Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Edukasi · 12 Apr 2024 19:46 WIB ·

Aktivitas yang Di Lakukan saat Hari Lebaran 2024


Ilustrasi Maaf-Maafan Di Hari Lebaran (img: medcom.id) Perbesar

Ilustrasi Maaf-Maafan Di Hari Lebaran (img: medcom.id)

Hari Lebaran 2024 merupakan momen yang sangat di nantikan oleh umat Muslim di seluruh dunia. Setelah menjalani bulan Ramadan yang penuh dengan ibadah dan pengorbanan, saatnya untuk merayakan kemenangan dengan sukacita. Berikut adalah 7 aktivitas yang umum di lakukan saat Hari Lebaran 2024.

Aktivitas Yang Di Lakulan ialah Sholat Ied

Aktivitas Yang Di Lakukan

Sholat Ied (img: bekasikab.go.id)

Hari Lebaran tidak akan lengkap tanpa sholat Ied bersama di masjid atau lapangan terbuka. Umat Muslim berkumpul untuk melaksanakan sholat yang di lanjutkan dengan khutbah yang menginspirasi. Suasana semarak terasa dengan baju baru dan senyuman yang menghiasi wajah setelah menyelesaikan puasa selama sebulan penuh.

Berkumpul dengan Keluarga

Aktivitas Yang Di Lakukan

Kumpul Dengan Keluarga (img: viva.co.id)

Salah satu tradisi yang paling di nantikan saat Hari Lebaran adalah berkumpul dengan keluarga. Rumah di penuhi dengan kebahagiaan, tawa, dan aroma makanan lezat yang di sajikan untuk bersantap bersama. Moment ini menjadi ajang untuk menyatukan ikatan keluarga dan mempererat hubungan antar anggota keluarga.

Aktivitas Yang Di Lakukan Ialah Makan Bersama

Ilustrasi Makan Bersama di Momen Lebaran (img: tokopedia.com)

Makanan lezat dan kue-kue khas Lebaran menjadi primadona di meja makan saat Hari Lebaran. Dari ketupat, rendang, opor ayam, hingga kue-kue tradisional seperti kue nastar dan ketupat, semua tersedia untuk di nikmati bersama-sama. Momen ini tidak hanya tentang rasa, tetapi juga tentang berbagi dan menyatukan keluarga.

Aktivitas Yang Di lakukan ialah Salaman dan Maaf-Maafan

Aktivitas Yang Di Lakukan

Ilustrasi Maaf-Maafan Di Hari Lebaran (img: medcom.id)

Salah satu tradisi yang tak terpisahkan dari Hari Lebaran adalah saling memaafkan dan bersalaman. Setelah sebulan penuh menjalani ibadah, momen ini menjadi kesempatan untuk membersihkan hati dan memaafkan kesalahan orang lain. Suasana penuh kehangatan tercipta saat saling memohon maaf dan memaafkan.

Berziarah ke Makam

 

Hari Lebaran juga menjadi waktu yang tepat untuk berziarah ke makam keluarga dan sanak saudara yang telah meninggal. Umat Muslim mengunjungi makam untuk mendoakan dan mengenang para orang yang telah tiada. Ini juga merupakan pengingat akan keterbatasan hidup dan pentingnya memperbanyak amal shaleh.

Aktivitas Yang Di Lakukan dengan Memberikan Sedekah

Ilustrasi Memberi Sedekah (img: freepik.com)

Di Hari Lebaran, memberikan sedekah menjadi amalan yang sangat dianjurkan. Umat Muslim menyumbangkan sebagian rezeki mereka kepada yang membutuhkan sebagai bentuk kepedulian dan kebersamaan. Sedekah tidak hanya berupa uang, tetapi juga dapat berupa makanan, pakaian, atau bantuan lainnya untuk mereka yang membutuhkan.

Bersenang-senang dan Berlibur

Ilustrasi Berlibur (img: eraspace)

Setelah menjalani bulan Ramadan dengan penuh ketaatan, Hari Lebaran juga menjadi waktu untuk bersenang-senang dan berlibur bersama keluarga. Beberapa keluarga memilih untuk pergi berlibur ke tempat wisata, sementara yang lain memilih untuk menghabiskan waktu di rumah dengan berbagai kegiatan seru bersama keluarga.

 

Hari Lebaran 2024 adalah momen yang penuh makna dan kebahagiaan bagi umat Muslim di seluruh dunia. Dengan melaksanakan serangkaian aktivitas ini, mereka tidak hanya merayakan kemenangan setelah menjalani bulan Ramadan, tetapi juga mempererat ikatan kekeluargaan, memperdalam spiritualitas, dan meneguhkan komitmen untuk hidup bermakna dan berkah. Semoga Hari Lebaran tahun ini membawa kebahagiaan dan berkah bagi semua umat Muslim.

Komentar
Artikel ini telah dibaca 10 kali

Baca Lainnya

Kunci Sukses Membangun Karir di Industri Kesenian

25 Mei 2024 - 22:33 WIB

Mengenal Akuaponik: Pengertian, Komponen, dan Manfaatnya

23 Mei 2024 - 22:10 WIB

UKT Naik, Ini Strategi Mahasiswa Dalam Menyikapinya

21 Mei 2024 - 20:42 WIB

Ukt naik

Perbedaan Les Privat dan Bimbel Yang Perlu Dipahami

20 Mei 2024 - 21:44 WIB

Perbedaan Les Privat

Peran dan Fungsi Bimbingan Konseling dalam Pendidikan

19 Mei 2024 - 20:21 WIB

Tertarik Menjadi Script Writer? Pahami Seluk-beluknya!

19 Mei 2024 - 06:50 WIB

Tertarik Menjadi Script Writer
Trending di Edukasi