Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Teknologi · 6 Sep 2023 20:33 WIB ·

Baterai Ponsel Kembung? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya!


Img: pexel.com Perbesar

Img: pexel.com

Hampir semua orang dari berbagai kalangan kini memiliki ponsel smartphone. Saat ini, smartphone merupakan kebutuhan primer bagi sebagian besar orang. Smartphone sifatnya fungsional, karena selain bisa untuk menelpon dan sms juga bisa mengakses internet, menonton video, hingga bermain game. Inilah yang menjadi alasan mengapa semua orang bisa memiliki smartphone. Di balik kelebihannya tersebut, smartphone juga memiliki kekurangan yaitu baterai kembung atau menggelembung. Walaupun penyebabnya bisa di karenakan faktor usia pemakaian, bisa juga ada faktor lain yang mempengaruhinya. Apa saja penyebab baterai ponsel bisa kembung?

Baterai Ponsel Kembung Karena Terlalu Lama Di Charge.

Baterai Ponsel

Img: pexel.com

Ini menjadi salah satu penyebab mengapa baterai smartphone kembung. Terlalu lama di charge juga bisa memperpendek usia pemakaian ponsel itu sendiri. Biasanya ini terjadi saat nge-cas malam hari lalu di tinggal tidur sehingga tidak tahu sejak kapan baterai penuh hingga menyebabkan baterai over.

Di Charge Sambil Di Gunakan.

Penyebab lainnya ialah menggunakan ponsel bersamaan dengan pengisian daya. Selain dapat menyebabkan baterai kembung juga bisa membuat smartphone anda cepat panas. Bahkan bisa lebih fatal apabila meledak saat di cas. Apabila sedang dalam pengisian sebaiknya jangan di gunakan sampai baterai benar-benar terisi penuh.

Terlalu Lama Main Games.

Meski pada dasarnya smartphone hanyalah benda mati semata tetapi dalam penggunannya pasti ada masanya. Ketika ponsel di gunakan seharian penuh atau non stop apalagi sambil bermain game dalam waktu yang lama pasti tidak hanya membuat hp panas tetapi juga membuat daya baterai cepat habis dan menyebabkan kembung pada baterai hp. Maka dari itu, jika sudah di gunakan hingga tiga jam sebaiknya diamkan dan jangan di gunakan.

Cara Mengatasi Baterai Ponsel Kembung.

  • Biarkan Smartphone Di Cas Sampai Penuh.

Seperti yang sudah di jelaskan sebelumnya bahwa ketika sedang melakukan pengisiam daya pada hp anda jangan sambil di mainkan dan biarkan sampai benar-benar penuh. Hal ini di lakukan demi meminimalisir baterai kembung dan overheat.

  • Gunakan Charge Asli.

Maksudnya charger asli itu adalah charger bawaan dari merek ponsel yang di gunakan. Misalnya, anda beli hp samsung beserta chargernya maka gunakan charger yang sesuai dan jangan gunakan merek lain apalagi mereknya asal-asalan. Karena hal tersebut bisa memperpendek usia pakai baterai hp tersebut.

  • Langsung Lepas Charger Bila Sudah Penuh.

Sebaiknya ketika mengisi daya ponsel di tunggu saja sampai penuh. Karena jika di tinggal lama-lama juga tidak bagus khususnya pada baterai bisa mengakibatkan baterai kembung. Jika sudah penuh baterinya maka sudah bisa langsung di cabut.

Komentar
Artikel ini telah dibaca 16 kali

Baca Lainnya

Curiga Di Hack Orang Lain, Lakukan Cara Ini di HP Anda

28 Maret 2024 - 21:42 WIB

Curiga di hack orang

Isi Daya iPhone 15 Lemot? Ini Solusinya

26 Maret 2024 - 19:21 WIB

Isi Daya IPhone

Kebiasaan Sepele Yang Bisa Merusak Baterai Laptop

26 Maret 2024 - 18:31 WIB

Kebiasaan Sepele

Tips Dapat Nilai Bagus pada Tes Skolastik UTBK SNBT

11 Maret 2024 - 21:30 WIB

Tips dapat nilai bagus

Cara Mudah Keluarkan Air Dari IPhone, Jangan Gunakan Hair Dryer

8 Maret 2024 - 22:50 WIB

Isi Daya IPhone

Apa itu CMS: Pengertian, Fitur, Fungsi, dan Jenis

6 Maret 2024 - 20:33 WIB

Apa itu CMS
Trending di Teknologi