Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Edukasi · 17 Sep 2023 20:18 WIB ·

Apa Itu Digital Marketing? Kenali Manfaat dan Jenis-Jenisnya.


Img: pexels.com Perbesar

Img: pexels.com

Apa itu digital marketing? Dalam pengertiannya adalah suatu aktivitas pemasaran yang mempromosikan produk, layanan, dan jasa secara online baik itu melalui media sosial, hingga website. Apabila kita bandingkan dengan marketing biasa atau pemasaran secara konvensional, digital marketing jauh lebih banyak di minati oleh para pebisnis dan UMKM. Selain lebih fleksibel juga lebih hemat biaya karena tidak perlu membuat brosur, spanduk, dan metode konvensional lainnya. Penerapan pemasaran digital ini bertujuan agar memudahkan orang atau konsumen dalam mengakses produk yang di pasarkan. Berikut ini ada beberapa hal yang harus anda pahami terkait digital marketing mulai dari manfaat untuk bisnis, jenis, serta kelebihannya.

Apa itu Digital Marketing dari Sisi Manfaat?

  • Memberikan Informasi  Secara Detail.

Manfaat pertama ialah untuk mengetahui seberapa banyak kunjungan pada media pemasaran digital yang di gunakan. Selain itu, manfaat pemasaran digital ialah untuk mengetahui profil calon konsumen secara detail mulai dari usia, gender, hingga lokasi tempat tinggal. Dengan begitu, akan memudahkan kita untuk melakukan kegiatan promosi.

  • Hemat Biaya.

Seperti yang sudah di jelaskan sebelumnya bahwa digital marketing dapat menghemat biaya pengeluaran karena strategi pemasaran di lakukan pada platform seperti media sosial, ataupun melalui website. Dengan begitu, tujuan pemasaran akan tercapai dengan maksimal.

  • Meningkatnya Kepercayaan Konsumen.

Apabila bisnis anda memiliki situs atau website sendiri dan media sosial, tentu akan memudahkan calon konsumen dalam mencari informasi mengenai bisnis anda. Selain mempermudah konsumen dalam mencari informasi, juga dapat menumbuhkan kepercayaan karena calon konsumen bisa mengetahui sepak terjang bisnis anda dan produk layanan yang di tawarkan.

  • Arah dan tujuan bisnis lebih jelas.

Dan manfaat yang terakhir ialah agar bisnis menjadi terarah dan lebih jelas tujuannya. Karena dengan pemasaran digital menjadi lebih mudah mendapatkan konsumen, mengatur strategi pemasaran, hingga meningkatkan penjualan.

Jenis-Jenis Pemasaran Digital.

  • Sosial Media.

Kehadiran sosial media tidak hanya sebagai ajang untuk memposting gambar, pesan, dan video saja tetapi untuk aktivitas berbisnis. Bahkan sebagian besar kini menggunakan sosial media untuk meningkatkan brand awareness pada bisnisnya. Sosial media kini di sediakan khusus seperti Facebook Business, instargam bisnis, twitter bisnis, whatsapp bisnis, hingga tiktok shop untuk mempermudah anda dalam melakukan promosi produk.

  • Search Engine Optimation.

Jenis digital marketing ini memungkinkan anda agar tautan situs bisnis muncul di halaman pertama google. Semua bisnis apalagi yang sudah memiliki website sendiri tentunya menginginkan situsnya muncul di peringkat pertama mesin pencarian agar calon konsumen dengan mudah. SEO bisa di lakukan dengan cara menyisipkan kata kunci yang relevan dengan artikel bisnisnya.

  • Email Marketing.

Sebagai pengguna email baik itu google mail (Gmail) maupun yahoo mail tentu beberapa kali bahkan sering mendapatkan email marketing dari perusahaan. Ini menjadi salah satu jenis digital marketing yang sering di pergunakan oleh perusahaan. Promosi melalui email ini di lakukan setelah perusahaan mendapatkan database calon konsumen potensial yang nantinya akan di jelaskan promosi apa yang di tawarkan pada bisnis tersebut.

  • Online Advertising.

Jenis digital marketing yang terakhir ialah iklan online atau online advertising. Dalam pengertiannya, iklan online merupakan suatu bentuk promosi melalui platform digital seperti aplikasi, website, hingga sosial media yang bisa di akses secara online. Iklan online mempunyai beberapa jenis seperti native ads, display ads, sosial media ads, search engine marketing, hingga video ads. Manfaat iklan online ini sama halnya dengan jenis digital branding lainnya yaitu meningkatkan brand awareness.

Komentar
Artikel ini telah dibaca 80 kali

Baca Lainnya

Perbedaan Les Privat dan Bimbel Yang Perlu Dipahami

20 Mei 2024 - 21:44 WIB

Perbedaan Les Privat

Peran dan Fungsi Bimbingan Konseling dalam Pendidikan

19 Mei 2024 - 20:21 WIB

Tertarik Menjadi Script Writer? Pahami Seluk-beluknya!

19 Mei 2024 - 06:50 WIB

Tertarik Menjadi Script Writer

Mengenal Pantomim: Pengertian, Ciri-Ciri, dan Teknik Dasar

18 Mei 2024 - 21:46 WIB

Mengenal Pantomim

Sistem Ekonomi Campuran: Pengertian dan Ciri-cirinya

16 Mei 2024 - 20:57 WIB

Kebijakan Fiskal Kontraktif

Manfaat Study Tour yang Bisa Didapatkan Siswa

15 Mei 2024 - 22:47 WIB

Manfaat Study Tour
Trending di Edukasi