Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Kuliner · 16 Jan 2023 12:00 WIB ·

5 Kuliner Khas Pacitan Sasaran Para Wisatawan


Img: www.instagram.com/disparporapacitan Perbesar

Img: www.instagram.com/disparporapacitan

5 Kuliner Khas Pacitan Sasaran Para Wisatawan –Pacitan merupakan salah satu daerah di Jawa Timur yang sudah lama terkenal akan keindahan alamnya. Pacitan memiliki beragam destinasi wisata alam untuk dikunjungi dan dijelajahi, mulai dari pantai hingga goa. Selain itu, Pacitan memiliki beragam kuliner unik yang sayang untuk dilewatkan jika tidak berkunjung ke Kota 1001 Gua ini.

5 Kuliner Khas Pacitan Sasaran Para Wisatawan

Berikut ini berbagai kuliner khas Pacitan yang enak banget dan cocok untuk kamu coba saat berkunjung ke Pacitan!

Sego Tiwul

Salah satu kuliner yang wajib kamu coba saat berada di Pacitan adalah Sego Tiwul. Tiwul merupakan salah satu makanan pokok masyarakat Pacitan, pengganti nasi. Nasi Tiwul adalah makanan olahan yang terbuat dari singkong kering atau pati singkong. Tiwul adalah makanan tradisional dari Pegunungan Sewu, termasuk Gunungkidul, Wonogiri, dan Pacitan. Tiwul dari Pacitan, sebaliknya, berwarna lebih coklat. Sego tiwul biasanya tersaji dengan berbagai macam lauk pauk dan olahan sayuran.

Tahu Tuna

Kamu yang berkunjung ke Pacitan dan mencari oleh-oleh untuk kerabat bisa membawa tahu tuna. Tahu ini mirip dengan bakso tahu, namun isian di dalam tahu terbuat dari ikan tongkol yang digiling. Saat berkunjung ke Pacitan, kamu bisa dengan mudah menemukan oleh-oleh tersebut.

Ikan Kelong

Salah satu kuliner khas pesisir Pasifik adalah ikan kelong. Saat berkunjung ke kawasan pesisir Pacitan, sangat mudah menemukan rumah makan yang menyajikan ikan kelong. Ikan kelong biasanya disajikan digoreng dengan tepung dan ditemani sego tiwul.

Sayur Kalakan

Sayur Kalakan merupakan salah satu kuliner yang wajib kamu coba saat berkunjung ke Pacitan jika kamu penyuka makanan pedas. Jenis Sayur ikan asap ini memiliki bentuk penyajian yang unik karena menyerupai sate. Sayuran ini biasa tersantap bersama sego tiwul.

Punten

Kuliner Punten adalah makanan khas Pacitan yang terbuat dari beras dan mereka masak dengan santan. Punten memiliki rasa yang gurih dan berbentuk kotak-kotak. Punten merupakan makanan ringan yang cocok untuk disantap.

Nah, itu tadi adalah kuliner tradisional khas Pacitan yang selalu menjadi sasaran para wisatawan. Rasanya tidak afdol berkunjung ke Pacitan tanpa mencicipi salah satu dari kuliner di atas.

Yuk, kunjungi laman Instagram dan Facebook Media Edukasi Indonesia untuk mendapatkan informasi dan fakta-fakta unik lainnya ya!

Komentar
Artikel ini telah dibaca 12 kali

Baca Lainnya

Makanan Yang Laris Saat Bulan Puasa, Bisa Jadi Ide Bisnis!

22 Februari 2024 - 22:28 WIB

Rekomendasi Makanan Khas Semarang Yang Layak Anda Coba

16 Februari 2024 - 21:16 WIB

Rekomendasi Makanan Khas Semarang

Makanan Ini Menjadi Incaran Anak Kuliahan, Sudah Coba?

12 Oktober 2023 - 21:15 WIB

Makanan Incaran Mahasiswa

Makanan dan Minuman Ini Cocok Bagi Yang Sedang Flu

28 Agustus 2023 - 09:31 WIB

Makanan dan Minuma pereda flu

3 Makanan Olahan Tahu Yang Bisa Anda Coba di Rumah

26 Agustus 2023 - 09:23 WIB

3 makanan olahan tahu

Fakta Unik dan Asal Mula Bubur Sumsum yang Harus di pahami.

23 Agustus 2023 - 14:22 WIB

Fakta unik bubur sumsum
Trending di Kuliner