Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Tips dan Trik · 22 Jan 2023 18:00 WIB ·

Aktivitas Brain Training Sederhana untuk Menjaga Kecerdasan Otak


Img: Pexels/shvets-production Perbesar

Img: Pexels/shvets-production

Aktivitas Brain Training Sederhana untuk Menjaga Kecerdasan Otak —Kemampuan berpikir dan mengingat setiap orang berbeda-beda. Kecerdasan seseorang juga dipengaruhi oleh faktor aktivitas dan pola hidup sehari-hari. Memori dan kecerdasan sering menurun seiring bertambahnya usia.

Jika tidak ingin hal ini terjadi, ada cara untuk menghindarinya, salah satunya dengan mengonsumsi makanan sehat yang dapat membantu meningkatkan daya ingat dan kecerdasan otak.

Aktivitas Brain Training Sederhana untuk Menjaga Kecerdasan Otak

Berikut aktivitas yang dapat dilakukan oleh kita untuk membantu meningkatkan kecerdasan otak:

Belajar Memainkan Alat Musik

Mempelajari alat musik menjadi tantangan baru seiring bertambahnya usia. Memainkan alat musik, di sisi lain, memerlukan penggunaan berbagai bagian otak kamu.

Dimulai dengan pengolahan suara, gerakan, ingatan, dan penglihatan. kamu dapat belajar bermain gitar atau instrumen lain yang tersedia untuk kamu.

Mencoba rutinitas baru

Pada umumnya baik di sekolah, kuliah, maupun bekerja, orang-orang mengikuti rutinitas yang sama. Tubuh yang terlalu banyak berkecimpung dengan teknologi akan menyebabkan otak kamu berfungsi dengan cara yang monoton, tidak menghasilkan informasi baru.

Kamu dapat menambah atau mencoba rutinitas baru, seperti berkendara di jalan yang belum pernah kamu kendarai sebelumnya atau mengendarai kendaraan lain. Sekalipun perubahannya kecil, otak kamu akan mengenalinya dan menerima hal-hal baru.

Menyiapkan tiga menit setiap hari

Jika kamu cenderung panik, cobalah menyisihkan waktu tiga menit per hari untuk relaksasi.

Teknik ini dapat membantu kamu melatih otak kamu untuk berada dalam kondisi alfa dan merasa rileks secara sadar. Kamu bisa berlatih pernapasan dan hanya fokus pada pikiran kamu dalam tiga menit.

Menyusun puzzle

Ini adalah metode paling sederhana untuk mengembangkan kecerdasan otak. Menyusun teka-teki dapat membantu dengan memori jangka dan pemecahan masalah. Ternyata mengerjakan teka-teki dapat meningkatkan produksi dopamin, yang membantu suasana hati dan konsentrasi.

Belajar bahasa baru

Mempelajari hal-hal baru adalah cara terbaik untuk melatih otak. Mempelajari bahasa baru dapat mendorong otak untuk melangkah lebih jauh dari sebelumnya.

Belajar bahasa baru juga dapat membantu kamu meningkatkan daya ingat dan kreativitas. Saat kamu berbicara dalam beberapa bahasa, kamu dapat menggunakan perintah yang sama dari satu pekerjaan ke pekerjaan berikutnya, sehingga membuat kamu lebih produktif.

 

Yuk, kunjungi laman Instagram dan Facebook Media Edukasi Indonesia untuk mendapatkan informasi dan fakta-fakta unik lainnya ya!

Komentar
Artikel ini telah dibaca 3 kali

Baca Lainnya

Tips Maksimalkan Pengalaman Magang, Mahasiswa Harus Tahu!

26 Februari 2024 - 15:22 WIB

Tips Maksimalkan Peluang Magang

Ramadhan 2024: Berikut Tips Menjaga Kesehatan Di Bulan Puasa

21 Februari 2024 - 20:05 WIB

Ramadhan 2024

Tips Atasi Rasa Kantuk Saat Di Dalam Kelas

18 Februari 2024 - 21:25 WIB

Tips Atasi Rasa Kantuk

Definisi Mencangkok Tanaman dan Langkah-Langkahnya

15 Februari 2024 - 20:36 WIB

Definisi Mencangkok Tanaman

Tata Krama Saat Berbicara Seperti Apa? Simak Di Sini!

13 Februari 2024 - 22:03 WIB

Tata Krama Saat Berbicara

Tips Meningkatkan Kontribusi Mahasiswa Dikampus

3 Februari 2024 - 23:03 WIB

Tips Meningkatkan Kontribusi
Trending di Tips dan Trik