Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Edukasi · 20 Okt 2022 15:00 WIB ·

5 Penyebab Waktu Belajar Berantakan, Jadi Tidak Efisien


img: pexels/Pixabay Perbesar

img: pexels/Pixabay

Banyak pelajar atau mahasiswa yang waktu belajarnya tidak beraturan karena berbagai sebab. Salah satunya karena tidak konsisten dan suka menunda-nunda. Nah, jika waktu belajarmu sering kacau, barangkali disebabkan lima penyebab waktu belajar berantakan berikut ini.

1. Suka menunda-nunda waktu belajar

Menyisihkan waktu untuk beajar memang bukan suatu hal yang mudah. Seringkali waktu belajar jadi sia-sia akibat hal yang tidak penting.

Kebiasaan menunda-nunda inilah yang dapat menyebabkan waktu belajarmu jadi kacau. Semakin kamu menunda-nunda waktu belajar, semakin pula kamu enggan melakukannya. Akibatnya, kamu malah tidak belajar sama sekali, deh.

Untuk itu, mulai sekarang berhenti menunda-nunda waktu belajar, ya!

2. Tidak konsisten melakukan jadwal belajar

Konsisten adalah salah satu kunci penting untuk mencapai keberhasilan belajar. Namun, tidak sedikit pula yang susah menerapkan konsistensi ini.

Jika kamu seorang pelajar atau mahasiswa, alangkah baiknya mulai memperhatikan konsistensi belajar ini, ya. Hal ini sangat penting karena tidak konsisten menepati jadwal belajar merupakan salah satu sebab waktu belajar jadi berantakan.

3. Metode belajar yang tidak tepat

Setiap individu memiliki cara belajar yang berbeda-beda. Beberapa orang lebih memahami materi dengan praktik secara langsung. Beberapa diantaranya lebih nyaman belajar dengan membaca penjelasan.

Salah satu alasan waktu belajar sering berantakan adalah karena cara belajarmu yang kurang tepat. Pada akhirnya, tidak ada satu pun materi yang kamu pahami akibat cara belajar yang tidak sesuai dengan dirimu.

4. Tidak fokus belajar

Berkonsentrasi penuh saat belajar merupakan hal yang wajib. Pikiran yang berkonsentrasi penuh membuatmu lebih mudah memahami materi yang kamu pelajari. Namun sayangnya, sebagian orang justru belajar sambil melakukan aktivitas lainnya, sehingga tidak fokus dengan proses pembelajaran.

Oleh karena itu, bagi kamu yang sering melakukan hal tersebut, sebaiknya jangan melakukannya lagi, ya!

Nah, itu dia beberapa penyebab waktu belajar berantakan. Agar belajarmu efektif dan efisien, segera hindari hal tersebut, ya!

Jangan lupa kunjungi laman Instagram dan Facebook Media Edukasi Indonesia untuk mendapatkan informasi dan fakta-fakta menarik lainnya!

Komentar
Artikel ini telah dibaca 162 kali

Baca Lainnya

Faktor Yang Mempengaruhi Terjadinya Hambatan Mobilitas Sosial

23 April 2024 - 21:24 WIB

Kena Blacklist di UTBK SNBT 2024, Berikut 7 Penyebabnya!

22 April 2024 - 20:17 WIB

Tips dapat nilai bagus

Enterprise Resource Planning: Kenali Komponen dan Manfaatnya

20 April 2024 - 21:39 WIB

Enterprise Resource Palnning

Pengertian Akronim dan Perbedaannya dengan Singkatan

16 April 2024 - 19:19 WIB

Pengertian Akronim

Mengenal Turnover dan Cara Mengatasinya.

14 April 2024 - 20:33 WIB

Mengenal Turnover

Perbedaan Marketing dan Sales: Pahami Peran dan Kontribusinya

13 April 2024 - 20:19 WIB

Perbedaan Marketing
Trending di Edukasi