Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Tips dan Trik · 16 Apr 2023 12:00 WIB ·

5 Tips Tingkatkan Public Speaking, Auto Lancar!


Img: pexels-andrea-piacquadio Perbesar

Img: pexels-andrea-piacquadio

5 Tips Tingkatkan Public Speaking, Auto Lancar! –Tampil dan mempresentasikan sesuatu di depan banyak orang ternyata tidak sesederhana yang dibayangkan. Artikel ini akan membantu kamu meningkatkan keterampilan berbicara di depan umum untuk mengatasi kecemasan dan kegugupan kamu.

5 Tips Tingkatkan Public Speaking, Auto Lancar!

Public speaking sangat penting untuk karir kamu, terutama bagi kamu yang bekerja di bidang hubungan masyarakat atau di tingkat manajerial. Jadi, bagaimana kamu dapat meningkatkan keterampilan berbicara di depan umum? Yuk, simak sampai habis!

Belajar dari orang lain

Tidak perlu menjadi hebat pada awalnya untuk meningkatkan kemampuan berbicara di depan umum. Kamu bisa memulainya dengan mengamati public figure pilihan kamu yang berbicara di depan umum.

Pilih apa yang menurut kamu akan berhasil dan menghibur. Kamu dapat menonton konten podcast di YouTube. Perhatikan cara mereka berbicara: cepat dan lambat. Perhatikan juga bahasa tubuhnya. Periksa bagaimana para pembicara menguasai panggung.

Tulis poin-poin yang akan kamu sampaikan

Setelah menentukan siapa audiens atau lawan bicara, kita harus menentukan materi yang akan dikirim. kamu dapat menulis materi dalam poin-poin untuk lebih memahaminya. Selain itu, usahakan menggunakan kata-kata yang mudah dipahami untuk menyampaikan materi. Perlu dicatat bahwa tidak semua orang memiliki tingkat pemahaman yang sama.

Latihan berbicara

Meskipun kita berbicara dengan orang setiap hari, berbicara di depan umum adalah pengalaman yang berbeda. Cobalah membuat ulang materi yang ingin kamu bawakan. Ketika kamu benar-benar memahami dan menguasainya, kamu akan lebih tenang dan percaya diri.

Melatih vokal dan pernapasan

Selain mempelajari materi, penting juga untuk melatih teknik suara dan pernapasan kamu. Alasannya adalah ketika kamu gugup berada di atas panggung, kamu cenderung berbicara lebih cepat. Untuk menghindarinya, kamu bisa mencoba melatih pernapasan agar lebih tenang. Dengan cara ini, kamu dapat mengekspresikan sudut pandang kamu dengan cara yang lebih santai. Kamu bisa melakukannya sebelum meninggalkan ruangan. Latihan pernapasan perut dapat membantu kamu rileks.

Kenali audiens

Kamu tidak akan gugup jika mengobrol dan berbicara dengan sekelompok teman. Lantas, apa yang membedakan situasi ini dengan public speaking? Ya, inilah yang dimaksud dengan memahami dan mengenali publik. Ini akan meningkatkan kemampuan kamu untuk berbicara di depan umum.

Selalu berpikir positif

Sebelum kamu mulai berbicara di depan umum, pertama-tama kamu harus melepaskan diri dari ketakutan dan pikiran negatif yang mengganggu kamu. Ciptakan pikiran positif dengan memikirkan apa yang bisa dan tidak bisa kamu lakukan. Berpikir positif secara tidak langsung dapat meningkatkan kepercayaan pada diri sendiri, memastikan ingatan seseorang tidak luntur.

 

Skill ini begitu penting untuk kariermu, terutama buat kamu yang kerja sebagai public relations atau saat sudah menapak level managerial. Lantas, bagaimana cara meningkatkan skill public speaking? Yuk, simak rangkuman Glints berikut ini.

 

Yuk, kunjungi laman Instagram dan Facebook Media Edukasi Indonesia untuk mendapatkan informasi dan fakta-fakta unik lainnya ya!

Komentar
Artikel ini telah dibaca 10 kali

Baca Lainnya

Cara Mengenali Bakat dalam Diri Pribadi, Wajib Tahu!

25 Mei 2024 - 23:08 WIB

Tips Sukses Kuliah di Jurusan Teknik, Tertarik?

25 Mei 2024 - 21:29 WIB

Tips Memilih Kegiatan Ekstrakurikuler untuk Anak

20 Mei 2024 - 22:28 WIB

Tips Memilih kegiatan ekstrakurikuler

Tips Menjalani Masa Probation yang Perlu Anda Ketahui

9 Mei 2024 - 22:25 WIB

Tips Menjalani Masa Probation

Tips Menjadi Content Creator untuk Pemula, Di Jamin Cuan!

7 Mei 2024 - 22:14 WIB

Tips Menjadi Content Creator

Tips Hemat Budget Kuliah versi TelUtizen

7 Mei 2024 - 21:09 WIB

Sistem Ekonomi Campuran
Trending di Tips dan Trik