Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Edukasi · 17 Nov 2022 18:00 WIB ·

Tips Atasi Burnout untuk Jaga Mental Health


Img: Pexels/Nataliya-Vaitkevich Perbesar

Img: Pexels/Nataliya-Vaitkevich

5 Tips Atasi Burnout untuk Jaga Mental Health –Burnout merupakan salah satu aktivitas yang menyebabkan seseorang mengeluarkan banyak energi. Apalagi jika tidak didukung oleh lingkungan kerja yang positif, yang seringkali berujung pada burnout.

Sebelum itu, kamu harus mengetahui gejala umum yang dialami pekerja yang mengalami burn out atau stres.

Salah satu gejala yang paling umum adalah perasaan tidak nyaman saat akan memulai aktivitas karena membayangkan kesulitan dan kekhawatiran yang mungkin terjadi di tempat kerja.

5 Tips Atasi Burnout untuk Jaga Mental Health

Temukan masalah penyebab burnout

Menurut Hellosehat, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah menyelesaikan masalah yang sedang kamu hadapi.

Setelah kamu memahami apa yang menyebabkan kamu merasa stres, akan lebih mudah bagi kamu untuk menemukan solusi dari masalah yang sedang kamu hadapi. Jika kamu merasa stres, kamu dapat menggunakan kertas dan pensil untuk mencatat kemungkinan penyebab kelelahan kamu.

Tidak menolak emosi yang kamu rasakan

Ingatlah bahwa semua perasaan atau emosi kamu valid dan layak diterima. Ini berarti bahwa perasaan atau emosi kamu memang ada. Oleh karena itu, perlu tanggung jawab kamu untuk mengendalikan emosi ini sehingga kamu dapat memanfaatkan hari kamu sebaik-baiknya.

Manfaatkan waktu sebaik-baiknya

Memberi diri kamu waktu adalah cara lain untuk mengatasi kelelahan kerja. Beristirahat dan tidak memaksakan diri adalah salah satu pilihan.

Berikan 10 menit di antara pekerjaan untuk istirahat sejenak. Manfaatkan 10 menit ini dengan melakukan peregangan, membuat minuman di pantry, atau menelusuri berita menarik di media sosial.

Nikmati waktu libur untuk melakukan hal yang kamu inginkan

Banyak pekerja memilih bermalas-malasan saat tidak bekerja agar tidak tercekik. Bahkan di hari libur, kamu dapat meluangkan waktu untuk aktivitas ringan yang dapat membantu kamu menghidupkan kembali cinta yang lebih baik.

Contoh aktivitas untuk saya yang bisa kamu lakukan antara lain menyiapkan sarapan di pagi hari, berjalan-jalan di sekitar lingkungan, dan menghabiskan waktu bersama orang tersayang.

Jangan sia-siakan jatah cuti

Langkah terakhir yang bisa kamu ambil jika mengalami kejenuhan dan sulit diatasi adalah memanfaatkan gaji terkait pekerjaan.

Selama waktu luang kamu jauh dari pekerjaan, kamu dapat mengejar minat kamu, seperti pergi berlibur atau bertemu orang yang jarang kamu temui.

Saat ini, kamu akan dapat mengurangi semangat kamu untuk menjalani hidup karena kamu akan menemukan rasa hidup yang kamu cari selama ini.

Yuk, kunjungi laman Instagram dan Facebook Media Edukasi Indonesia untuk mendapatkan informasi dan fakta-fakta unik lainnya ya!

Komentar
Artikel ini telah dibaca 3 kali

Baca Lainnya

Ramadhan 2024: Berikut Tips Menjaga Kesehatan Di Bulan Puasa

21 Februari 2024 - 20:05 WIB

Ramadhan 2024

Apa itu Bootcamp? Kenali Manfaat dan Bedanya dengan Kuliah

19 Februari 2024 - 21:24 WIB

Apa itu Bootcamp

Jenis Makanan Yang Bisa Menambah Daya Ingat

19 Februari 2024 - 16:05 WIB

Jenis Makanan

Tips Atasi Rasa Kantuk Saat Di Dalam Kelas

18 Februari 2024 - 21:25 WIB

Tips Atasi Rasa Kantuk

Atasi Rasa Malas Belajar Dengan Mengikuti 3 Tips Ini, Yuk Simak!

17 Februari 2024 - 21:33 WIB

Atasi rasa mala

Menjadi Moderator Presentasi, Berikut Tips Yang Perlu Diperhatikan

17 Februari 2024 - 20:59 WIB

Apa itu Bootcamp
Trending di Edukasi