Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Mahasiswa · 6 Des 2023 20:23 WIB ·

BEM Adalah: Kenali Tujuan, Tanggung Jawabnya dan Fungsinya


Ilustrasi BEM (img: ui.ac.id) Perbesar

Ilustrasi BEM (img: ui.ac.id)

BEM, atau Badan Eksekutif Mahasiswa, adalah sebuah entitas organisasi yang sangat disarankan bagi mahasiswa untuk ikut serta. Sesuai dengan namanya, BEM berfungsi sebagai organisasi mahasiswa di tingkat Universitas atau institut. Tanggung jawab BEM mencakup berbagai hal, mulai dari pelaksanaan program kerja (proker) di kampus hingga menjadi perwakilan aspirasi mahasiswa. Bagi calon mahasiswa, mungkin istilah organisasi ini terdengar asing. Kamu mungkin juga bertanya-tanya, “Apa sebenarnya BEM itu?” Untuk mahasiswa baru yang masih mencari tahu organisasi mana yang ingin diikuti, berikut ini beberapa informasi tentang BEM. Organisasi ini memiliki beberapa departemen yang berperan penting. Sebagai lembaga eksekutif, keberadaan BEM tidak lain adalah sebagai wadah untuk menyuarakan aspirasi mahasiswa.

Tujuan BEM adalah

Bem adalah

Ilustrasi mahasiswa (img: campuspedia.id)

Tujuan umum dari Badan Eksekutif Mahasiswa dapat di bagi menjadi tiga bagian, antara lain:

  • Penciptaan Suasana Kondusif di Kampus

Pertama, menciptakan suasana yang kondusif di lingkungan kampus atau dalam organisasi intra kampus seperti Ormawa.

  • Pemeliharaan Kesejahteraan Mahasiswa di Perguruan Tinggi

Kedua, menjamin kesejahteraan mahasiswa di lingkungan perguruan tinggi tersebut. Karena ketidakmampuan menjaga kesejahteraan dapat mengakibatkan ketidakseimbangan atau kekacauan.

  • Pemuliaan Nilai Kebangsaan

Ketiga, menghargai dan mempertahankan nilai-nilai kebangsaan, terutama di lingkungan universitas. Meskipun begitu, mempertahankan nilai-nilai kebangsaan di luar kampus memiliki tingkat penting yang sama.

Tugas dan Tanggung Jawab

Bem adalah

Ilustrasi Mahasiswa (img: hipwee.com)

Mungkin kamu tertarik untuk menjadi anggota senat mahasiswa di BEM? Untuk itu, selain memahami maknanya, penting juga untuk mengetahui tanggung jawab dan tugas yang harus di emban oleh seorang anggota senat mahasiswa. Sebagai perwakilan mahasiswa dari berbagai jurusan, tugasmu akan melibatkan kemampuan dalam merumuskan aspirasi mahasiswa, menyusun program kerja senat, mengkoordinasikan penyusunan program kerja, serta membantu dan mengawasi kegiatan ekstrakurikuler dan non-ekstrakurikuler.

Sebagaimana pada umumnya dalam sebuah organisasi, ada tanggung jawab rutin yang harus di laksanakan tanpa terlewat, seperti membuat laporan pertanggungjawaban kegiatan. Ini mencakup kegiatan yang di lakukan oleh UKM, UMKJ, dan seluruh aktivitas di lingkungan tersebut.

Fungsi BEM adalah

Bem adalah

Ilustrasi mahasiswa (img: setneg.go.id)

Tidak lengkap jika BEM hanya di pahami dari satu perspektif. Sebenarnya, organisasi ini memiliki peran yang cukup penting, khususnya melalui senat mahasiswa yang mengelolanya. Berbagai peran tersebut mencakup fungsi sebagai wadah untuk menampung aspirasi dan keluhan mahasiswa.

Dengan demikian, segala keluhan dan aspirasi mahasiswa dapat di ajukan terlebih dahulu kepada BEM sebelum akhirnya di teruskan ke Direktorat Pelayanan Kegiatan Mahasiswa. Dengan adanya jalur ini, mahasiswa memiliki sarana yang jelas untuk menyampaikan aspirasi mereka kepada pihak kampus.

Komentar
Artikel ini telah dibaca 55 kali

Baca Lainnya

Tipe Mahasiswa Menjelang Ujian, Kamu Termasuk Yang Mana?

25 Februari 2024 - 21:18 WIB

Perbedaan Skripsi dan Tesis

Jenis Organisasi Kampus Yang Perlu Anda Ketahui, Ini Dia!

31 Januari 2024 - 19:35 WIB

Jenis Organisasi Mahasiswa

Mahasiswa Kupu-Kupu: Pahami Pengertian, Manfaat & Kekurangan

28 Desember 2023 - 22:57 WIB

Apa itu Cumlaude

Manfaat Penelitian Bagi Mahasiswa

21 Desember 2023 - 21:35 WIB

Rekomendasi Kos Kosan Malang Dekat Kampus UB

14 Desember 2023 - 20:53 WIB

Rekomendasi Kos Kosan

IPK dan IPS, Kenali Perbedaannya Dalam Sistem Pendidikan

13 Desember 2023 - 20:37 WIB

Ipk dan ips
Trending di Mahasiswa