Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Edukasi · 18 Okt 2024 20:13 WIB ·

Mengenal Passing Grade: Pengertian hingga Cara Menghitungnya


Ilustrasi Tes Intelegensi Umum (img; pixabay.com) Perbesar

Ilustrasi Tes Intelegensi Umum (img; pixabay.com)

Mengenal Passing grade bukanlah nilai tetap yang selalu sama, tetapi berubah-ubah tergantung pada beberapa faktor. Nilai ini di hitung berdasarkan peringkat nilai para peserta ujian. Dengan kata lain, passing grade bersifat relatif, karena bergantung pada hasil keseluruhan peserta ujian di satu periode seleksi. Jadi, semakin tinggi nilai rata-rata para peserta, semakin tinggi pula passing grade-nya.

Pengertian Passing Grade

Mengenal Passing Grade

Ilustrasi Ujian (img: pixabay.com)

Passing grade adalah nilai batas minimal yang harus di capai oleh seseorang untuk lulus atau di terima di suatu program, ujian, atau seleksi tertentu. Dalam konteks pendidikan, passing grade sering di gunakan oleh perguruan tinggi atau institusi pendidikan untuk menentukan kelulusan calon mahasiswa berdasarkan hasil ujian atau seleksi masuk. Nilai ini bisa bervariasi setiap tahun, tergantung pada tingkat persaingan, jumlah pendaftar, dan kapasitas daya tampung.

Manfaat Passing Grade

Mengenal Passing Grade

Ilustrasi Fokus Belajar (img: pexels.com by judit peter)

Passing grade memiliki sejumlah manfaat, baik bagi institusi pendidikan maupun peserta seleksi. Bagi institusi pendidikan, passing grade membantu dalam menentukan batas minimal kualitas calon mahasiswa yang akan diterima, sehingga memastikan bahwa mereka yang di terima memiliki kapabilitas akademik yang memadai. Ini juga mempermudah proses seleksi menjadi lebih terukur dan objektif. Bagi peserta ujian, passing grade bisa menjadi acuan untuk mempersiapkan diri dengan lebih baik.

Cara Menghitung Passing Grade

Tips Sukses Kerjakan Soal

Ilustrasi Tes Intelegensi Umum (img; pixabay.com)

Secara umum, passing grade di hitung berdasarkan perbandingan antara jumlah nilai total peserta ujian dan jumlah peserta yang mengikuti ujian. Namun, secara spesifik, perhitungan passing grade tidak selalu di publikasikan oleh institusi pendidikan karena melibatkan berbagai faktor internal.

Secara sederhana, passing grade dapat di perkirakan dengan cara menghitung skor total yang di peroleh dalam ujian, membandingkannya dengan nilai tertinggi, dan membandingkan posisi di antara seluruh peserta. Meski begitu, ini hanya sebatas estimasi, karena institusi pendidikan biasanya memiliki metode perhitungan yang lebih kompleks.

 

Dengan mengenal passing grade, calon peserta ujian bisa lebih mempersiapkan diri dan memiliki strategi yang lebih baik untuk mencapai target mereka.

Komentar
Artikel ini telah dibaca 0 kali

Baca Lainnya

Jurusan Kuliah Terunik di Dunia, Ada Konservasi hingga Komedi

17 Oktober 2024 - 21:07 WIB

Jurusan Kuliah Paling Menakutkan di Dunia, Apa Saja?

17 Oktober 2024 - 19:53 WIB

Jurusan Astronomi: Kenali Pengertian hingga Prospek Kerja

14 Oktober 2024 - 20:00 WIB

Perbedaan Artikel dengan Jurnal, Mahasiswa Wajib Tahu!

14 Oktober 2024 - 19:21 WIB

Perbedaan Artikel dengan Jurnal

Jurusan Sastra Korea: Kenali Mata Kuliah hingga Prospek Kerja

13 Oktober 2024 - 22:14 WIB

Doktor Honoris Causa: Kenali Pengertian hingga Proses Pemberian

13 Oktober 2024 - 21:12 WIB

Doktor Honoris Causa
Trending di Edukasi