Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Edukasi · 1 Mar 2024 22:08 WIB ·

Bekerja Tidak Sesuai Jurusan Kuliah, Ini Penyebabnya!


Ilustrasi Mencari Kerja (img: kitalulus) Perbesar

Ilustrasi Mencari Kerja (img: kitalulus)

Di era yang semakin dinamis ini, semakin banyak individu yang menemukan diri mereka bekerja di bidang yang tidak sesuai dengan jurusan kuliah yang mereka tempuh. Fenomena ini menimbulkan pertanyaan tentang faktor-faktor apa yang mempengaruhi keputusan mereka untuk memilih pekerjaan di luar bidang studi mereka. Mari kita telusuri beberapa faktor yang mungkin menjadi penyebab ketidaksesuaian tersebut.

Bekerja Tidak Sesuai Jurusan Disebabkan Persaingan yang Ketat di Pasar Kerja

Bekerja Tidak Sesuai Jurusan

Ilustrasi Mencari Kerja (img: kitalulus)

Salah satu faktor utama yang menyebabkan ketidaksesuaian pekerjaan dengan jurusan kuliah adalah persaingan yang semakin ketat di pasar kerja. Terutama untuk pekerjaan yang berhubungan langsung dengan bidang studi tertentu, jumlah pelamar yang berkualifikasi seringkali jauh lebih banyak daripada jumlah posisi yang tersedia. Hal ini memaksa banyak individu untuk mempertimbangkan opsi di luar bidang studi mereka demi memperoleh pekerjaan.

Perubahan Minat dan Tujuan Karier

Bekerja Tidak Sesuai Jurusan

Ilustrasi Sedang Bekerja (img: pexels.com by fauxels)

Minat dan tujuan karier seseorang bisa berubah seiring waktu. Meskipun mereka mungkin memilih jurusan tertentu ketika mereka kuliah, pengalaman hidup dan pekerjaan kemudian dapat mengubah perspektif mereka tentang apa yang ingin mereka lakukan dalam karier.

Peluang Kerja yang Terbatas Jadi Penyebab Bekerja Tidak Sesuai Jurusan

Ilustrasi Sedang Bekerja (img: pexels.com by antoni shkraba)

Terkadang, peluang kerja di bidang yang sesuai dengan jurusan kuliah seseorang bisa terbatas, terutama jika pasar kerja dalam bidang tersebut sedang lesu atau mengalami perubahan struktural. Ini bisa menjadi tantangan besar bagi lulusan baru yang ingin memulai karier mereka, dan mereka mungkin terpaksa menerima pekerjaan di bidang lain untuk memenuhi kebutuhan finansial mereka.

Keterampilan yang Transferable

Ilustrasi Mengoperasikan Laptop (img: sampoernauniversi.ac.id)

Sementara itu,ada beberapa pekerjaan membutuhkan keterampilan yang transferable, yang berarti keterampilan tersebut dapat diterapkan di berbagai bidang atau industri. Misalnya, kemampuan komunikasi yang baik atau kemampuan analitis dapat menjadi keterampilan yang sangat di cari di banyak industri, bahkan jika seseorang tidak memiliki latar belakang pendidikan yang sesuai.

Koneksi dan Jaringan

Apa itu bootcamp

Ilustrasi Koneksi Kerja (img: pexels.com by christina morilo)

Terkadang, faktor jaringan dan koneksi juga dapat mempengaruhi apakah seseorang mendapatkan pekerjaan di bidang yang sesuai dengan jurusan kuliahnya. Orang yang memiliki jaringan yang kuat dalam industri tertentu mungkin lebih mungkin untuk mendapatkan pekerjaan yang relevan, sementara orang lain yang kurang memiliki koneksi tersebut mungkin terpaksa menerima pekerjaan di luar bidang studi mereka.

 

Dengan memahami faktor-faktor ini, penting bagi individu untuk merencanakan karier mereka dengan bijaksana. Selain itu, fleksibilitas dan sikap terbuka terhadap peluang baru juga dapat membantu individu menavigasi pasar kerja yang terus berubah. Dalam konteks ini, penting bagi pendidikan dan pelatihan untuk terus berkembang sesuai dengan kebutuhan pasar kerja.

Komentar
Artikel ini telah dibaca 11 kali

Baca Lainnya

Kunci Sukses Membangun Karir di Industri Kesenian

25 Mei 2024 - 22:33 WIB

Mengenal Akuaponik: Pengertian, Komponen, dan Manfaatnya

23 Mei 2024 - 22:10 WIB

UKT Naik, Ini Strategi Mahasiswa Dalam Menyikapinya

21 Mei 2024 - 20:42 WIB

Ukt naik

Perbedaan Les Privat dan Bimbel Yang Perlu Dipahami

20 Mei 2024 - 21:44 WIB

Perbedaan Les Privat

Peran dan Fungsi Bimbingan Konseling dalam Pendidikan

19 Mei 2024 - 20:21 WIB

Tertarik Menjadi Script Writer? Pahami Seluk-beluknya!

19 Mei 2024 - 06:50 WIB

Tertarik Menjadi Script Writer
Trending di Edukasi