Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Teknologi · 7 Feb 2023 10:00 WIB ·

Analisis SWOT untuk Ide awal Bisnis


Pinterest : @pngtree Perbesar

Pinterest : @pngtree

 Analisis SWOT untuk Ide Awal Bisnis – Akhir-akhir ini banyak sekali dapat kita menemukan orang-orang di sekitar kita mungkin baik teman, kerabat, bahkan influencer yang sering kita lihat di media sosial banyak sekali yang mulai tertarik membangun bahkan sudah sukses membangun bisnisnya.

Dengan semakin menjamurnya usaha bisnis yang kelihatannya memiliki peluang yang cukup besar untuk dicoba. Tapi melihat banyaknya bisnis lain yang sudah ada, kita membutuhkan penilaian terhadap ide bisnis yang kita miliki. Ketika ide bisnis kita miliki lakukan analisis untuk selanjutnya. Analisis SWOT menjadi tolak ukur penilaian keberhasilan ide bisnis.

Apa itu Analisis SWOT ?

Analisis SWOT (Strengh, Weakness, Opportunity, Threats) merupakan sebuah metode yang biasa orang gunakan untuk melakukan pengujian ide bisnis berdasarkan point SWOT (Strengh, Weakness, Opportunity, Threats). Kita akan membahas sedikit lebih jauh mengenai Analisis SWOT pada artikel kali ini.

  1. Strength (Kekuatan)

Ide bisnis yang kita miliki perlu kita ketahui apa saja keunggulan yang bisa kita pasarkan dan berikan kepada target konsumen. Selain itu  dengan mengetahui dan menganalisis kelebihan yang kita miliki dengan begitu nantinya kita dapat bersaing dengan bisnis lain yang sudah ada sebelumnya.

  1. Weakness (Kelemahan)

Tahap selanjutnya kita harus mengetahui dan menganalisis kelemahan dari ide bisnis yang kita punya. Dengan begitu kita bisa melihat sebanyak apa kekurangan yang kita miliki dan seberapa sanggup kita untuk mengatasi kelemahan tersebut.

  1. Opportunity (Peluang)

Analisis dari Peluang yang ide bisnis kita miliki juga sangat penting untuk bahan pertimbangan. Pada point ini kita harus mengukur sebesar peluang yang kita miliki untuk nantinya bersaing dengan bisnis lain. Selain itu dengan mengetahui peluang yang ada, kita bisa mencoba untuk meningkatkan peluang bisnis sehingga nantinya bisa menambah keuntungan atau kelebihan dari ide bisnis yang kita miliki

  1. Threats (Ancaman)

Point Threats (Ancaman) ini juga sangat penting untuk kita pertimbangkan. Ancaman yang akan menjadi resiko jika ide bisnis ini kita kembangkan atau mungkin penyebabnya dari kelemahan (Weakness) yang sudah kita miliki lalu menjadi sebuah ancaman baru. Kita juga harus memastikan apakah Strengh (Kekuatan) yang kita miliki bisa mengatasi dari Ancaman yang ada.

Gunakanlah Analisis SWOT pada ide bisnis milikmu, tujuannya untuk meningkatkan keberhasilan pada pengembangan bisnis. Selanjutnya identifikasi dapat kamu lakukan baik faktor internal maupun eksternal. Dengan begitu faktor pendukung internal maupun eksternal pada bisnis juga dapat kita ketahui

Kamu yang ingin  mulai untuk pengembangan ide bisnis yang dimiliki ada baiknya lakukan analisis pada ide bisnis menggunakan metode SWOT. Dengan begitu nantinya dapat dilakukan indetifikasi faktor internal maupun eksternal. Serta didukung atau tidaknya pada bisnis yang akan dikembangkan

Salam,

Tim Media Edukasi

Komentar
Artikel ini telah dibaca 157 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Curiga Di Hack Orang Lain, Lakukan Cara Ini di HP Anda

28 Maret 2024 - 21:42 WIB

Curiga di hack orang

Isi Daya iPhone 15 Lemot? Ini Solusinya

26 Maret 2024 - 19:21 WIB

Isi Daya IPhone

Kebiasaan Sepele Yang Bisa Merusak Baterai Laptop

26 Maret 2024 - 18:31 WIB

Kebiasaan Sepele

Tips Dapat Nilai Bagus pada Tes Skolastik UTBK SNBT

11 Maret 2024 - 21:30 WIB

Tips dapat nilai bagus

Cara Mudah Keluarkan Air Dari IPhone, Jangan Gunakan Hair Dryer

8 Maret 2024 - 22:50 WIB

Isi Daya IPhone

Apa itu CMS: Pengertian, Fitur, Fungsi, dan Jenis

6 Maret 2024 - 20:33 WIB

Apa itu CMS
Trending di Teknologi