Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Edukasi · 12 Jul 2022 13:00 WIB ·

Apakah Jas Almamater Itu Penting? Yuk, Simak di Sini!


Img: pixabay.com - Naassom Azevedo Perbesar

Img: pixabay.com - Naassom Azevedo

Sebagai mahasiswa, istilah jas atau jaket almamater pasti sudah tidak asing. Biasanya, setelah menyelesaikan kegiatan pengenalan kampus, seperti ospek untuk mahasiswa baru, mahasiswa akan menerima jaket almamater ini beserta beberapa kelengkapan lain, seperti dasi, topi, KTM, dan lain sebagainya tergantung tiap perguruan tinggi. Nah, pernahkah kalian berpikir apakah jas almamater itu penting? Yuk, temukan jawabannya di bawah ini.

 

Fungsi

Untuk mendapatkan jawaban atas penting tidaknya suatu jaket almamater, kita harus tahu apa saja fungsi dari jaket almamater itu. Berikut adalah fungsi-fungsi jaket almamater.

1. Sebagai sebuah identitas

Fungsi pertama dari jas almamater adalah sebagai sebuah identitas Hal ini berarti, sebuah jaket atau jas almamater menjadi sebuah tanda pengenal bagi mahasiswa bahwa mahasiswa tersebut merupakan mahasiswa dari sebuah perguruan tinggi tertentu. Sebagai contoh, saat berada dalam forum bersama atau suatu acara perkumpulan mahasiswa bersama mahasiswa luar kampus, jaket almamater berfungsi untuk menandakan seorang mahasiswa berasal dari perguruan tinggi mana.

2. Sebuah simbol kebanggaan

Berikutnya adalah sebagai simbol kebanggaan. Jaket almamater merupakan bukti seorang mahasiswa menjadi mahasiswa dari sebuah perguruan tinggi tertentu. Nah, untuk memasuki perguruan tinggi dan diakui secara resmi sebagai seorang mahasiswa di sana, pasti membutuhkan perjuangan yang tidak singkat bukan? Karena itulah, dengan adanya jaket almamater ini, suatu perasaan bangga akan keberadaan dirinya di perguruan tinggi pasti mahasiswa rasakan.

3. Menyimbolkan tanggung jawab

Saat mengenakan jaket almamater dalam acara-acara tertentu, hal itu berarti mahasiswa harus siap mempertanggungjawabkan tiap perbuatannya. Itu terjadi karena saat mengenakan jaket almamater, seorang mahasiswa berarti sedang membawa nama baik kampus atau perguruan tingginya. Jadi, sebisa mungkin mahasiswa menjaga perilakunya agar tetap sesuai dengan kaidah atau norma-norma yang berlaku di masyarakat.

 

Jas almamater, penting atau tidak?

Setelah mengetahui fungsi jaket almamater di atas, kita dapat tahu bahwa jas atau jaket almamater itu penting untuk mahasiswa miliki dan kenakan pada acara-acara tertentu. Acara-acara tersebut antara lain adalah KKN, perlombaan, PPSMB, atau acara-acara lainnya.

 

Nah, itulah pemaparan terkait apakah jas almamater itu penting atau tidak. Dari penjelasan di atas, kita dapat tahu bahwa kelengkapan yang kampus atau perguruan tinggi berikan ternyata memiliki fungsi yang beragam. Yuk, kunjungi laman Instagram dan Facebook Media Edukasi Indonesia untuk mendapatkan informasi dan fakta-fakta unik lainnya, ya!

Komentar
Artikel ini telah dibaca 391 kali

Baca Lainnya

Manfaat Mengikuti Volunteer Untuk Mahasiswa

26 Februari 2024 - 21:53 WIB

Tinjauan Pustaka: Pengertian, Manfaat, dan Fungsinya

26 Februari 2024 - 20:39 WIB

Tinjauan Pustaka

Apa itu Bootcamp? Kenali Manfaat dan Bedanya dengan Kuliah

19 Februari 2024 - 21:24 WIB

Apa itu Bootcamp

Jenis Makanan Yang Bisa Menambah Daya Ingat

19 Februari 2024 - 16:05 WIB

Jenis Makanan

Atasi Rasa Malas Belajar Dengan Mengikuti 3 Tips Ini, Yuk Simak!

17 Februari 2024 - 21:33 WIB

Tinjauan Pustaka

Menjadi Moderator Presentasi, Berikut Tips Yang Perlu Diperhatikan

17 Februari 2024 - 20:59 WIB

Apa itu Bootcamp
Trending di Edukasi