Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Edukasi · 16 Jun 2022 13:00 WIB ·

Kuliah Gratis? Ini Lho 4 Beasiswa Pemerintah Untuk Mahasiswa


Img: Pixabay - StockSnap Perbesar

Img: Pixabay - StockSnap

Masih banyak putra-putri negeri ini yang memiliki kekhawatiran untuk tidak bisa melanjutkan pendidikan karena adanya keterbatasan ekonomi. Namun, kekhawatiran itu dapat kalian singkirkan dengan mengikuti program beasiswa yang pemerintah berikan kepada para mahasiswa. Kira-kira beasiswa pemerintah apa saja ya yang bisa mahasiswa manfaatkan? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini!

1. Beasiswa Unggulan Kemendikbudristek

Program beasiswa dari pemerintah untuk mahasiswa yang pertama adalah beasiswa unggulan Kemendikbudristek yang terdiri dari empat jenis atau kategori, yaitu beasiswa bagi masyarakat berprestasi, beasiswa pegawai Kemendikbudristek, beasiswa untuk penyandang disabilitas, dan beasiswa penghargaan. Beasiswa masyarakat berprestasi adalah beasiswa untuk masyarakat yang berprestasi, baik di bidang akademik maupun nonakademik. Sementara itu, beasiswa pegawai Kemendikbudristek adalah program beasiswa yang ada untuk seluruh aparatur sipil negara di lingkungan Kemendikbudristek dan Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan Daerah. Ketiga ada beasiswa untuk penyandang disabilitas yang tentunya hadir untuk masyarakat yang menyandang disabilitas, baik disabilitas fisik, disabilitas intelektual, disabilitas mental, maupun disabilitas sensorik. Terakhir, beasiswa penghargaan yang ada untuk anak kandung dari orang tua yang gugur dalam misi pengabdian negara.

 

2. KIP-Kuliah (Bidikmisi)

Beasiswa KIP-Kuliah atau yang dahulu lebih akrab dengan istilah beasiswa Bidikmisi merupakan beasiswa yang ada untuk masyarakat atau calon mahasiswa yang memiliki keterbatasan ekonomi, tetapi memiliki kemampuan akademis yang baik. KIP-Kuliah selalu membuka pendaftaran tiap tahunnya yang bisa siswa tingkat akhir SMA ikuti. Untuk pembiayaan, KIP-Kuliah akan meng-cover seluruh biaya pendidikan dan uang saku per semesternya. 

 

3. Beasiswa PPA

Ini adalah program beasiswa yang pemerintah berikan melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi yang diperuntukkan pada mahasiswa berprestrasi dari berbagai daerah di Indonesia. Para penerima beasiswa PPA ini akan mendapatkan biaya sebesar Rp400.000 per bulan selama setahun yang akan diberikan dalam dua periode.

 

4. Beasiswa LPDP

Program beasiswa yang satu ini pasti sudah tidak terdengar asing khususnya bagi kalian yang tengah mencari beasiswa untuk program S2 dan S3. Beasiswa LPDP atau beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan ialah beasiswa yang terbuka untuk masyarakat Indonesia yang memiliki prestasi akademik dan keterampilan yang bagus. Program beasiswa yang LPDP berikan ini bersifat fully funded yang berarti seluruh keperluan dana dalam proses pendidikan selama dalam masa program beasiswa akan LPDP tanggung secara penuh. Biaya itu mencakup biaya pendidikan, biaya hidup, biaya asuransi kesehatan, biaya tunjangan keluarga, dan lain sebagainya.

 

Nah, itulah 4 beasiswa pemerintah untuk mahasiswa. Tunggu apa lagi? Segera daftarkan dirimu! Yuk, kunjungi laman Instagram dan Facebook Media Edukasi Indonesia untuk mendapatkan informasi dan fakta-fakta unik lainnya ya!

Komentar
Artikel ini telah dibaca 10 kali

Baca Lainnya

Manfaat Berlari Di Malam Hari, Bisa Kurangi Stress

12 Juni 2024 - 20:22 WIB

Jurusan Arsitektur: Kenali Seluk Beluknya Sebelum Memilih

3 Juni 2024 - 21:42 WIB

Jurusan Arsitektur

Peluang Karir Bidang Metaverse, Ada Metaverse Storyteller

3 Juni 2024 - 21:06 WIB

Peluang Kerja Bidang Metaverse

Pilihan Prospek Kerja Teknik Sipil, Mana Yang Cocok?

31 Mei 2024 - 22:25 WIB

Tertarik Jurusan Game Application and Technology? Ini Alasannya

31 Mei 2024 - 20:56 WIB

Tertarik Jurusan Game

Tanda Orang Yang Punya Mental Juara, Kamu Salah Satunya?

29 Mei 2024 - 23:09 WIB

Trending di Edukasi