Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Teknologi · 11 Sep 2023 15:46 WIB ·

Aplikasi Telegram: Sejarah, Kelebihan & Kekurangannya.


Img: pixabay.com Perbesar

Img: pixabay.com

Dalam pengertiannya, telegram adalah sebuah jejaring sosial yang perannya mirip seperti aplikasi whatsapp yaitu untuk mengirim pesan, gambar, kirim dokumen, hingga video call. Telegram di buat oleh nikolai dan pavel durov yang merupakan kakak beradik mempunyai tanggung jawab penuh atas medsos ini. Jumlah pengguna telegram pada tahun ini mencapai 800 juta pengguna di seluruh dunia. Lalu ,seperti aap sejarah awal di bentuknya telegram ini dan apa saja kelebihan serta kekurangan.

Sejarah Aplikasi Telegram.

Aplikasi Telegram

Img: pixabay.com

Telegram pertama kali hadir pada tahun 2013 dan menjadi salah satu layanan pesan instan yang memiliki fitur lebih kompleks di bandingkan dengan layanan pesan lain. Inilah yang menjadi salah satu daya tarik tersendiri bagi para penggunanya dan indonesia menjadi salah satu negara dengan jumlah pengguna terbanyak yang mengunduh telegram. Dalam perkembangannya, telegram merilis aplikasinya untuk iOS pada 2013 tanggal 14 Agustus, sedangkan untuk Android pada tanggal 20 Oktober di tahun yang sama.

Pendiri telegram membagikan perannya masing-masing di mana pavel memanfaatkan keuntungan saham demi membangun telegram dari sisi infrastruktur dan proyek. Sedangkan peran nikolai adalah fokus untuk sistem pemograman serta membuat proxy MTProto. Seiring berjalannya waktu, telegram mengalami perkembangan yang pesat. Hal ini di tandai dengan luasnya jangkauan server hingga ke seluruh penjuru dunia. Adapun beberapa fitur yang di tawarkan pada telegram seperti bot, channel, supergroups, passport, hingga memindahkan chat dari aplikasi lain.

Kelebihan Telegram.

Img: pixabay.com

Beberapa fitur menarik yang ada pada telegram membuat orang tertarik untuk mengunduhnya. Ada beberapa kelebihan yang ada pada instagram, antara lain:

  • Bisa Memasang Beberapa Foto Profil.

Keunggulan pertama ialah ada pada foto profil yang mana anda bisa memasang foto lebih dari satu. Jika lebih spesifik lagi, foto yang bisa di pasang adalah tiga foto. Tentu ini menjadi keunikan yang tidak di miliki oleh layanan messenger lain seperti whatsapp contohnya. Dengan begitu, pengguna lain bisa mengetahui foto dengan cara menggesernya ke kanan atau ke kiri.

  • Adanya Fitur Chat Bot.

Kelebihan berikutnya ialah memiliki fitur unik yaitu chat bot. Tujuan adanya fitur ini ialah untuk mengetahui berbagai informasi seperti cuaca, info terkini, dan lain-lain. Selain itu, melalui chat bot ini pemilik akun telegram bisa di hubungkan dengan pengguna lain yang mempunyai minat yang sama.

  • Bisa di pergunakan Lebih dari Satu Nomor.

Pengguna telegram bisa menggunakan nomor telepon lebih dari satu. Hal tersebut tidak akan menghilangkan chat dan nomor telepon pengguna lain yang tersimpan. Fitur ini terbilang simpel karena meski nomor yang di gunakan nomor baru tetapi nomor telegram tetap sama dan tidak perlu di ganti. Anda hanya perlu menyeting nomor yang di gunakan yang nantinya akan di verifikasi oleh pihak telegram.

  • Kapasitas Grup Cukup Besar.

Kelebihan yang terakhir ialah kapasitas anggota grup yang sangat besar. Jika whatsapp hanya mampu menampung 250 anggota, telegram justru dapat menampung anggota sebanyak 5000. Fitur seperti ini sangat cocok untuk kebutuhan komunikasi skala besar.

Kekurangan Telegram.

  • Tidak tersedia Grup Video Call.

Kekurangan pertama ialah tidak tersedianya grup video call. Hal ini membuat anda sulit berkomunikasi secara bersama-sama baik dengan rekan, keluarga, ataupun saudara. Berbeda dengan whatsapp yang bisa video call lebih dari dua pengguna lain sehingga memudahkan anda dalam berkomunikasi.

  • Tidak Tersedia Fitur Story.

Fitur story juga tidak tersedia pada telegram ini. Sehingga anda tidak bisa membagikan aktivitas anda. Hal ini berbeda dengan whatsapp yang memiliki fitur story yang memudahkan anda membagian aktivitas kepada pengguna lain.

  • Tidak Bisa Enskripsi Data.

Kekurangan terakhir ialah tidak bisa mengenskripsi data. Yang bisa melakukan enskripsi data hanyalah pihak telegram saja. Hal ini berbeda dengan whatsapp yang bisa melakukan enskripsi sendiri melalui fitur pengaturan.

Komentar
Artikel ini telah dibaca 320 kali

Baca Lainnya

Curiga Di Hack Orang Lain, Lakukan Cara Ini di HP Anda

28 Maret 2024 - 21:42 WIB

Curiga di hack orang

Isi Daya iPhone 15 Lemot? Ini Solusinya

26 Maret 2024 - 19:21 WIB

Isi Daya IPhone

Kebiasaan Sepele Yang Bisa Merusak Baterai Laptop

26 Maret 2024 - 18:31 WIB

Kebiasaan Sepele

Tips Dapat Nilai Bagus pada Tes Skolastik UTBK SNBT

11 Maret 2024 - 21:30 WIB

Tips dapat nilai bagus

Cara Mudah Keluarkan Air Dari IPhone, Jangan Gunakan Hair Dryer

8 Maret 2024 - 22:50 WIB

Isi Daya IPhone

Apa itu CMS: Pengertian, Fitur, Fungsi, dan Jenis

6 Maret 2024 - 20:33 WIB

Apa itu CMS
Trending di Teknologi