Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Kuliner · 18 Mar 2023 18:00 WIB ·

7 Minuman Es Segar Khas Nusantara Untuk Buka Puasa


Img: Instagram/ @gandariacity Perbesar

Img: Instagram/ @gandariacity

7 Minuman Es Segar Khas Nusantara Untuk Buka Puasa –Tahukah kamu bahwa Indonesia memiliki berbagai macam menu berbuka takjil yang mantap banget tentunya sangat menggoda selera?

Salah satunya adalah minuman jenis es. Selama Ramadhan, kamu seharusnya tidak kesulitan menemukan menu berbuka puasa takjil ini, karena banyak sekali jenis minuman es segar khas Nusantara. Yuk, simak 7 minuman es segar khas Nusantara untuk buka puasa!

7 Minuman Es Segar Khas Nusantara Untuk Buka Puasa

Es teler

Es Teler dapat kita temukan di berbagai kota di seluruh Indonesia. Minuman ini biasanya berisi alpukat, buah naga, nangka, dan es serut. Semua bahan ini terdapat kuah yang terbuat dari air kelapa muda, susu kental manis, dan sirup gula.

Sup buah

Sup ini berisi berbagai bahan makanan yang menyegarkan, sesuai dengan namanya. Mangga, nata de coco, apel, cendol, anggur, rumput laut, sagu mutiaa, dan biji selasih adalah di antaranya. Bahan makanan dicuci dengan campuran krimer, gula, dan air yang telah dimasak sebelumnya.

Es doger

Es ini banyak terdapat di Cirebon dan daerah Jawa Barat lainnya. Tape, ketan hitam, daging kelapa, roti tawar, alpukat, dan sagu mutiara untuk membuat masakan ini. Semua bahan tersebut sebelumnya terendam dalam santan yang dicampur dengan es batu.

Es dawet

Es tradisional ini terdapat di pulau Jawa Indonesia. Cara membuat es dawet juga mudah. Sediaan kemudian dimasak hingga benar-benar matang dan tercampur rata. Cukup menggunakan saringan dengan air dingin di bagian bawah untuk membuat dawet. Santan dingin dan gula aren cair tercampur di atas dawet yang sudah jadi.

Es pisang ijo

Es ini merupakan minuman tradisional Makassar. Minuman es pisang ijo terkenal demikian karena pisang ini terlapisi tepung berwarna hijau. Bubur sumsum, ketan hitam, dan sagu mutiara juga dapat kamu gunakan. Santan dingin dan sirup dituangkan ke semua bahan. Meski berasal dari Makassar, Es Pisang Ijo banyak tersedia di seluruh Indonesia.

Es goyobod

Es goyobod sebagai saran untuk menu buka puasa selanjutnya. Minuman tradisional asal Garut, Jawa Barat ini sangat cocok untuk berbuka puasa. Rasa es goyobod yang manis berpadu dengan aneka isian buah membuat semakin nikmat untuk kita santap. Irisan melon, alpukat, mangga, dan buah-buahan lainnya biasanya bercampur dengan es batu serut dalam es goyobod.

Es podeng

Es podeng merupakan minuman tradisional Madura yang populer untuk berbuka puasa. Minuman tradisional terbuat dengan memutar gelas. Es podeng biasanya tersaji dengan susu kental manis dan berbagai isian seperti kacang tanah, agar-agar, dan buah-buahan lainnya.

 

Yuk, kunjungi laman Instagram dan Facebook Media Edukasi Indonesia untuk mendapatkan informasi dan fakta-fakta unik lainnya ya!

Komentar
Artikel ini telah dibaca 401 kali

Baca Lainnya

Makanan Yang Laris Saat Bulan Puasa, Bisa Jadi Ide Bisnis!

22 Februari 2024 - 22:28 WIB

Rekomendasi Makanan Khas Semarang Yang Layak Anda Coba

16 Februari 2024 - 21:16 WIB

Rekomendasi Makanan Khas Semarang

Makanan Ini Menjadi Incaran Anak Kuliahan, Sudah Coba?

12 Oktober 2023 - 21:15 WIB

Makanan Incaran Mahasiswa

Makanan dan Minuman Ini Cocok Bagi Yang Sedang Flu

28 Agustus 2023 - 09:31 WIB

Makanan dan Minuma pereda flu

3 Makanan Olahan Tahu Yang Bisa Anda Coba di Rumah

26 Agustus 2023 - 09:23 WIB

3 makanan olahan tahu

Fakta Unik dan Asal Mula Bubur Sumsum yang Harus di pahami.

23 Agustus 2023 - 14:22 WIB

Fakta unik bubur sumsum
Trending di Kuliner