Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Kuliner · 26 Agu 2022 15:00 WIB ·

5 Masakan Khas Jawa yang Wajib Kamu Coba!


img:  instagram.com/nibble.food Perbesar

img: instagram.com/nibble.food

Masakan khas Jawa memang terkenal dengan cita rasanya yang lezat dan kaya akan rempah-rempah.

Nah, jika kamu tertarik dengan kuliner khas Jawa, yuk simak makanan khas Jawa yang bisa wajib kamu coba berikut ini. Mulai yang berkuah, gurih, manis, hingga yang segar-segar ada di sini, lho. So, check this out!

Gudeg

masakan khas jawa

img: instagram.com/nibble.food

Gudeg merupakan hidangan yang cukup populer di telinga orang-orang Indonesia. Makanan khas Yogyakarta ini terbuat dari nangka muda dengan kuah santan dan bumbu rempah-rempah pilihan. Maka dari itu, perlu waktu yang cukup lama, bahkan sampai berjam-jam untuk memasak sajian yang satu ini.

Bagi masyarakat Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Tengah, menyuguhkan gudeg saat hari-hari penting tiba adalah hal yang wajib.

Gudeg bisa kamu makan dengan nasi putih serta ayam kampung, telur, tahu, tempe, hingga yang familiar tentunya sambal goreng krecek.

Nasi Pecel

img: instagram.com/pudingsilky_nadine

Hingga kini, nasi pecel sering menjadi menu yang akan paling sering kamu jumpai jika kamu berada di Jawa Timur. Makanan yang berasal dari sambal kacang dengan aneka jenis sayuran ini memang sangat menggungah selera.

Dalam bahasa jawa, pecel dapat diartikan sebagai kata “tumbuk”, yang memiliki makna “dihancurkan dengan cara ditumbuk”. Hal itu sesuai dengan pembuatan sambal pecel sendiri, di mana cabe merah, bawang-bawangan, hingga gula ditumbuk dengan kacang tanah yang sudah digoreng.

Gethuk

img: twitter.com/dhiekang

Gethuk merupakan makanan khas Jawa yang terbuat dari singkong. Rasanya manis dengan tampilan warna unik. Umumnya, gethuk ini akan disajikan dengan parutan kelapa yang gurih.

Bila tertarik mecobanya, silakan cari ke pasar tradisional. Biasanya, pedagang gethuk juga menghadirkan menu tradisional lain seperti, cenil hingga klepon yang gak kalah enak.

Rawon

img: instagram.com/amazingmadiun

Jika tertarik menyantap makanan khas Jawa yang berkuah, rawon tampaknya bakal cocok, deh. Hidangan asal Surabaya ini berisi potongan daging sapi empuk dengan siraman kuah hitam dan kecambah di atasnya.

Biasanya, rawon disajikan bersama nasi putih hangat dan kerupuk udang. Untuk rasanya sendiri cenderung gurih dan segar. Jangan lupa minta tambahan telur asin di atasnya agar makin nikmat, ya.

Lontong Balap

img: instagram.com/kulinersby

Lontong balap tampaknya sudah gak asing bagi masyarakat Jawa Timur. Menu ini terdiri dari potongan lontong, tahu, tauge, lenthok, sambal, dan siraman kuah, dengan taburan bawang goreng.

Soal rasa tidak perlu kamu ragukan, lagi deh. Sensasi asin, gurih, dan manis bergoyang-goyang di dalam lidah. Menu ini dapat mudah ditemukan di seluruh wilayah Kota Surabaya.

Nah, itu dia 5 masakan khas Jawa yang wajib kamu coba. Jangan lupa kunjungi Instagram Media Edukasi Indonesia untuk mendapatkan informasi-informasi menarik lainnya, ya!

Komentar
Artikel ini telah dibaca 90 kali

Baca Lainnya

Makanan Yang Laris Saat Bulan Puasa, Bisa Jadi Ide Bisnis!

22 Februari 2024 - 22:28 WIB

Rekomendasi Makanan Khas Semarang Yang Layak Anda Coba

16 Februari 2024 - 21:16 WIB

Rekomendasi Makanan Khas Semarang

Makanan Ini Menjadi Incaran Anak Kuliahan, Sudah Coba?

12 Oktober 2023 - 21:15 WIB

Makanan Incaran Mahasiswa

Makanan dan Minuman Ini Cocok Bagi Yang Sedang Flu

28 Agustus 2023 - 09:31 WIB

Makanan dan Minuma pereda flu

3 Makanan Olahan Tahu Yang Bisa Anda Coba di Rumah

26 Agustus 2023 - 09:23 WIB

3 makanan olahan tahu

Fakta Unik dan Asal Mula Bubur Sumsum yang Harus di pahami.

23 Agustus 2023 - 14:22 WIB

Fakta unik bubur sumsum
Trending di Kuliner