Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Teknologi · 20 Feb 2023 13:00 WIB ·

7 Aplikasi Data Mining


Freepik : @freepik Perbesar

Freepik : @freepik

 Aplikasi Data mining – Dalam membatu dan melakukan data mining. Kalian pastinya membutuhkan suatu aplikasi untuk melakukan  prosesnya. Dengan itu akan membantu pekerjaan atau suatu kegiatan kalian lebih mudah. Dengan menggunakan aplikasi, dan data kalian sangat banyak, lebih mudah apabila kalian menggunakan bantuan aplikasi bukan?

Ada beberapa aplikasi data mining yang dapat kalian gunakan pada laptop atau PC kalian. Sangat banyak dan tersedia, dengan itu kalian dapat mendownload aplikasi yang kalian butuhkan untuk data mining. Sebelum itu apa sih itu data mining?. Data mining merupakan suatu proses penggalian atau pengumpulan informasi penting dari data yang besar, yang mana hasil dari data mining untuk mengidentifikasi pola, trend, serta data yang mana untuk menentukan suatu pengambilan keputusan.

Aplikasi yang sering digunakan oleh para praktisi. Bukan para praktisi saja, melainkan mahasiswa juga menggunakan aplikasi data mining untuk mata kuliah mereka. Berikut rekomendasi aplikasi-aplikasi data mining yang sering beberapa orang gunakan untuk mempermudah pekerjaan mereka.

Berikut 7 Aplikasi Data Mining

  1. Rapid Miner

Aplikasi data mining yang pertama yaitu Rapid Miner. Para praktisi dan beberapa orang pastinya sering menggunakan  Rapid Miner satu ini. Dengan kalian mengunakan aplikasi ini. kalian dapat melakukan text mining, yang mana untuk menganalisis teks, mengekstrak pola. Lalu kalian dapat menggabungkan dengan menggunakan metode statistik, database dan kecerdasan buatan.

Dengan menggunakan Rapid Miner ini, kalian dapat menggunakan berbagai fitur untuk melakukan analisis prediktif dengan cepat. Selain itu, dengan menggunakan aplikasi ini kalian dapat melakukan deep learning dan machine learning.

  1. Orange

Aplikasi yang kedua yaitu orange. Tidak kalah popular juga dengan Rapid Miner. Orange memiliki nama yang unik dan menarik, selain itu orange sangat cocok kalian gunakan untuk melakukan data mining atau machine learning.

Orange juga memeiliki fitur yang tidak kalah menarik dengan aplikasi lainnya. dengan menggunakan aplikasi orange ini kalian mendapat visualisasi tampilan yang bagus. Tidak heran jika ketika kalian mahasiswa menggunakan apliaksi orange ini. Karenanya, aplikasi ini sangat mudah jika kalian gunakan. Selain itu dengan menggunakan orange kalian dapat membuat keputusan cepat dan lebih singkat.

  1. Weka

Aplikasi yang ketiga yaitu Weka. Bagai kalian yang sudah terjun kedalam dunia data mining pastinya sudah tidak asing dengan aplikasi satu ini. Weka merupakan aplikasi yang sering digunakan saat ini, tidak kalah populer dari Rapid Miner dan Orange.

Weka juga memiliki fitur yang unggul. Yang mana keunggulan dari Weka sendiri memiliki fitur regression , fitur ini berfungsi untuk memperkirakan masa depan berdasarkan pola yang sudah terbentuk sebelumnya. Selain itu Weka juga memiliki fitur clustering yang mana berfungsi untuk pengelompokan suatu data kedalam class.

  1. KNIME

KNIME Sebuah aplikasi data mining yang biasanya digunakan untuk melakukan analisa data dan laporan.  Lalu KNIME ini memiliki fitur yang menarik juga, salah satunya yaitu scaling efficiency. Dengan menggunakan fitur itu kalian dapat lebih mudah dan cepat untuk menyelesaikan suatu pekerjaan. Selain itu aplikasi KNIME ini juga kalian dapat gunakan untuk suatu kebutuhan riset farmasi.

  1. SAS Data Mining

SAS data mining, atau singkatan dari Statistical Analysis System. Yanga mana kalian dapat mengunakan untuk pengoptimalan data dan text mining. SAS Data mining ini juga memiliki keunggulan yaitu memiliki arsitektur pemrosesan memori yang terdistribusi yang berskala.

  1. Rattle

Aplikasi yang keenam yaitu Rattle. Yang mana aplikasi handal dalam menjalankan suatu data mining sesuai kebutuhan. Dengan memanfaatkan kekuatan R statical Software . Selain itu Rettle juga memiliki fitur clustering yang mana dapat kalian gunakan untuk mengeleompokan clara, Kmeans, BiCluster, dan Hierarchical.

  1. Oracle Data Mining

Yang terakhir yaitu Oracle Data Mining. Yanga mana pada oracle data mining ini dapat kalian gunakan untuk klasifikasi data, prediksi dan analitik. Pada aplikasi ini memanfaatkan database sebagai kekuatan potensinya. Dengan menggunakan aplikasi ini kalian dapat membuat predikasi dengan baik dan target pelanggan terbaik.

 

Demikian rekomendasi aplikasi data mining, semoga bermanfaat bagi teman-teman mediaedukasi.id

 

Komentar
Artikel ini telah dibaca 112 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Curiga Di Hack Orang Lain, Lakukan Cara Ini di HP Anda

28 Maret 2024 - 21:42 WIB

Curiga di hack orang

Isi Daya iPhone 15 Lemot? Ini Solusinya

26 Maret 2024 - 19:21 WIB

Isi Daya IPhone

Kebiasaan Sepele Yang Bisa Merusak Baterai Laptop

26 Maret 2024 - 18:31 WIB

Kebiasaan Sepele

Tips Dapat Nilai Bagus pada Tes Skolastik UTBK SNBT

11 Maret 2024 - 21:30 WIB

Tips dapat nilai bagus

Cara Mudah Keluarkan Air Dari IPhone, Jangan Gunakan Hair Dryer

8 Maret 2024 - 22:50 WIB

Isi Daya IPhone

Apa itu CMS: Pengertian, Fitur, Fungsi, dan Jenis

6 Maret 2024 - 20:33 WIB

Apa itu CMS
Trending di Teknologi