Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Kuliner · 28 Apr 2022 12:00 WIB ·

5 Makanan Khas Hari Raya Idul Fitri, Mana Langgananmu?


Rendang. (Img: Google) Perbesar

Rendang. (Img: Google)

Selain identik dengan kegiatan silaturahmi dari satu rumah ke rumah yang lain, Idul Fitri juga identik dengan makanan yang masyarakat sajikan. Makanan yang paling populer dan sering masyarakat gunakan sebagai makanan khas hari raya Idul Fitri pastinya adalah ketupat dan opor ayam. Akan tetapi, ternyata masih banyak, lho, makanan khas hari raya Idul Fitri yang jarang orang ketahui. Nah, berikut adalah 5 makanan khas hari raya Idul Fitri, mana langgananmu?

 

1. Ketupat 

Makanan khas hari raya lebaran yang pertama ialah ketupat. Olahan beras yang dimasak dalam bungkusan anyaman daun kelapa muda ini bahkan menjadi ikon kuliner lebaran terpopuler di Indonesia. Hidangan khas Asia Tenggara ini sering disajikan bersama opor ayam atau rendang saat hari raya. Dalam kepercayaan masyarakat Jawa, ketupat atau tupat memiliki filosofi yang kuat. Masyarakat percaya bahwa ketupat ialah perwujudan dari kiblat limo pancer yang berarti keseimbangan alam dalam empat arah mata angin utama dan satu kiblat yang menjadi pusat. Dari filosofi tersebut, maka tidak aneh apabila ketupat menjadi makanan khas hari raya Idul Fitri. 

 

2. Opor Ayam 

Opor Ayam. (Img: Google)

Makanan khas hari raya yang berikutnya ialah opor ayam. Olahan ayam yang satu ini merupakan olahan ayam yang dimasak dengan berbagai rempah-rempah yang menciptakan sensasi nikmat dengan kuah santan yang melengkapi. Opor ayam seringkali menjadi pasangan utama dari ketupat sehingga keduanya sering bertemu dalam satu penyajian yang sama. 

 

3. Rendang 

Rendang. (Img: Google)

Makanan khas Padang ini menjadi makanan khas hari raya lebaran yang selanjutnya. Makanan yang sudah mendunia ini menjadi salah satu makanan yang penyajiannya dalam hari raya Idul Fitri selalu bersama ketupat dan opor ayam, lho. 

 

4. Semur Daging 

Semur Daging. (Img: Google)

Semur daging ialah olahan daging sapi yang sangat populer di kalangan masyarakat sebagai alternalif sajian untuk melengkapi ketupat. Tidak hanya dengan daging sapi saja, semur daging juga disajikan dengan telur ayam dan potongan kentang. Oleh karena itu, olahan makanan yang satu ini siap menggoyangkan lidahmu selama hari raya! 

 

5. Lemang

Lemang. (Img: Google)

Lemang ialah olahan beras ketan dan santan yang proses pembuatannya menggunakan bambu. Makanan khas masyarakat Melayu ini menjadi makanan khas hari raya di beberapa wilayah di Indonesia, seperti Sumatrra dan Kalimantan. Tidak hanya itu, lemang juga populer di negeri tetangga, Malaysia. Dalam penyajiannya, lemang  dan opor ayam atau rendang sering bersama sebagai pengganti ketupat.

 

Itulah 5 makanan khas hari raya Idul Fitri. Dari kelima makanan di atas mana yang menjadi langganan keluargamu? Kunjungi laman Instagram dan Facebook Media Edukasi Indonesia untuk mendapatkan informasi dan fakta-fakta unik lainnya ya!

Komentar
Artikel ini telah dibaca 20 kali

Baca Lainnya

Makanan Yang Laris Saat Bulan Puasa, Bisa Jadi Ide Bisnis!

22 Februari 2024 - 22:28 WIB

Rekomendasi Makanan Khas Semarang Yang Layak Anda Coba

16 Februari 2024 - 21:16 WIB

Rekomendasi Makanan Khas Semarang

Makanan Ini Menjadi Incaran Anak Kuliahan, Sudah Coba?

12 Oktober 2023 - 21:15 WIB

Makanan Incaran Mahasiswa

Makanan dan Minuman Ini Cocok Bagi Yang Sedang Flu

28 Agustus 2023 - 09:31 WIB

Makanan dan Minuma pereda flu

3 Makanan Olahan Tahu Yang Bisa Anda Coba di Rumah

26 Agustus 2023 - 09:23 WIB

3 makanan olahan tahu

Fakta Unik dan Asal Mula Bubur Sumsum yang Harus di pahami.

23 Agustus 2023 - 14:22 WIB

Fakta unik bubur sumsum
Trending di Kuliner