Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Travel · 22 Sep 2022 18:00 WIB ·

Penting! Simak Peraturan Saat Traveling ke Bali


Img: Pexels/ojink-schrody Perbesar

Img: Pexels/ojink-schrody

Beberapa orang berfantasi tentang berlibur di pulau Bali Indonesia. Wajar saja, karena Bali memiliki alam dan budaya yang menarik, baik wisatawan domestik maupun mancanegara.

Bali sangat menyambut wisatawan. Meskipun demikian, wisatawan harus mewaspadai kegiatan yang terlarang di Bali, terutama di tempat-tempat suci atau keramat.

Kasus penyalahgunaan aturan seringkali terjadi karena ketidaktahuan wisatawan. Berikut beberapa hal yang harus kamu perhatikan saat berlibur di Bali untuk memastikan kenyamanan semua pihak:

Tidak masuk ke area utama pura saat datang bulan

Pura adalah tempat ibadah yang sangat suci bagi umat Hindu di Bali. Hanya umat Hindu di Bali, khususnya wisatawan, yang wajib menjaga kebersihan dan kesucian kawasan pura.

Ada beberapa aturan yang harus wisatawan ikuti. Salah satunya, wanita yang sedang haid tidak boleh masuk ke dalam pura. Sebab, darah haid bisa merusak kesucian, apalagi jika menetes ke area utama pura. Larangan ini berlaku untuk semua orang, termasuk umat Hindu dan wisatawan.

Mengenakan pakaian yang sopan

Wajib berpakaian dengan benar saat mengunjungi kuil. Hal ini berlaku baik bagi umat Hindu maupun wisatawan di Bali.

Bagi wanita, ada beberapa aturan yang harus mereka taati saat mengenakan kebaya. Tidak boleh memakai kebaya yang tipis dan menerawang, dan lengannya harus panjang. Para penyembah lain yang mengunjungi kuil juga harus mengenakan kain dan selendang. Kamu tidak akan boleh memasuki kuil jika kamu tidak memakainya.

Tidak mengambil foto tanpa izin

Wajar bagi kamu untuk memotret peristiwa penting selama liburan. Terutama saat mengunjungi pura-pura Bali. Pura di Bali memiliki ornamen unik yang sangat indah dan layak untuk diabadikan.

Namun, sebelum mengambil foto, kamu harus terlebih dahulu mendapatkan izin dari pengelola pura (pengempon). Selanjutnya wisatawan diminta untuk menanyakan apakah diperbolehkan memotret barong lokal atau rangda Ida Sesuhunan. Ini karena beberapa pura melarang orang lain (baik Hindu maupun turis) untuk mengabadikan rangda atau barong Ida Sesuhunan setempat. Hal ini dilakukan untuk menjaga kesucian (pingit) wujud Ida Sesuhunan.

Tidak asal masuk bangunan

Setiap pura atau tempat suci di Bali memiliki sejumlah bangunan suci. Khususnya untuk pelinggih atau tempat ibadah. Jangan pernah pergi ke puncak struktur ini. Kamu bahkan tidak boleh naik ke pelinggih, apalagi melakukannya di dinding.

Hanya orang-orang tertentu saja yang diperbolehkan naik ke atas, berdasarkan peraturan atau kesepakatan setempat. Naik ke puncak sebuah bangunan candi mungkin dianggap tidak sopan atau menghina Ida Sesuhunan atau Dewa yang disembah di sana.

Yuk, kunjungi laman Instagram dan Facebook Media Edukasi Indonesia untuk mendapatkan informasi dan fakta-fakta unik lainnya ya!

Komentar
Artikel ini telah dibaca 27 kali

Baca Lainnya

Wisata Edukasi Bandung Paling Hits, Cocok Dan Tambah Pintar

19 Januari 2024 - 22:55 WIB

Wisata Edukasi Bandung

Wisata Edukasi di Surabaya Ini Wajib Anda Kunjungi

27 November 2023 - 23:01 WIB

Wisata Edukasi di Surabaya

Tempat Wisata di Pontianak Yang Lagi Hits 2024

25 November 2023 - 20:50 WIB

Tempat Wisata di Cirebon Yang Lagi Hits, Ada Situ Cicereum

21 November 2023 - 11:25 WIB

Tempat Wisata di Majalengka Paling Hits, Ada Telaga Herang

17 November 2023 - 19:58 WIB

Tempat Wisata di Majalengka

Tempat Wisata di Banjarnegara Paling Hits, Ada Wadas Tumpang.

16 November 2023 - 16:34 WIB

Tempat Wisata Di Banjarnegara
Trending di Travel