Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Teknologi · 17 Jul 2022 12:00 WIB ·

Apa itu Google Lens? Pengertian dan Fitur-Fiturnya


Img: play.google.com Perbesar

Img: play.google.com

Setelah berhasil menjadi sebuah perusahaan raksasa, Google tidak lantas berhenti mengembangkan teknologi, inovasi, dan layanan-layanannya. Google masih terus mengembangkan layanan-layanan baru yang keberadaannya akan sangat membantu manusia, khususnya para pengguna. Dengan layanan-layanan baru, Google memberi kesempatan untuk para pengguna menikmati kemajuan teknologi bersama. Nah, salah satu layanan Google yang keberadaannya sangat membantu para pengguna adalah Google Lens. Keberadaan Google Lens ini memberi banyak manfaat melalui fitur-fitur yang ia miliki. Namun, ternyata masih banyak pengguna Google yang tidak menyadari keberadaan layanan ini, lo. Nah, apabila kamu adalah salah satu dari pengguna Google yang belum tahu apa itu Google Lens, yuk, simak penjelasannya di bawah ini!

 

Pengertian

Google Lens adalah layanan yang Google miliki yang membantu pengguna untuk mengenali gambar. Pengenalan gambar tersebut dapat menghasilkan informasi terkait objek yang berhasil teridentifikasi. Kerennya lagi, ternyata analisis yang berlangsung menggunakan Google Lens merupakan hasil analisis visual berdasarkan jaringan saraf. Dengan layanan ini, pengguna bisa mendapatkan banyak kemudahan yang tidak terbayangkan sebelumnya. Layanan ini bisa pengguna gunakan hanya dengan kamera ponsel dan aplikasi Google Lens sendiri tentunya.

 

Fitur-Fitur

Saat membuka Google Lens, layanan ini akan menyajikan beberapa menu kepada pengguna. Menu-menu tersebut antara lain adalah sebagai berikut.

  1. Terjemahan

Pada menu ini pengguna bisa mengarahkan kamera ke arah teks untuk proses penerjemahan. Layanan ini juga memungkinkan pengguna menggunakan deteksi bahasa untuk penerjemahan selayaknya pada Google Terjemahan. 

  1. Teks

Pengguna dapat mengambil foto pada teks yang ingin pengguna salin nantinya. Jadi, teks yang ada dalam foto akan tersalin dalam bentuk teks.

  1. Telusuri

Menu ini membantu pengguna yang ingin menelusuri lebih lanjut mengenai suatu objek atau benda. Pengguna dapat mengambil foto objek tersebut, lalu klik ikon pencarian. Dengan cepat, hasil pencarian dari gambar tersebut akan muncul.

  1. Belajar

Keempat ada menu belajar. Menu ini biasa pelajar manfaatkan untuk mencari bantuan pada tugas atau pekerjaan rumah.

  1. Belanja

Kelima adalah menu belanja yang bisa pengguna manfaatkan untuk mengambil foto produk atau kode batang.

  1. Tempat

Berikutnya ada fitur tempat. Pengguna dapat mengarahkan kamera pada gedung untuk mengetahui detailnya di Google Maps.

  1. Makan

Adanya menu makan ini akan membantu pengguna untuk menemukan restoran yang cocok untuk menu makanan atau minuman yang pengguna inginkan.

Nah, itulah penjelasan mengenai apa itu Google Lens. Yuk, kunjungi laman Instagram dan Facebook Media Edukasi Indonesia untuk mendapatkan informasi dan fakta-fakta unik lainnya, ya!

Komentar
Artikel ini telah dibaca 369 kali

Baca Lainnya

Rekomendasi Tablet Yang Cocok Buat Mahasiswa

26 Juni 2024 - 19:58 WIB

Rekomendasi Tablet

Tips Membuat Prompt ChatGPT yang Efektif

22 Juni 2024 - 20:13 WIB

Rekomendasi Tolls AI

Curiga Di Hack Orang Lain, Lakukan Cara Ini di HP Anda

28 Maret 2024 - 21:42 WIB

Curiga di hack orang

Isi Daya iPhone 15 Lemot? Ini Solusinya

26 Maret 2024 - 19:21 WIB

Isi Daya IPhone

Kebiasaan Sepele Yang Bisa Merusak Baterai Laptop

26 Maret 2024 - 18:31 WIB

Kebiasaan Sepele

Tips Dapat Nilai Bagus pada Tes Skolastik UTBK SNBT

11 Maret 2024 - 21:30 WIB

Oxford University
Trending di Teknologi