Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Edukasi · 30 Des 2023 23:36 WIB ·

Badan Perwakilan Mahasiswa: Peran dan Bedanya dengan BEM


Ilustrasi Mahasiswa (img: pexels.com by stanley morales) Perbesar

Ilustrasi Mahasiswa (img: pexels.com by stanley morales)

Badan Perwakilan Mahasiswa (BPM) adalah sebuah lembaga di lingkungan perguruan tinggi yang memiliki peran penting dalam mewakili suara dan kepentingan mahasiswa. BPM merupakan wadah untuk menyuarakan aspirasi mahasiswa, menjembatani komunikasi antara mahasiswa dan pihak-pihak terkait di kampus, serta menjadi mitra dialog bagi pihak pengelola perguruan tinggi. Dalam tulisan ini, kita akan membahas peran, fungsi, dan perbedaan BPM dengan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM).

Peran dan Fungsi Badan Badan Perwakilan Mahasiswa

Badan Perwakilan Mahasiswa

Ilustrasi Mahasiswa (img: pexels.com by stanley morales)

  • Mewakili Mahasiswa

Salah satu peran utama BPM adalah menjadi perwakilan mahasiswa di tingkat perguruan tinggi. BPM berfungsi sebagai suara mahasiswa dalam berbagai keputusan dan kebijakan yang berkaitan dengan kehidupan kampus.

  • Menyuarakan Aspirasi Mahasiswa

BPM bertanggung jawab untuk mengumpulkan, menyaring, dan menyuarakan aspirasi mahasiswa kepada pihak kampus yang berwenang. Hal ini dapat melibatkan berbagai isu, mulai dari masalah akademik hingga fasilitas kampus.

  • Berperan dalam Pembuatan Kebijakan

BPM dapat terlibat langsung dalam proses pembuatan kebijakan kampus. Mereka memiliki hak untuk memberikan masukan dan pendapat dalam forum-forum kebijakan yang diselenggarakan di kampus.

  • Menjembatani Komunikasi

BPM berperan sebagai penghubung antara mahasiswa dengan pihak-pihak terkait di kampus, termasuk dosen, staf administrasi, dan pihak pimpinan perguruan tinggi.

Perbedaan dengan BPM dengan BEM

Badan Perwakilan Mahasiswa

Ilustrasi BEM (img: ui.ac.id)

Meskipun seringkali disatukan dalam konteks organisasi kemahasiswaan, BPM dan BEM memiliki perbedaan dalam fokus dan tugas-tugas mereka.

  • Fokus Tugas

Sementara itu, BPM Lebih fokus pada perwakilan dan advokasi. Tugas utamanya adalah mewakili suara mahasiswa dan menyuarakan aspirasi mereka. Sedangkan BEM Lebih fokus pada eksekusi program kerja dan kegiatan-kegiatan yang memberikan manfaat langsung kepada mahasiswa.

  • Struktur Organisasi

BPM Biasanya memiliki struktur yang lebih terpusat pada perwakilan, dengan anggota yang terpilih untuk mewakili berbagai prodi atau fakultas. Sedangkan BEM Lebih terfokus pada struktur eksekutif, dengan kepengurusan yang bertanggung jawab untuk melaksanakan program kerja yang telah direncanakan.

  • Tanggung Jawab dan Kewenangan

Terakhir, BPM Bertanggung jawab terutama pada aspek representatif dan advokasi, dengan kewenangan untuk memberikan masukan dalam kebijakan. Sedangkan BEM Bertanggung jawab pada eksekusi program kerja dan kegiatan mahasiswa, dengan kewenangan untuk mengelola dan melaksanakan anggaran.

Dengan demikian, meskipun BPM dan BEM memiliki tujuan keseluruhan untuk meningkatkan kondisi dan pengalaman mahasiswa, perbedaan fokus dan tugas membuat keduanya saling melengkapi dalam menjalankan roda kemahasiswaan di perguruan tinggi.

Komentar
Artikel ini telah dibaca 30 kali

Baca Lainnya

Kunci Sukses Membangun Karir di Industri Kesenian

25 Mei 2024 - 22:33 WIB

Mengenal Akuaponik: Pengertian, Komponen, dan Manfaatnya

23 Mei 2024 - 22:10 WIB

UKT Naik, Ini Strategi Mahasiswa Dalam Menyikapinya

21 Mei 2024 - 20:42 WIB

Ukt naik

Perbedaan Les Privat dan Bimbel Yang Perlu Dipahami

20 Mei 2024 - 21:44 WIB

Perbedaan Les Privat

Peran dan Fungsi Bimbingan Konseling dalam Pendidikan

19 Mei 2024 - 20:21 WIB

Tertarik Menjadi Script Writer? Pahami Seluk-beluknya!

19 Mei 2024 - 06:50 WIB

Tertarik Menjadi Script Writer
Trending di Edukasi