Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Edukasi · 8 Jul 2022 14:00 WIB ·

Apa itu Double Degree? Mahasiswa Harus Tahu!


Img: pixabay.com -  Andrew Tan Perbesar

Img: pixabay.com - Andrew Tan

Akhir-akhir ini istilah dalam dunia perkuliahan semakin bertambah. Hal itu wajar mengingat bahwa ilmu pengetahuan pun terus berkembang seiring berjalannya waktu. Karena itulah, dunia pendidikan pun semakin berkembang pesat. Salah satu istilah dalam dunia perkuliahan yang cukup mengundang atensi berlebih adalah istilah double degree. Istilah double degree itu apabila kita lihat ke puluhan tahun yang lalu mungkin masih sangat asing, tetapi saat ini istilah itu sudah bisa kita dengar dari mulut ke mulut hingga dari layar ponsel kita. Namun, tahukah kalian, khususnya para sobat mahasiswa, apa itu double degree? Kira-kira kegiatan yang semacam apa yang ada di balik istilah double degree itu? Yuk, obati rasa penasaran kalian dengan menyimak penjelasan di bawah ini!

 

Pengertian

Double degree adalah istilah yang merujuk pada sebuah program perkuliahan yang memberi kesempatan pada seorang mahasiswa untuk meraih dan memiliki dua gelar akademis dalam satu periode studi. Dua gelar tersebut akan mahasiswa dapatkan dari kampus dalam negeri dan kampus luar negeri yang bekerja sama dengan kampus dalam negeri. Jadi, teruntuk kamu yang ingin mengambil program ini, pastikan kampus dalam negeri yang kamu tuju memang memiliki kerja sama dengan kampus luar negeri. Memastikan hal itu sangat wajib, karena tidak semua kampus dalam negeri memiliki program double degree. 

Keberadaan program ini memang ada untuk mahasiswa-mahasiswa tertentu, yaitu mahasiswa yang ingin melanjutkan studi di luar negeri, tetapi tidak ingin menghabiskan banyak waktu di luar negeri dan mahasiswa yang memang bercita-cita untuk meniti karier profesional di luar negeri. Nah, dengan adanya program ini, mahasiswa Indonesia memiliki kesempatan untuk memiliki standar internasional sehingga bisa bersaing di kancah internasional atau secara global.

 

Manfaat

1. Mendapatkan dua gelar dalam satu periode studi

Dengan mengikuti program ini, kamu akan berkesempatan mendapatkan dua gelar sekaligus dalam satu periode studi. Dua gelar tersebut adalah gelar dalam negeri dan gelar luar negeri atau internasional.

2. Berkesempatan memiliki jaringan pertemanan yang luas

Salah satu manfaat mengikuti program ini adalah kamu bisa memiliki jaringan pertemanan yang luas, baik dari kampus dalam negeri maupun kampus luar negeri. Wah, keren banget, ya!

3. Mengasah keterampilan berbahasa asing

Teruntuk mahasiswa yang mengikuti program ini, kemampuan berbahasa asing yang baik memang wajib hukumnya. Karena itulah, dengan mengikuti program ini, mau tidak mau ia harus mengasah keterampilan berbahasa asing yang nantinya akan semakin berkembang mengingat bahwa mahasiswa tersebut juga harus berkuliah di luar negeri.

Itulah penjelasan terkait apa itu double degree. Setelah tahu pengertian dan manfaat dari program double degree, apakah kamu berminat mengikuti program ini? Yuk, kunjungi laman Instagram dan Facebook Media Edukasi Indonesia untuk mendapatkan informasi dan fakta-fakta unik lainnya ya!

Komentar
Artikel ini telah dibaca 15 kali

Baca Lainnya

Faktor Yang Mempengaruhi Terjadinya Hambatan Mobilitas Sosial

23 April 2024 - 21:24 WIB

Kena Blacklist di UTBK SNBT 2024, Berikut 7 Penyebabnya!

22 April 2024 - 20:17 WIB

Tips dapat nilai bagus

Enterprise Resource Planning: Kenali Komponen dan Manfaatnya

20 April 2024 - 21:39 WIB

Enterprise Resource Palnning

Pengertian Akronim dan Perbedaannya dengan Singkatan

16 April 2024 - 19:19 WIB

Pengertian Akronim

Mengenal Turnover dan Cara Mengatasinya.

14 April 2024 - 20:33 WIB

Mengenal Turnover

Perbedaan Marketing dan Sales: Pahami Peran dan Kontribusinya

13 April 2024 - 20:19 WIB

Perbedaan Marketing
Trending di Edukasi