Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Edukasi · 18 Jul 2022 14:00 WIB ·

Akreditasi Program Studi, Penting Atau Tidak?


Img: pixabay.com - Wokandapix Perbesar

Img: pixabay.com - Wokandapix

Hal paling utama yang sering camaba bingungkan salah satunya adalah ‘Harus kuliah jurusan apa, ya?”. Pertanyaan itu layaknya sudah sebagai makanan yang harus manusia makan tiga kali sehari. Nah, tahukah kamu, dalam memilih kampus untuk melanjutkan studi, selain akreditasi kampus, akreditasi prodi dalam kampus tersebut juga harus camaba pertimbangkan, lo! Bukan tanpa alasan, nyatanya akreditasi program studi atau prodi juga memberi banyak pengaruh pada karier masa depan seorang mahasiswa. Nah, berikut adalah 3 poin pentingnya akreditasi program studi!

 

1. Menentukan layak tidaknya program studi

Pertama, akreditasi prodi sangat menentukan layak tidaknya program studi di suatu perguruan tinggi atau kampus. Hal ini menunjukkan bahwa akreditasi yang tinggi merupakan bukti bahwa suatu prodi memang memiliki kualitas dan mutu pendidikan yang baik, sehingga layak untuk mahasiswa baru masuki. Dengan akreditasi yang tinggi, suatu prodi akan membantu mahasiswa meraih cita-cita dan impiannya pada kariernya di masa depan.

 

2. Menjamin mutu dan kualitas

Selanjutnya, akreditasi yang bagus juga menunjukkan suatu penjaminan bagusnya mutu dan kualitas dari prodi tersebut. Apabila mutu dan kualitas pendidikan yang tersampaikan pada mahasiswa dalam prodi tersebut baik, maka akreditasinya pun akan menunjukkan hasil yang sama. Akreditasi prodi ini merupakan hasil dari pencatatan kualitas dan mutu suatu prodi baik dalam bidang akademik maupun nonakademik.

 

3. Menjamin lulusan yang kompeten

Poin ketiga adalah tingginya atau baiknya akreditasi pada suatu prodi akan turut menjamin kualitas lulusan dari prodi tersebut. Dengan akreditasi yang tinggi, mahasiswa lulusan prodi itu akan mendapat suatu gelar sebagai lulusan yang berkualitas dan kompeten di bidangnya. Hal ini akan turut memengaruhi mahasiswa dalam mencari pekerjaan setelah lulus, lo! Baik perusahaan maupun instansi pemerintah akan melihat akreditasi kampus dan prodi dari pelamar. Dengan membawa gelar lulusan dari kampus dan prodi dengan akreditasi tinggi, kamu akan mendapat nilai tambahan sebagai kandidat, lo!

Nah, itulah pentingnya akreditasi program studi atau prodi untuk mahasiswa. Setelah memahami penjelasan di atas, tentunya kamu akan tahu bahwa memilih kampus dan prodi tidak hanya sekadar memilih. Namun, kamu perlu melakukan riset yang mendalam. Riset itu bertujuan agar pendidikan yang kamu pilih akan dapat berguna, bermanfaat, dan menjadi jalan yang lebih nyaman untuk kalian lalui di masa depan. Yuk, kunjungi laman Instagram dan Facebook Media Edukasi Indonesia untuk mendapatkan informasi dan fakta-fakta unik lainnya, ya!

Komentar
Artikel ini telah dibaca 13 kali

Baca Lainnya

Fungsi Sertifikat UTBK SNBT 2024, Daftar PTN hingga Beasiswa

13 Juni 2024 - 20:37 WIB

Manfaat Berlari Di Malam Hari, Bisa Kurangi Stress

12 Juni 2024 - 20:22 WIB

Tips Pulihkan Energi

Jurusan Arsitektur: Kenali Seluk Beluknya Sebelum Memilih

3 Juni 2024 - 21:42 WIB

Jurusan Arsitektur

Peluang Karir Bidang Metaverse, Ada Metaverse Storyteller

3 Juni 2024 - 21:06 WIB

Peluang Kerja Bidang Metaverse

Pilihan Prospek Kerja Teknik Sipil, Mana Yang Cocok?

31 Mei 2024 - 22:25 WIB

Tertarik Jurusan Game Application and Technology? Ini Alasannya

31 Mei 2024 - 20:56 WIB

Tertarik Jurusan Game
Trending di Edukasi