Setelah mengenal apa itu AIDA, kali ini kamu perlu mengetahui cara memanfaatkan AIDA untuk membuat copywriting yang memikat.
Copywriting adalah proses atau teknik menulis konten yang digunakan untuk penjualan atau pemasaran sebuah brand atau produk.
Agar copywriting yang kamu buat dapat memikat konsumen, kamu bisa menggunakan formula AIDA.
Keempat komponen AIDA (Attention, Interest, Desire, dan Action) mampu mengubah halaman kosong menjadi konten yang berkesan, menarik minat, bahkan membuat orang lain menjadi terpengaruh setelah membaca tulisan atau konten tersebut. Berikut cara menerapkan formula AIDA dalam pembuatan konten copywriting yang memikat:
Attention
Attention atau perhatian adalah tahapan pertama dalam formula AIDA. Artinya, langkah awalmu adalah menarik perhatian calon pelanggan terlebih dahulu. Mereka harus menyadari keberadaan brand dan produkmu.
Perlu diingat, pastikan iklanmu relevan dengan target marketmu. Jangan sampai salah sasaran. Untuk itu, kamu harus mengidentifikasi buyer persona target marketmu lebih dulu.
Dengan mengenali siapa mereka dan apa saja minat mereka, langkah selanjutnya adalah menciptakan konten yang menarik perhatian mereka. Konten menarik ini bisa saja berisi pesan yang kontradiktif, provokatif, atau informatif.
Adapun tips menerapkan Attention:
- Menggunakan headline copywriting yang memikat.
- Video atau gambar yang menarik perhatian.
- Tata letak konten yang tepat.
Dalam tahap ini, hal yang paling utama adalah membuat headline yang memikat untuk menarik perhatian audience.
Interest
Setelah berhasil menarik perhatian, langkah selanjutnya adalah menarik minat calon pelanggan dengan membahas masalah yang mereka hadapi.
Untuk melakukan ini, tentu saja kamu perlu menggali lebih dulu permasalahan apa yang target marketmu alami.
Dengan mengenali permasalahan mereka dan menyajikan produk yang mereka butuhkan, mereka akan tertarik dan merasa membutuhkan produkmu.
Tips menggunakan interest:
- Sajikan informasi atau fakta
- Statistik
- Contoh studi kasus
- Sampaikan kondisi idealnya
- Alasan mengapa produkmu adalah yang mereka butuhkan.
Desire
Hampir sama dengan interest. Hanya saja, disini kamu perlu lebih menciptakan hubungan emosional dengan target marketmu.
Tips dalam menerapkan langkah Desire :
- Hindari tergesa- gesa menawarkan produk.
- Fokus pada manfaat, bukan fitur. Di sini kamu perlu menawarkan solusi dan benefit produkmu terlebih dahulu, bukan langsung berjualan. Hal ini bertujuan agar calon konsumen merasa kamu benar-benar mengerti permasalahan mereka.
Action
Tahap yang terakhir adalah aksi, artinya di sinilah kamu perlu memastikan pembaca melakukan aksi pengambilan keputusan.
Optimalkan di bagian ini dengan sebaik mungkin, apapun tindakan yang kamu harap dilakukan oleh target marketmu. Baik itu membeli produk, mendaftar, berlangganan email, atau chat otomatis ke WhatsApp.
Sederhananya, kamu akan menerapkan Call to Action atau CTA di tahapan ini.
Sesuai dengan fungsinya, kamu bisa menggunakan ajakan melakukan tindakan dengan kalimat persuasif dan dilengkapi dengan tombol CTA.
Contoh kalimat Action dalam formula AIDA :
- Slot terbatas, buruan borong sekarang juga!
- Diskon 90%, daftar sekarang sebelum ketinggalan!
- Ingin mendapat info lebih lanjut? Hubungi kontak di bawah ini, ya!
Nah, itu dia cara memanfaatkan AIDA untuk memnbuat copywriting yang memikat. Silakan coba dan nikmati hasil penjualanmu yang semakin tinggi.
Jangan lupa kunjungi laman Instagram dan Facebook Media Edukasi Indonesia untuk mendapatkan informasi dan fakta-fakta menarik lainnya!