Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Life Hack · 6 Mei 2023 12:00 WIB ·

5 Tahap Melaporkan Penipuan Online ke Kantor Polisi


Img: pexels-ron-lach- Perbesar

Img: pexels-ron-lach-

5 Tahap Melaporkan Penipuan Online ke Kantor Polisi –Dalam kehidupan sehari-hari pasti sering kita jumpai tindak kriminal yang ringan maupun berat. Sayangnya masih banyak korban yang belum tahu cara melaporkan kasus yang menimpanya. Apalagi di tengah maraknya kemajuan teknologi pasti ada saja orang yang memanfaatkan teknologi untuk keuntungan pribadi. Salah satunya kasus penipuan online yang banyak terjadi di Indonesia. Modusnya beragam, mulai dari menyebar link fishing, jual beli online, dan masih banyak lagi lainnya.

Penipuan semacam ini sudah mulai merambah ke aplikasi pesan, WhatsApp, lho. Maka kamu harus lebih waspada saat menerima pesan dari orang asing dan tidak sembarangan mengklik link yang mereka kirim. Kasus ini berkali-kali viral dalam bentuk yang berbeda. Oleh karena itu, kamu perlu waspada saat mentransfer uang secara online. Sudah banyak orang mengalami kerugian karena bertransaksi secara online.

Dalam melaporkan penipuan bisa kamu lakukan secara online ataupun datang langsung ke kantor polisi. Jadi, kamu bisa melaporkan kasus penipuan secara online melalui situs resmi pemerintah dan situs lain untuk mendapatkan informasi lain yang diperlukan.

5 Tahap Melaporkan Penipuan Online ke Kantor Polisi

Nah, berikut ini cara melaporkan penipuan online ke kantor polisi. Buat kamu yang penasaran, yuk, simak artikelnya sampai habis!

Siapkan barang bukti yang akurat

Langkah pertama, kamu harus mengumpulkan semua bukti yang mengacu pada kasus penipuan online yang menimpamu. Bukti tersebut bisa berupa tangkapan layar (screenshot) percakapan teks, rekaman suara, video, foto, link, atau benda lain yang berhubungan dengan kasus dan pelaku. Bukti-bukti tersebut dijadikan satu dalam maps atau flashdisk dan alat simpan digital lain.

Pergi ke kantor polisi terdekat

Setelah membawa bukti yang lengkap, segeralah datang ke kantor polisi. Sebaiknya datangi kantor tingkat polres untuk menangani kasus kejahatan siber.

Carilah ruangan SPKT

Setelah tiba di kantor polisi, langsung menuju resepsionis atau tempat serupa untuk menanyakan ruangan SPKT atau Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu. Setelah itu, sampaikan laporan dan bukti yang kamu bawa pada petugas.

Ceritakan sejujurnya pasa petugas

Petugas kemudian akan mengajukan beberapa pertanyaan penting yang berhubungan dengan laporan kamu. Jawablah pertanyaan-pertanyaan tersebut dengan jujur. Lalu kemudian laporan yang sudah diketik akan dicetak sebagai bukti laporan.

Tunggu pemberitahuan selanjutnya

Setelah laporan kamu dibuat, tunggu pemberitahuan lanjutan dari polisi. Ikuti prosedur yang berlaku dan percayakan semua pada polisi.

 

Yuk, kunjungi laman Instagram dan Facebook Media Edukasi Indonesia untuk mendapatkan informasi dan fakta-fakta unik lainnya ya!

 

Komentar
Artikel ini telah dibaca 4 kali

Baca Lainnya

Fakta Menarik Gunung Marapi, Tempat Favorit Mendaki Gunung

7 Desember 2023 - 20:43 WIB

Fakta Menarik Gunung Marapi

Life Hack Sosial Media Yang Bermanfaat Bagi Mahasiswa

10 November 2023 - 21:14 WIB

Life Hack Sosial Media

Introvert dan Ekstrovert, Kenali Perbedaannya.

15 September 2023 - 11:08 WIB

Introvert dan Ekstrovert

4 Game Typing Seru Untuk Menguji Kecepatan Mengetik

18 Juli 2023 - 12:00 WIB

4 Mata Uang Terendah di Dunia

3 Juli 2023 - 18:00 WIB

4 Mata Uang Terendah di Dunia

Tanda-Tanda Kamu Kurang Mendukung Diri Sendiri

9 Juni 2023 - 12:00 WIB

Tanda-Tanda Kamu Kurang Mendukung Diri Sendiri
Trending di Life Hack