Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Edukasi · 31 Okt 2023 08:57 WIB ·

Alasan Mahasiswa Ikuti UKM: Menggali Manfaat Diluar Kuliah


Ilustrasi Mahasiswa (img: pexels.com by pixabay) Perbesar

Ilustrasi Mahasiswa (img: pexels.com by pixabay)

Kegiatan ekstrakurikuler atau Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) telah menjadi bagian integral dari kehidupan mahasiswa di berbagai perguruan tinggi di seluruh dunia. UKM adalah wadah yang menyediakan beragam kegiatan di luar kegiatan akademik, mulai dari olahraga, seni, hingga kegiatan sosial. Dalam artikel ini, kita akan membahas alasan mahasiswa ikuti UKM.

Alasan Mahasiswa Ikuti UKM untuk Pengembangan Diri

Alasan Mahasiswa Ikuti UKM

Ilustrasi Pengembangan Diri (img: pexels.com by christina morillo)

Salah satu alasan utama mahasiswa mengikuti UKM adalah untuk mengembangkan diri mereka. Di luar kelas, mereka memiliki kesempatan untuk mengasah keterampilan mereka di berbagai bidang. Misalnya, seorang mahasiswa yang bergabung dengan UKM seni dapat meningkatkan kreativitas dan keterampilan seni mereka, sedangkan mahasiswa yang aktif dalam UKM olahraga dapat mempertajam kemampuan fisik dan kesehatan mereka. Aktivitas-aktivitas ini membantu mahasiswa berkembang menjadi individu yang lebih baik dan berpengalaman.

Alasan Mahasiswa Ikuti UKM untuk Membangun Jaringan dan Hubungan Sosial

Alasan Mahasiswa Ikuti UKM

Ilustasi Hubungan Sosial (Img: pexels.com by pavel danilyuk)

Kegiatan di UKM juga memungkinkan mahasiswa untuk membangun jaringan sosial yang kuat. Mereka bertemu dengan teman-teman seangkatan yang memiliki minat dan hobi yang sama. Ini bukan hanya tentang menciptakan teman, tetapi juga membangun jaringan profesional yang dapat sangat berguna di masa depan. Mahasiswa dapat belajar dari satu sama lain, berkolaborasi dalam proyek, dan membangun hubungan yang dapat membantu mereka dalam karier mereka nanti.

Menyeimbangkan Kehidupan

Ilustrasi Belajar Dikelas (img: pexels.com by rdne stock project)

Kehidupan mahasiswa seringkali penuh dengan tekanan dari tugas-tugas akademik. UKM adalah peluang bagi mereka untuk meredakan stres dan menyeimbangkan kehidupan. Aktivitas-aktivitas seperti bermain musik, menari, atau bermain olahraga dapat menjadi pelarian yang menyegarkan. Ini membantu mahasiswa menjaga keseimbangan antara beban akademik dan kesejahteraan mental mereka.

Pengalaman Baru dan Keterampilan Khusus

Ilustrasi Keterampilan Mahasiswa (img: pexels.com by vlada karpovich)

Beberapa mahasiswa bergabung dengan UKM karena mereka tertarik untuk mencoba hal-hal baru. UKM menyediakan kesempatan untuk mencoba aktivitas yang belum pernah mereka coba sebelumnya. Misalnya, seseorang yang tidak pernah bermain musik dapat mencoba bergabung dengan band atau orkestra di UKM. Aktivitas-aktivitas ini dapat membantu mereka menemukan bakat dan minat baru.

Meningkatkan Peluang Karier

Ilustrasi Karier (img: pexels.com by sora shimazaki)

Aktivitas di UKM juga dapat meningkatkan peluang karier di masa depan. Aktivitas ekstrakurikuler menunjukkan kepada calon pemberi kerja bahwa seorang mahasiswa adalah individu yang berkomitmen, memiliki keterampilan interpersonal, dan mampu mengelola waktu dengan baik. Ini adalah aset berharga yang dapat membedakan mahasiswa dalam pasar kerja yang kompetitif.

 

Dalam rangka mengikuti UKM, mahasiswa mendapatkan lebih dari sekadar sertifikat atau pengakuan. Mereka memperoleh pengalaman berharga yang membentuk karakter, meningkatkan keterampilan, dan mempersiapkan mereka untuk menghadapi tantangan di dunia nyata. Oleh karena itu, tak heran banyak mahasiswa yang memilih untuk aktif dalam UKM selama masa kuliah mereka.

Komentar
Artikel ini telah dibaca 10 kali

Baca Lainnya

Kunci Sukses Membangun Karir di Industri Kesenian

25 Mei 2024 - 22:33 WIB

Mengenal Akuaponik: Pengertian, Komponen, dan Manfaatnya

23 Mei 2024 - 22:10 WIB

UKT Naik, Ini Strategi Mahasiswa Dalam Menyikapinya

21 Mei 2024 - 20:42 WIB

Ukt naik

Perbedaan Les Privat dan Bimbel Yang Perlu Dipahami

20 Mei 2024 - 21:44 WIB

Perbedaan Les Privat

Peran dan Fungsi Bimbingan Konseling dalam Pendidikan

19 Mei 2024 - 20:21 WIB

Tertarik Menjadi Script Writer? Pahami Seluk-beluknya!

19 Mei 2024 - 06:50 WIB

Tertarik Menjadi Script Writer
Trending di Edukasi