Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Teknologi · 5 Apr 2023 12:00 WIB ·

6 Negara Ini Melarang Penggunaan Tiktok


Img: tiktok.com Perbesar

Img: tiktok.com

6 Negara Ini Melarang Penggunaan Tiktok –-TikTok adalah aplikasi berbagi video asal China, merupakan salah satu platform media sosial paling populer saat ini. TikTok telah sangat populer hingga memiliki 1,051 miliar pengguna berusia di atas 18 tahun pada Januari 2023, menurut Data Reportal.

Dengan 113,3 juta pengguna, Amerika Serikat menjadi negara dengan pengguna TikTok paling aktif. Indonesia berada di urutan kedua dengan 109,9 juta pengguna. Terlepas dari kenyataan bahwa TikTok memiliki basis pengguna global yang besar, aplikasi tersebut tidak boleh beroperasi di beberapa negara. Mereka khawatir informasi pribadi pemilik akun media sosial tersebut akan dicuri dan dibagikan kepada pemerintah China.

TikTok telah membantah tuduhan tersebut. Namun, banyak negara masih mewaspadai aplikasi tersebut. Menurut Euronews, negara-negara berikut telah melarang penggunaan TikTok. Yuk, simak selengkapnya!

6 Negara Ini Melarang Penggunaan Tiktok

Inggris

Menteri Luar Negeri Inggris, Oliver Dowden mengumumkan larangan penggunaan TikTok pada perangkat resmi pemerintah pada 16 Maret 2023. Larangan tersebut berlaku sebagai tanggapan atas laporan Pusat Keamanan Siber Nasional Inggris, yang menemukan bahwa data pemerintah dapat digunakan oleh aplikasi tertentu, termasuk Tiktok.

Eropa

Penggunaan TikTok pada perangkat staf telah resmi menjadi aplikasi ilegal oleh Parlemen Eropa, Komisi Eropa, dan Dewan Uni Eropa, dengan alasan masalah keamanan siber. Larangan ini baru saja berlaku mulai 20 Maret 2023. Anggota parlemen dan staf juga harus menghapus aplikasi tersebut dari perangkat pribadi mereka.

Selandia Baru

Pada 17 Maret, Selandia Baru mengumumkan bahwa TikTok akan dihapus dari telepon anggota parlemen pemerintah mulai akhir Maret 2023. Tidak seperti di negara lain, larangan tersebut tidak akan berlaku untuk semua pegawai pemerintah, melainkan untuk sekitar 500 orang di kompleks parlemen. Rafael Gonzalez-Montero, Kepala Eksekutif Layanan Parlemen, menyatakan para pejabat dapat membuat peraturan khusus jika mereka membutuhkan TikTok untuk menjalankan tugas-tugas demokrasi.

Belgia

Pemerintah Belgia prihatin dengan keamanan dunia maya, privasi, dan penyebaran informasi yang salah dari aplikasi tersebut.

Denmark

Kementerian Pertahanan Denmark mengumumkan pada 6 Maret 2023 akan melarang penggunaan aplikasi TikTok di perangkat resmi negara sebagai tindakan keamanan siber. Keputusan ini diambil setelah Pusat Keamanan Siber negara Skandinavia tersebut menetapkan bahwa aplikasi tersebut mengandung risiko spionase.

Amerika Serikat

Meskipun memiliki pengguna terbanyak, Amerika Serikat telah menyatakan memiliki waktu 30 hari untuk menghapus aplikasi dari perangkat dan sistem federal. Larangan itu hanya berlaku untuk lembaga pemerintah, tetapi beberapa anggota parlemen AS menganjurkan larangan menyeluruh.

Yuk, kunjungi laman Instagram dan Facebook Media Edukasi Indonesia untuk mendapatkan informasi dan fakta-fakta unik lainnya ya!

Komentar
Artikel ini telah dibaca 12 kali

Baca Lainnya

Manfaat Perpustakaan Digital Bagi Pendidikan

23 Februari 2024 - 23:14 WIB

Manfaat Perpustakaan Digital

Ini Alasan Mengapa Anda Harus Beralih Ke Perpustakaan Digital

23 Februari 2024 - 21:04 WIB

Manfaat Perpustakaan Digital

Mengenal Istilah Domain & URL serta Pentingnya Untuk Bisnis

21 Februari 2024 - 17:55 WIB

Apa itu Instrumen Utang? Pahami Jenis serta Contohnya

15 Februari 2024 - 21:30 WIB

Manfaat Perpustakaan Digital

Pekerjaan Yang Berpeluang Di ganti dengan Robot, Siap-Siap Ya!

9 Februari 2024 - 22:37 WIB

Pekerjaan Yang Berpeluang Di ganti

Rekomendasi Tools AI Untuk Cek Grammar hingga Mencari Ide

9 Februari 2024 - 10:05 WIB

Rekomendasi Tools AI
Trending di Teknologi