpapan yang patut kamu coba. Teknik memasak pisang ini dengan cara menggunakan jepitan kayu kemudian membakarnya dengan arang, sesuai dengan namanya. Pisang gapit ini kemudian diberi kuah manis yang terbuat dari gula merah, santan, dan nangka segar. Saat masuk ke mulut, rasanya enak dan gurih.

Nasi bakar seafood

Balikpapan terkenal dengan olahan seafoodnya. Nasi bakar seafood Balikpapan adalah salah satu makanan khas Balikpapan yang kami rekomendasikan. Nasi Bakar Seafood adalah sejenis nasi olahan yang berisi isian makanan laut seperti kepiting, udang, dan ikan. Selain rasanya yang enak, aromanya juga sangat harum karena memasaknya dengan teknik khusus.

Abon kepiting

Kepiting di Balikpapan juga bisa dimakan dalam bentuk abon, lho! Jika kamu terbiasa makan abon daging sapi atau ayam, cobalah abon kepiting di Balikpapan. Abon kepiting memiliki tekstur yang lebih lembut daripada abon pada umumnya. Rasanya jauh lebih gurih daripada jenis abon lainnya.

 

Yuk, kunjungi laman Instagram dan Facebook Media Edukasi Indonesia untuk mendapatkan informasi dan fakta-fakta unik lainnya ya!

Komentar
Artikel ini telah dibaca 243 kali

Baca Lainnya

Makanan Yang Laris Saat Bulan Puasa, Bisa Jadi Ide Bisnis!

22 Februari 2024 - 22:28 WIB

Rekomendasi Makanan Khas Semarang Yang Layak Anda Coba

16 Februari 2024 - 21:16 WIB

Rekomendasi Makanan Khas Semarang

Makanan Ini Menjadi Incaran Anak Kuliahan, Sudah Coba?

12 Oktober 2023 - 21:15 WIB

Makanan Incaran Mahasiswa

Makanan dan Minuman Ini Cocok Bagi Yang Sedang Flu

28 Agustus 2023 - 09:31 WIB

Makanan dan Minuma pereda flu

3 Makanan Olahan Tahu Yang Bisa Anda Coba di Rumah

26 Agustus 2023 - 09:23 WIB

3 makanan olahan tahu

Fakta Unik dan Asal Mula Bubur Sumsum yang Harus di pahami.

23 Agustus 2023 - 14:22 WIB

Fakta unik bubur sumsum
Trending di Kuliner