Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Kuliner · 8 Jun 2022 13:00 WIB ·

5 Makanan Khas Korea Ini Ternyata Halal, Lho!


Img: pixabay.com Perbesar

Img: pixabay.com

Saat mencicip atau memiliki keinginan untuk mencoba makanan khas dari luar negeri, khususnya negara yang mayoritas beragama lain selain Islam, kita pasti merasa was-was jikalau makanan tersebut ternyata bukanlah makanan halal. Karena itulah, kita perlu menelusuri terlebih dahulu makanan apa yang bisa kita makan sebagai pemeluk agama Islam. Hal tersebut juga berlaku untuk makanan atau kuliner khas Korea. Nah, berikut adalah 5 makanan khas Korea yang ternyata halal dan dapat dikonsumsi oleh kita yang beragama Islam.

 

1. Kimchi

Img: pixabay.com

Makanan khas Korea yang satu ini pasti sudah tidak asing lagi. Benar! Makanan yang berasal dari sayuran yang difermentasi ini ternyata merupakan makanan yang halal, lho! Hal itu karena kimchi terbuat dari sayuran yang difermentasi dan kemudian dibumbui. Sayuran yang biasa digunakan dalam pembuatan kimchi ini adalah sawi putih, mentimun, dan lobak. Sementara itu, bumbu yang digunakan untuk membumbui sayuran yang sudah terfermentasi itu adalah bumbu rempah, seperti cabai, bawang bombay, bawang putih, saus ikan, jahe, dan pasta udang. 

 

2. Kimbap

Img: pixabay.com

Makanan yang terbuat dari nasi putih ini ternyata juga merupakan makanan khas Korea yang halal. Dengan isian yang beranekaragam mulai dari telur, daging, sayur, hingga ikan, kimbap biasanya berbentuk gulungan kecil-kecil dalam penyajiannya.

 

3. Bibimbap

 

Img: pixabay.com

Bibimbap sering masyarakat sebut sebagai saudara dari kimbap karena hampir sama isinya. Namun, keduanya cukup berbeda dalam penyajiannya, lho. Jika kimbap berbentuk gulungan kecil, bibimbap ini memiliki bentuk penyajian dalam mangkuk. Dalam mangkuk tersebut, bibimbap memiliki nasi sebagai dasaran atau alasnya. Kemudian, lauk, sayur, hingga saus sambal akan berada di atas nasi tersebut sebelum mendapat adukan hingga menjadi satu.

 

4. Jjangmyeon

Img: oryzagrace.com

Kuliner khas Korea yang satu ini pasti sudah tidak asing apalagi bagi kalian pencinta drama korea. Benar sekali! Jjangmyeon merupakan makanan yang berbentuk mie dengan saus kedelai hitam. Untuk jjangmyeonnya sendiri memang merupakan makanan yang halal, tetapi ada pelengkap tidak halal yang biasanya turut hadir bersama dengan jjangmyeon. Pelengkap tersebut adalah olahan daging babi. Jadi, kita harus tetap berhati-hati ya! 

 

5. Sup rumput laut

Img: cbcindonesia.com

Sama seperti jjangmyeon, olahan yang satu ini pasti sudah tidak asing untuk kita. Makanan wajib yang harus hadir di meja makan dalam hari-hari istimewa ini terbuat dari rumput laut. Dengan kaldu sapi, rumput laut direndam sebelum mendapatkan bumbu tambahan, seperti bumbu kecap, garam, minyak wijen, dan bawang putih. Berdasarkan budaya dan kepercayaan masyarakat Korea, makanan ini membawa keberuntungan untuk mereka yang menyantapnya, lho.

Nah, itulah 5 kuliner khas Korea yang ternyata halal. Dari kelima makanan tersebut, mana nih yang berencana kalian cicip terlebih dahulu? Yuk, kunjungi laman Instagram dan Facebook Media Edukasi Indonesia untuk mendapatkan informasi dan fakta-fakta unik lainnya ya!

Komentar
Artikel ini telah dibaca 19 kali

Baca Lainnya

Makanan Yang Laris Saat Bulan Puasa, Bisa Jadi Ide Bisnis!

22 Februari 2024 - 22:28 WIB

Rekomendasi Makanan Khas Semarang Yang Layak Anda Coba

16 Februari 2024 - 21:16 WIB

Rekomendasi Makanan Khas Semarang

Makanan Ini Menjadi Incaran Anak Kuliahan, Sudah Coba?

12 Oktober 2023 - 21:15 WIB

Makanan Incaran Mahasiswa

Makanan dan Minuman Ini Cocok Bagi Yang Sedang Flu

28 Agustus 2023 - 09:31 WIB

Makanan dan Minuma pereda flu

3 Makanan Olahan Tahu Yang Bisa Anda Coba di Rumah

26 Agustus 2023 - 09:23 WIB

3 makanan olahan tahu

Fakta Unik dan Asal Mula Bubur Sumsum yang Harus di pahami.

23 Agustus 2023 - 14:22 WIB

Fakta unik bubur sumsum
Trending di Kuliner